Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
61Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Buku Pedoman Pelaksanaan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Full

Buku Pedoman Pelaksanaan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Full

Ratings: (0)|Views: 11,365|Likes:
Published by Aqmal Dharma
buku pedoman K3 di lab permesinan lengkap original by me and iben moulan
buku pedoman K3 di lab permesinan lengkap original by me and iben moulan

More info:

Published by: Aqmal Dharma on Mar 31, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJALABORATORIUM PERMESINAN
BAB IPENDAHULUAN1.1 Pengertian K3
:Dalam penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (k3) atau yang dikenal dengan istilah occupationalsafety and health (OSH) yang di gabung dengan lingkungan ( environment ) sehingga menjadi OHSE ,terdapat beberapa pengertian dasar seperti :
Keselamatan ( safety ) merupakan suatu kondisi bebas dari cedera atau bahaya atau perasaantakut akan terjadi kecelakaan, cedera maupun resiko bahaya.
Kesehatan ( health ) merupakan suatu kondisi sehat secara fisik maupun mental ataupun social.Kesehatan kerja biasa nya menyangkut berbagai ancaman terhadap kesehatan pekerja yang bekerja pada tempat atau lingkungan kerja dimana perusahaan berada.
Lingkungan (environment) adalah suatu keadaan sekeliling tempat kerja atau organisasi atau perusahaan bersangkutan beroperasi
Kecelakaan kerja ( occupational accident ) dan Penyakit akibat kerja (occupational disease ) danatau penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan ( walk related disease ) menelan korban berupa jiwa , kerugian , materi , baik bagi pekerja maupun pengusaha atau perusahaan dankemungkinan akan merusak lingkungan
K3 merupakan perlindungan agar tenaga kerja orang lain atau pun perusahaan di tempat kerjaselamat dan sehat serta agar setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efesienTempat kerja ialah tiap ruangan atau lapangan tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap , dimanatenaga kerja bekerja atau sering di masuki tenaga kerja untuk keperluan suatu usaha. Tetapi karenasekarang kita membahas tentang K3 di wilayah Kampus POLBAN(Politeknik Negeri Bandung), maka pengertian Tempat kerja ialah tiap ruangan atau lapangan tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap ,dimana para mahasiswa bekerja/melakukan praktek atau sering di masuki mahasiswa untuk keperluan pembelajaran mata kuliah yg dijalani.Yang dimaksud tempat kerja ialah semua ruangan , lapangan, halaman dan sekeliling ny yang merupakan bagian2 atau yang berhubungan dengan tempat kerja tersebut.Upaya-upaya yang ditujukan untuk memperoleh kesehatan yang setinggi-tingginya dengan caramencegah dan memberantas penyakit yang diidap oleh pekerja, mencegah kelelahan kerja danmenciptakan lingkungan kerja yang sehat.Upaya-upaya yang ditujukan untuk melindungi pekerja; menjaga keselamatan orang lain; melindungi peralatan, tempat kerja dan bahan produksi; menjaga kelestarian lingkungan hidup dan melancarkan .
1
 
BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJALABORATORIUM PERMESINAN
 
1.2 Ruang Lingkup Program K3
Ruang lingkup program k3 sangat mengarah kan baik pekerja maupun perusahaan untuk menciptakanlingkungan kerja yang sehat, aman, sejahtera dan produktif melalui upaya peningkatan keselamatantenaga kerja yang diserasikan dengan kondisi lingkungan secara umum agar bisa meminimalisikecelakaan yang mungkin terjadi dan ruang lingkup K3 menurut pokok bahasan saat ini adalah BengkelPermesinan POLBAN.
1.3 Unsur dasar kegiatan k3
Unsur kegiatan kerja dari suatu system operasional yang berinteraksi dengan lingkungan danakan berpengaruh langsung bagi keselamatan dan kesehatan kerja.
Unsur unsur yang berpotensi memiliki dampak terhadap setiap perubahan lingkungankeselamatan dan kesehatan baik yang menguntungkan maupun yang merugikan baik secarakeseluruhan maupun sebagian .
1.4 Faktor keberhasilan Kerja
Secara umum factor keberhasilan kerja dari seseorang di pengaruhi oleh :
Faktor Internal dari individu pekerja itu sendiri seperti attitude, sikap, characteristic fisik nyaminat jenis kelamin motivasi dan pendidikan
Factor fisik biasa nya meliputi mesin atau peralatan/material metode dan lingkungan kerja
Factor yang terkait dengan social dan keorganisasian diantara nya karakteristik perusahaantraining, pengawasan, pengupahan dan lingkungan social
1.5 Aktifitas Kerja
Aktifitas Kerja mencakup :
Unsur Manusia
Mesin/Peralatan
Bahan
Aktifitas Kerja dilaksanakan pada waktu:
Pembangunan fasilitas industry
Pelaksanaan operasinal proses produksi
2
 
BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJALABORATORIUM PERMESINAN
Kecelakaan dan penyakit akibat kerja timbul karena aktifitas yang dilaksanakan dalam perusahaan/tempat kerja
1.6 Kerugian Akibat Kecelakaan Kerja
Berbagai kerugian yang terjadi akibat kecelakaan kerja diantaranya :
Kehilangan Jam kerja produktif, yang mengakibat kan system operasional atau produksiterhenti, penalty , hilang waktu dan kesempatan untuk menjual dll.
Kerusakan lingkungan
Kerugian terjadi dalam rangkaian pasca kecelakaan kerja
Company Image, menurun nya nama baik perusahaan bahkan negative, atau trauma
Kerugian bagi diri sendiri baik cedera ringan, cedera berat, cacat, sampai kematian
DLL
1.7 Tujuan Pokok k3
K3 mempunyai tujuan pokok dalam upaya memajukan dan mengembangkan proses industrialisasi,terutama dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja.
1.8 Latar Belakang
Pada tahun 1760 sebelum Masehi, Raja Hammurabi, yang merupakan pendiri Dinasti Babylonia,menyusun kumpulan undang-undang dan peraturan yang kemudian disebut Kode Hammurabi. Kode ini,telah diterima oleh raja dari dewa matahari, Shamash, yang memberikan prosedur mengenai hak-hak milik, hak perorangan, dan hutang-piutang. Kode ini dibuat antara lain untuk mengatur kerusakan yangdisebabkan oleh pengabaian dalam berbagai perdagangan. Sebagai contoh, ini mengatur mengenai hal berikut:
 Jika seorang pembangun membangun rumah untuk seseorang dan tidak membangunnya secara tepat,kemudian rumah tersebut runtuh dan menewaskan pemiliknya, maka pembangun harus dihukum mati. Jika pembuat kapal membuat perahu untuk seseorang dan tidak membuatnya dengan kuat, jika selamatahun yang sama perahu tersebut rusak, maka pembuat kapal harus memperbaikinya dengan biayanya sendiri. Kapal yang telah diperbaiki tersebut harus diberikan kepada pemiliknya”.
Mungkin kutipan di atas tidak sesuai dengan judul makalah ini. Namun dari kutipan tersebut,dapat kita pahami bahwa hal tersebut di atas merupakan sejarah lahirnya SK3 di dunia. Maksudnya,ternyata SK3 sudah ada dan di terapkan sejak zaman dahulu. Tak hanya itu, SK3 juga mencakup berbagaiaspek kehidupan baik politik, sosial dan budaya, industri, iptek dan lain-lain.Tapi kenyataan di lapangan sangat berbeda. Sistem ini, seakan diabaikan oleh semua pihak, baik oleh kaum intelegent, pengusaha, dan khalayak ramai. Pada hal ini khususnya masyarakat umum banyak yang tidak tahu mengenai keberadaan SK3 di sekelilingnya. Dampaknya, banyak sekali kecelakaan-
3

Activity (61)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arum Hemastiti liked this
Peterlaw888 liked this
atiksundawati liked this
Peterlaw888 liked this
Peterlaw888 liked this
Lisna Cestary liked this
julafahrul1297 liked this
Maharani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->