Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pertahanan Dan Militer Cina

pertahanan Dan Militer Cina

Ratings: (0)|Views: 800 |Likes:

More info:

Published by: Muhibin Raihan Ramadhan on Mar 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/22/2013

pdf

text

original

 
 1
Pertahanan dan Mliiter Cina
Dalam tulisan ini akan membahas mengenai kebangkitan kekuatan militer cina yang daritahun ke tahun terus meningkatkan anggaran militernya. Anggaran belanja pertahanan Cina akanmeningkat 12,7 persen tahun 2011 menjadi 601,1 miliar yuan (91,7 miliar dolar).
1
keadaan seperticina akan muncul sebagai negara yang memiliki kekuatan militer yang kuat yang ditakuti. Tidak  berlebihan jika cina bakal menjadi ancaman bagi negara ± negara di Asia Pasifik tak terkecuali bagiAustralia yang merupakan sekutu dari Amerika Serikat dan Eropa Barat di Asia Pasifik.
Sejarah perkembangan militer Cina
Perkembangan pemikiran pertahanan Cina modern bermula pada dekade 1930-an dan 1940-an yang lebih mengedepankan pada dua komponen strategi, yakni pertahanan teritorial atau darat(territorial defense) dan pertahanan pantai (coastal defense). Saat itu bagi Cina, esensi pertahanankeamanan adalah seperti yang termuat dalam doktrin Perang Rakyat (People's War). Secara implisitPerang Rakyat mengandalkan unsur manusia, operasi infanteri, dan perang gerilya. Bahkan dalamkonsepsi Mao Zedong, perang gerilya inilah yang menjadi inti dari strategi pertahanan. Oleh karenaitu, sampai awal tahun 1980-an strategi pertahanan pantai hanya menjadi komponen kedua dalamstrategi pertahanan nasional Cina.
2
Kedua strategi pertahanan Cina di atas tidak terlepas darikebutuhan lingkungan strategis saat itu yakni untuk menangkal ancaman berupa agresikonvensional dan menghadang musuh di perbatasan.Sejak awal tahun 1980-an, Cina menerapkan strategi pertahanan aktif (jiji fangyu) yangselaras dengan upaya pembangunan ekonomi lompatan jauh ke depan yang dicanangkan DengXiaoping. Dengan demikian, kebijakan pertahanan Cina harus disubordinasikan pada dan ditujukanuntuk mendukung pembangunan ekonomi nasional. Secara keseluruhan, doktrin pertahanan aktif dimaksudkan untuk menghadapi tiga jenis perang, yakni perang dunia, perang skala luas dalammenghadapi agresi negara asing terhadap Cina, dan konflik perbatasan atau perang terbatas. Dariketiga kemungkinan perang tesebut sejak pertengahan tahun 1980-an, para elite strategi Cina yakin bahwa jenis perang ketiga yang akan mungkin terjadi. Oleh karena itu, sampai saat ini berbagai
1 Kekuatan militer cina kian angker, diakses pada 20 maret 2011 darihttp://metrotvnews.com/read/news/2011/03/04/44329/Kekuatan-Militer-China-Kian-Angker/ 2
DR. Yanyan Mochamad Yani, Drs., M.A., makna strategis pengembangan militer cina, diakses pada 20 maret 2011 dari
http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2010/01/makna_strategis_pembanguan_militer_cina.pdf 
 
