Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cari Artikel

Cari Artikel

Ratings: (0)|Views: 2,048|Likes:
Published by www_nisa_wafawafi

More info:

Published by: www_nisa_wafawafi on Mar 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/19/2012

pdf

text

original

 
tanggal 5 maret 2011
Top of Form
Cari Artikel:
 
- - Pilih Kategori - -
 
Cari
Bottom of Form
MENU TOPIK
Oleh:AnneAhira.comContent Team1
 
2345
3
( 13 ) | Jumlah komentar: 4
SHARE :
Artikel Terkait
menurut para ahli pada intinya adalah capaian atau hasil akhir yang bisadilihat setelah proses belajar. Terkait capaian itu dalam aspek apa dan bagaimana, masing-masing ahlimemiliki pandangan tersendiri.Prestasibelajar dan proses belajar adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Karena prestasibelajar pada hakikatnya adalah hasil akhir dari sebuh proses belajar. Untuk mengetahui prestasi belajar seorang peserta didik biasanya dilakukan evaluasi terhadap materi belajar yang telah diberikan.Seberapa besar peserta didik mampu memberikan
feed back 
dari setiap evaluasi yang diberikan,demikianlah gambaranprestasi belajar yang ia miliki.
Winkel (1996)
Winkel berpendapat bahwa prestasi belajar merupakan salah satu bukti yang menunjukkan kemampuanatau keberhasilan seseorang yang melakukan proses belajar  sesuai dengan bobot/nilai yang berhasil diraihnya.Winkel lebih menekankan prestasi belajar itu pada kemampuan siswa secara umum
S. Nasution
(1996)S. Nasution berpendapat bahwa prestasi belajar  merupakan kesempurnaan seorang peserta didik dalam berpikir, merasa dan berbuat.Menurut Nasution prestasi belajar seorang peserta didik dikatakan sempurna jika memenuhi tiga aspekyaitu:
Aspek kognitif 
Aspek kognitif adalah aspek yang berkaitan dengan kegiatan berpikir. Aspek ini sangat berkaitan eratdengan tingkat intelegensi (IQ) atau kemampuan berpikir peserta didik. Sejak dahulu aspek kognitif selalumenjadi perhatian utama dalam sistem pendidikanformal. Hal itu dapat dilihat dari metode penilaian pada sekolah-sekolah di negeri kita dewasa ini sangat mengedepankan kesempurnaan pada aspek kognitif.
Aspek afektif 
Aspek afektif adalah aspek yang berkaitan dengan nilai dan sikap. Penilaian pada aspek ini dapat terlihatpada kedisiplinan, sikap hormat terhadap guru, kepatuhan dan lain sebagainya. Aspek afektif berkaitanerat dengankecerdasan emosi (EQ) peserta didik.
Aspek psikomotorik 
Aspek psikomotorik menurut kamus besar bahasa indonesia adalah segala sesuatu yang berkaitandengan kemampuan gerak fisik yang mempengaruhi sikap mental. Jadi sederhananya aspek inimenunjukkankemampuan atau keterampilan (skill) peserta didik setelah menerima sebuah pengetahuan.
 
Kecerdasan dan Bakat
Pengertian prestasi belajar menurut para ahli tidak selalu berputar pada aspek kecerdasan dan bakat,namun demikian tidak juga meninggalkan kedua aspek tersebut. Kecerdasan dan bakat memilikipengaruh terhadap prestasi belajar namun tidak mutlak.Kecerdasan demikian juga bakat adalah potensi dasar yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Hanya sajakadarnya berbeda antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya. Ia merupakan faktor internal yangsangat berpengaruh terhadap terhadap tinggi rendahnya prestasi belajar  peserta didik. Namun dalam beberapa kasus besarnya kecerdasan dan bakat tidak berbanding lurus dengan prestasibelajar siswa. Mengapa demikian? Karena prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal.
Faktor internal 
Faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar selain bakat dan kecerdasan antara lain adalah;minat dan motivasi. Ketika keempat faktor ini ada dalam diri seorang peserta didik maka prestasibelajarnya cenderung akan lebih tinggi.
Faktor eksternal 
Pengertian prestasi belajar menurut para ahli tidak mengesampingkan peranan faktor eksternal dalammeningkatkan prestasi belajar. Faktor eksternal seperti kualitas guru, metode mengajar,lingkungan,fasilitas mengajar dan lain sebagainya ikut mempengaruhi prestasi belajar. Namun, pengaruhnya tidaklahsebesar faktor internal.Faktor internal dan eksternal adalah dua hal yang sangat menunjang keberhasilan siswa dalam belajar.Jadi untuk menghasilkan peserta didik yang berprestasi, seorang pendidik haruslah mampumensinergikan kedua faktor di atas.
Top of Form
Cari Artikel:
 
- - Pilih Kategori - -
 

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ikha Ryzkha liked this
Dewi Ismawati liked this
Saya JessLyn liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->