Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
47Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Infeksi Tali Pusat

Infeksi Tali Pusat

Ratings: (0)|Views: 3,394 |Likes:
Published by Irma N Febrianti

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Irma N Febrianti on Mar 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/18/2013

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN KEPUSTAKAANA. Pengetahuan1. Definisi
Pengetahuan merupakan proses belajar dengan menggunakanpanca indra yang dilakukan seseorang terhadap objek tertentu untuk dapatmenghasilkan pengetahuan dan keterampilan (Hidayat, 2005).Pengetahuan merupakan hasil yang diperoleh setelah orangmelakukan penginderaan terhadap suatu objek yang terjadi melalui pancaindra manusia yaitu indra penglihatan, pengindraan, penciuman, raba danrasa. Dan sebagian besar pengetahuan manusia berasal dari pendidikan,pengalaman, diri sendiri maupun pengalaman orang lain dan lingkungan.Pengetahuan atau kognitif merupakan komponen yang sangat pentinguntuk terbentuknya tindakan seseorang. Pengetahuan itu sendiri pentinguntuk mendukung psikis seseorang dalam menumbuhkan rasa percaya dirimaupun dorongan sikap dan perilaku setiap hari, sehingga dapat dikatakanbahwa pengetahuan merupakan factor yang mendukung tindakanseseorang (Notoadmodjo, 2003).Pengetahuan seseorang biasanya diperoleh dari pengalaman daninformasi yang berasal dari berbagai macam sumber, misalnya mediamassa, media elektronik, buku petunjuk, petugas kesehatan, media poster,kerabat dekat dan sebagainya. Pengetahuan dapat membentuk keyakinan
Universitas Sumatera Utara
 
tertentu sehingga seseorang berperilaku sesuai keyakinan tersebut (Istiarti,2000).
2. Cara Mendapatkan Pengetahuan
Dari berbagai macam cara yang telah digunakan untuk memperoleh kebenaran pengetahuan sepanjang sejarah, dapatdikelompokkan menjadi dua:a.
 
Cara tradisional untuk memperoleh pengetahuanCara-cara penemuan pengetahuan pada periode ini dilakukansebelum ditemukan metode ilmiah, yang meliputi :1)
 
Cara coba salah
(trial & error)
 Cara coba-coba ini dilakukan dengan menggunakankemungkinan tersebut tidak berhasil, dicoba kemungkinan yanglain. Apabila tidak berhasil, maka akan dicoba kemungkinanyang lain lagi sampai didapatkan hasil mencapai kebenaran.2)
 
Cara kekuasaan atau otoritasDimana pengetahuan diperoleh berdasarkan pada otoritas ataukekuasaan baik tradisi, otoritas pemerintah, otoritas pemimpinagama, maupun ahli ilmu pengetahuan.3)
 
Berdasarkan pengalaman pribadiHal ini dilakukan dengan cara mengulang kembali pengalamanyang diperoleh dalam memecahkan permasalahan yang dihadapipada masa yang lalu. Apabila dengan cara yang digunakan
Universitas Sumatera Utara
 
tersebut orang dapat memecahkan masalah yang sama, orangdapat pula menggunakan cara tersebut.4)
 
Melalui jalan pikiranDengan jalan ini manusia telah mampu menggunakanpenalarannya dalam memperoleh pengetahuannya. Dengan katalain, dalam memperoleh kebenaran pengetahuan, manusia telahmenggunakan jalan pikirannya.b.
 
Cara modern dalam memperoleh pengetahuanCara baru atau modern dalam memperoleh pengetahuan padadewasa ini lebih sistematis, logis dan ilmiah. Cara ini disebutMetode Penelitian Ilmiah (Notoatmodjo, 2002).
3. Tingkatan Pengetahuan
Pengetahuan yang tercakup dalam domain kognitif mempunyai 6tingkatan yaitu : (Notoatmodjo, 2003).a.
 
Tahu
(Know)
 Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang telahdipelajari sebelumnya. Termasuk ke dalam pengetahuan tingkat iniadalah mengingat kembali
(recall)
terhadap suatu yang spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan yang diterima.b.
 
Memahami
(Comprehension)
 Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan untuk menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui dan dapat
Universitas Sumatera Utara

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ka'i Avicenna liked this
momocamui liked this
Intan Putri liked this
Vie Viw Viw liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->