Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
isolasi mikroorganisme

isolasi mikroorganisme

Ratings: (0)|Views: 1,448 |Likes:
Published by ryana_fauzia

More info:

Published by: ryana_fauzia on Mar 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

 
Isolasi Mikroorganisme
 1
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Mikroba dilingkungan mana saja pada umumnya terdapat dalam campuranpopulasi campuran. Jarang sekali mikroba dijumpai sebagai satu spesies tunggaldi alam. Untuk mencirikan dan mengidentifikasikan suatu spesiesmikroorganisme tertentu, pertama ± tama spesies tersebut harus dapatdipisahkan dari organisme lain yang umumnya dijumpai dalam habitatnya, laluditumbuhkan menjadi biakkan murni, karena semua metode mikrobiologis yangdigunakan untuk menelaah dan mengidentifikasi mikroorganisme, termasukpenelaahan ciri ± ciri kultural, morfologis, fisiologis, maupun serologis,memerlukan suatu populasi yang terdiri dari satu macam mikroorganisme saja.
1.2 Tujuan
y
Mahasiswa dapat memisahkan suatu koloni dari biakkan campuransehingga didapatkan biakkan murni dengan teknik cawan gores dancawan tuang.
 
Isolasi Mikroorganisme
 2
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
D
i alam populasi mikroba tidak terpisah sendiri menurut jenisnya, tetapi terdiri daricampuran berbagai macam sel.
D
i dalam laboratorium populasi bakteri ini dapatdiisolasi menjadi kultur murni yang terdiri dari satu jenis yang dapat dipelajarimorfologi, sifat dan kemampuan biokimiawinya.Ada beberapa metode untuk memperoleh biakkan murni dari suatu biakkancampuran.
D
ua diantaranya yang paling sering digunakan adalah teknik cawangores dan cawan tuang. Kedua metode ini didasarkan pada prinsip yang sama yaitumengencerkan organisme sedemikian sehingga individu spesies dapat dipisahkandari lainnya, dengan anggapan bahwa setiap koloni terpisah yang tampak padacawan petri setelah inkubasi berasal dari satu sel tunggal.
2.1 Teknik Pengambilan Sampel
Sebelum melakukan isolasi terlebih dahulu dilakukan pengambilan sampel. Berikutmerupakan prosedur pengambilan sampel.
2.1.1 Sampel tanah
Jika mikroorganisme yang diinginkan kemungkinan berada di dalam tanah,maka cara pengambilannya disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan. Misaljika yang diinginkan mikroorganisma rhizosfer maka sampel diambil dari sekitar perakaran dekat permukaan hingga ujung perakaran.
2.1.2 Sampel air 
Pengambilan sampel air bergantung kepada keadaan air itu sendiri. Jika berasaldari air sungai yang mengalir maka botol dicelupkan miring dengan bibir botolmelawan arus air. Bila pengambilan sampel dilakukan pada air yang tenang,botol dapat dicelupkan dengan tali, jika ingin mengambil sampel dari air keranmaka sebelumya keran dialirkan dulu beberapa saat dan mulut kran dibakar. Halini bertujuan untuk menghindari adanya mikroorganisme lain yang akan tumbuh.

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Gita El Azkiyah liked this
Gita El Azkiyah liked this
Gita El Azkiyah liked this
Aszep Madridista liked this
Huzaifah Zhaifah liked this
Khalika Jaspi liked this
Gunadi P liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->