 
 2simulasi strategi perang-perang regional dan terbatas (youxian zhubu zhanzheng) kerapdikembangkan Cina.
3
 Menjelang akhir 1980-an, strategi pertahanan Cina mulai memperhitungkan arti penting pertahanan maritim dan udara dalam doktrin pertahanan aktif melalui pengenalan strategi pertahanan air hijau (jijide jinhai fangyu zhanlie). Strategi pertahanan ini melakukan restrukturisasi prioritas pengembangan angkatan bersenjata dari ketiga kekuatan matra udara, laut, dan darat dalamupaya membangun kemampuan gerak cepat (rapid response capability) untuk menghadapi perang- perang regional dan terbatas atau konflik intensitas rendah (low intensity conflicts) di sekitar wilayah Cina.Lebih lanjut, pada awal tahun 1990-an doktrin pertahanan aktif kembali direvisi. Secaraeksplisit, angkatan bersenjata Cina menetapkan prioritas pengembangan pada angkatan laut danudara. Militer didorong untuk melaksanakan konstruksi kualitatif militer, yakni upaya untuk meningkatkan kemampuan operasi militer yang dikombinasikan dengan teknologi persenjataanyang tinggi. Doktrin modernisasi kualitas militer ini menjadi filosofi yang melandasi pengembangan militer Cina sejak tahun 1992 sampai saat ini.
4
 
Perkembangan militer cina
 berikut adalah data anggara belanja militer beberapa negara dalam kurun waktu 1999 ± 2008:.
3 ibid4
DR. Yanyan Mochamad Yani, Drs., M.A., makna strategis pengembangan militer cina, diakses pada 20 maret 2011 dari
http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2010/01/makna_strategis_pembanguan_militer_cina.pdf 
 
 
 3Dalam perkembangan waktu, kita dapat melihat dalam tabel bahwa dalam kurun waktu 10tahun, anggaran militer Cina telak naik sebesar 194%, hal ini menjadikannya sebagai negara dengankenaikan anggaran militer terbesar dalam kurun waktu 10 tahun. Secara global dan dalam konteksanggota tetap Dewan Keamanan PBB, anggaran militer Cina juga menempati posisi kedua terbesar setelah Amerika Serikat.Berikut adalah data kekuatan militer Cina yang berhasil di himpun oleh tim riset Global FutureInstitute(GFI).
y
 
Tentara Aktif berjumlah 2.255.000(dua juta duaratus limapuluh lima ribu) orang. Tentaracadangan, 800.000(delapan ratus ribu) orang. Paramiliter aktif 3.969.000(tiga jutasembilanratus enampuluh sembilan ribu) orang.
y
 
Angkatan Darat, Cina memiliki senjata bebasis darat sejumlah 31.300, tank sejumlah 8200,kendaraan pengangkut pasukan sebesar 5000, meriam sejumlah 14.000, senjata pendorong1.700, sistem peluncur roket 2.400, mortir sejumlah 16.000, senjata kendali anti tank 6500,dan senjata anti-pesawat 7.700.
y
 
Di matra laut, Cina pun cukup berjaya. Kapal perang, berjumlah 760 unit, kapal pengangkut1822 unit, pelabuhan utama 8, pengangkut pesawat 1 unit, kapal penghancur 21 unit, kapalselam 68 unit, fregat 42, kapal patroli pantai 368 unit 6, kapal penyapu ranjau sekitar 39unit, dan kapal amphibi sekitar 121 unit.
y
 
Angkatan Udara, Cina punya jumlah pesawat 1900 unit. Cukup menakjubkan. Helikopter 491 unit, lapangan udara 67 unit.5Berikut adalah adalah data kemajuan militer cina
 Angkatan Udara
y
 
J
anuari silam, China mengakui telah melakukan uji coba pertama pesawat jet siluman
J
-20,langsung di hadapan Menteri Pertahanan AS Robert Gates yang kala itu sedangmengunjungi China. Atraksi itu segera menyulut ketegangan antara dua negara.
y
 
Beberapa analis meyakini bahwa keberhasilan China mengembangkan
J
-20 adalah pertanda bahwa negara ini mengalami kemajuan lebih pesat dari yang diperkirakan sebelum ini. Negara ini satu-satunya yang tampil menjadi saingan terhadap F-22 Raptor buatan LockheedMartin, satu-satunya pesawat tempur di dunia yang dirancang untuk mengelabui radar 
5 Kekuatan militer cina, diakses pada 20 maret 2011 darihttp://id.shvoong.com/law-and-politics/politics/1947209-kekuatan-militer-cina/ 

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Giovani Belza liked this
Reja Muliadi liked this
saengi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->