Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode Harga Pokok Proses

Metode Harga Pokok Proses

Ratings: (0)|Views: 884 |Likes:
Published by Samudra Caniago

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Published by: Samudra Caniago on Mar 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang1.2 Perumusan Masalah
Masalah yang diangkat oleh penulis adalah
penentuan harga pokok proses di perusahaan...
1.3 Batasan Masalah
Masalah yang akan dibahas oleh penulis hanya pada Metode Harga Pokok Proses padaperusahaan yang pengolahan produknya hanya melalui satu tahap.
1.4 Tujuan Penelitian
Penulis melakukan peneltian bertujuan untuk:1. Melengkapi tugas mata kuliah Akuntansi Biaya2. Mengetahui penentuan harga pokok proses yang digunakan oleh perusahaan...3.
1.1 Manfaat Penelitian
a. Bagi Perusahaan : hasil penelitian ini bisa dijadikan masukan untuk memperbaikiatau mengembangkan kinerja perusahaan khususnya di dalam
penentuan hargapokok produk 
.b. Bagi Peneliti selanjutnya : hasil penelitian ini bisa dijadikan literatur atau masukanuntuk melakukan penelitian lebih lanjut.
BAB IITINJAUAN TEORI
2.1 Metode Harga Pokok Proses
Metode harga pokok proses memiliki karakteristik tertentu, yaitu:1. Biaya dikumpulkan untuk setiap satuan waktu tertentu, misalnya bulan, tahun,dan sebagainya.2. Produk yang dihasilkan bersifat homogen dan bentuknya standar, tidatergantung spesifikasi yang diminta oleh pembeli.
 
3. Kegiatan produksi didasarkan pada budget produksi atau schedule produksiuntuk satuan waktu tertentu.4. Tujuan produksi untuk mengisi persediaan yang selanjutnya dijual.5. Kegiatan produksi bersifat kontinyu dan terus-menerus6. Jumlah total biaya maupun biaya satuan dihitung setiap akhir periode,misalnya akhir bulan, akhir tahun.
2.1.1 Sistem Pembebanan Biaya pada Metode Harga Pokok Proses
4Dihubungkan dengan pembebanan harga pokok kepada produk, metodeharga pokok proses dapat menggunakan sistem :1. Semua elemen biaya dibebankan berdasar biaya sesungguhnya (
historical cost system
). Pada sistem ini, produk yang diolah dibebani biaya bahan baku, biayatenaga kerja, dan biaya overhead pabrik yang sesungguhnya dinikmati olehproduk yang bersangkutan.2. Elemen biaya tertentu yaitu biaya overhead pabrik, dibebankan berdasar tarif atau biaya yang ditentukan di muka. Sistem ini dipakai apabila kondisi-kondisiyang ada di dalam perusahaan mengharuskan dipakainya tarif biaya overheadpabrik dengan tujuan untuk membebankan biaya secara adil dan teliti. Kondisitersebut adalah:a. Perusahaan menghasilkan beberapa jenis produk.b. Produksi perusahaan tidak stabil dari waktu ke waktu.c. Elemen biaya overhead tetap jumlahnya relatif tinggi.3. Semua elemen biaya dibebankan pada produk atas dasar harga pokok yangditentukan di muka. Pada sistem ini dalam penentuan harga pokok produk semua elemen biaya baik bahan, tenaga kerja, maupun overhead pabrik dibebankan berdasar harga pokok yang ditentukan di muka.
2.1.2 Penggolongan Proses Produksi pada Perusahaan Manufaktur
Pada perusahaan manufaktur proses produksinya dapat digolongkan atasdasar jenis produk yang dihasilkan dan tahapan-tahapan di dalam mengolahproduk, sebagai berikut:1. Perusahaan yang menghasilkan satu jenis produk.Atas dasar tahapan-tahapan di dalam mengelola produk pada perusahaan yangmenghasilkan satu jenis produk dapat dikelompokkan menjadi:a. Pengolahan produk hanya melalui satu tahapan pengolahan.b. Pengolahan produk melalui beberapa tahapan pengolahan.
 
2. Perusahaan yang menghasilkan beberapa jenis produk.Atas dasar tahapan-tahapan di dalam mengelola produk pada perusahaan yangmenghasilkan beberapa jenis produk dapat dikelompokkan menjadi:a. Pengolahan produk hanya melalui satu tahapan pengolahan.b. Pengolahan produk melalui beberapa tahapan pengolahan.Atas dasar hubungan antara jenis produk yang satu dengan yang lain, produk yang dihasilkan dapat digolongkan ke dalam produk bersama, ko-produk,produk utama, dan produk sampingan.
2.1.3 Karakteristik dan Prosedur Akuntansi Biaya pada Metode Harga Pokok Proses
Karakteristik utama dari metode harga pokok proses adalah sebagai berikut:1. Laporan harga pokok produksi digunakan untuk mengumpulkan, meringkas,dan menghitung harga pokok baik total maupun satuan atau per unit. Apabilaproduk diolah melalui beberapa tahap atau departemen, laporan harga pokok disusun setiap departemen di mana produk diolah.2. Biaya produksi periode tertentu dibebankan kepada produk melalui rekeningbarang dalam proses yang diselenggarakan untuk setiap elemen biaya. Apabilaproduk diolah melalui beberapa departemen, rekening barang dalam proses disamping diselenggarakan untuk setiap elemen biaya harus diselenggarakanuntuk setiap departemen di mana produk diproses.3. Produksi dikumpulkan dan dilaporkan untuk satuan waktu atau periode tertentu.Apabila produk diproses melalui beberapa tahap atau departemen, laporanproduksi tersebut dibuat untuk setiap departemen.4. Produksi ekuivalen (equivalent production) digunakan untuk menghitung hargapokok satuan. Produksi ekuivalen adalah tingkatan atau jumlah produksi dimana pengolahan produk dinyatakan dalam ukuran produk selesai.5. Untuk menghitung harga pokok satuan setiap elemen biaya produksi tertentu,maka elemen biaya produksi tertentu tersebut dibagi dengan produksi ekuivalenuntuk elemen biaya yang bersangkutan.6. Harga pokok yang diperhitungkan untuk mengetahui elemen-elemen yangmenikmati biaya yang dibebankan, berapa yang dinikmati produk selesai daridepartemen tertentu atau pengolahan yang dipindahkan ke gudang atau kedepartemen berikutnya dan berapa harga pokok produk dalam proses akhir.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Farid Hawazi liked this
Dian Pratiwi A liked this
Maureen Celina liked this
Samudra Caniago liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->