Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Swot Terhadap Suatu Perusahaan

Analisis Swot Terhadap Suatu Perusahaan

Ratings: (0)|Views: 2,850 |Likes:
Analisis Swot
Analisis Swot

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1. Latar Belakang
Dalam mengahadapi era globalisasi perusahaan -perusahaan yang kecilmaupun besar diharapkan mempunyai suatu inovasi -inovasi maupun strategi yangjitu untuk bisa mempertahankan kredibilitasnya dalam dunia bisnis. Seperti dalamaspek produksi barang dan jasa, kemudian dari segi personalia yang menggerakkanroda perusahaan, lalu finance kunci dimana suatu perusahaan itu bisa meraihkeuntungan dan memanage aktiva yang dimiliki perusahaan, dan yang terakhir adalah marketing yaitu bagaimana perusahaan tersebut menganalisis informasi yangdiapat dari lingkup eksternal. Sehingga dapat memproduksi dan memasarkan barangdan jasa yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.Di dalam dunia perbankan, khususnya dalam bidang pemas aran, bisniskreditmerupakan suatu kegiatan pembelian atau peminjaman dengan janji pengembaliandi kemudian hari. Pada setiap rencana kredit, terdapat kreditor (pribadi, institusikeuangan, toko atau perusahaan yang uangnya dipinjam).Dalam pembukuan,terdapat catatan sejumlah uang milik pribadi atau institusi.Tidak semua kredit berjalan dengan lancar.Kredit bermasalah merupakan suatuhal yang biasa terjadi alam industri perbankan. Maka dari itu, untuk menghindariberbagai macam kredit bermasalah yang berke lanjutan, bank harus selalumelakukan tindakan pengamanan antara lain melakukan penyisihan kerugian,penyelamatan, penghapusbukuan pinjaman, penghapus tagihan, dan penagihankredit hapus buku.Sehubungan dengan hal demikianperusahaan perlu untuk menganalisis danmenindak lanjuti SWOT yang dimiliki. Penulis dalam hal ini bermaksud mencobamelakukan analisa terhadap suatu bank, dalam hal bagaimana bank itu mengolahSWOT yang mereka miliki untuk memperoleh strategi yang bagus dalammempertahankan eksistensi dan menjadi yang paling unggul di dunia bisnisperbankan.
 
2
 
Macam-macam produk yang terdapat dalam suatu perusahaan harus disertaidengankualitas dan keunggulan yang baik, karena produk yang baik akanmeningkatkan kredibilitas perusahaan dalam seti ap kegiatan usaha yang dilakukan.Permasalahan manajemen dalam perusahaan merupakan salah satu bagianyang harus diperhatikan, karena usaha pemasaran yang dilakukan perusahaandengan strategi yang baik akan dapat menempatkan produk pada posisi yang tepatdan menguasai pasar. Oleh karena itu, perusahaan perlu menganalisis tingkatpemasaran yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT.Analisa SWOT merupakan sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yangbersifat deskriptif (memberi gambaran).Analisa ini menempatkan situasi dan kondisisebagai sebagai faktor masukan, yang kemudian dikelompokkan menurutkontribusinya masing-masing.Satu hal yang harus diingat baik-baik oleh para pengguna analisa SWOT,bahwa analisa SWOT adalah semata-mata sebuah alat analisa yang ditujukan untukmenggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau yang mungkin akan dihadapioleh organisasi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalankeluar yang cespleng bagi masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi.Analisa ini terbagi atas empat komponen dasar yaitu :a) Strength (S), adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dariorganisasi atau program pada saat ini.b) Weakness (W), adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dariorganisasi atau program pada saat ini.c) Opportunity (O), adalah situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasadepan.d) Threat (T), adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yangdatang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasidimasa depan.
 
3
 
1.2. Perumusan dan Identifikasi masalah1.2.1 Perumusan Masalah
B
erdasarkan latar belakang penelitian di atas, masalah -masalah yangdapat diidentifikasi diantaranya kekuatan,kelemahan,peluang,dan ancamanterhadap Kredit Tanpa Agunan (
BNI
Fleksi) pada
B
ank
BNI
Divisi KreditKonsumen (SKK)
B
ogor.
B
erdasarkan latar belakang yang telah dibuat, penulis merumuskanbeberapa pokok permasalahan yaitu :1. Pengertian produk
BNI
Fleksi2. Pengertian SWOT3. Arti penting dari SWOT bagi sebuah perusahaan ?4.
B
agaimana analisis SWOT dari
BNI
Fleksi yang merupkana salah satuproduk PT
BNI
Divisi Kredit Konsumen ?5.
B
agaimana strategi PT
BNI
Divisi Kredit Konsumen dalam menindak lanjutihasil analisa SWOT yang dimiliki ?
1.2.2 Identifikasi Masalah
Untuk mengidentifikasi segala macam masalah yang timbul, kita perlumelakukan Analisis SWOT (
Strengths
,
Weakness
,
Opportunities
,
Threats
)dalam pemasaran produk tersebut.Analisis SWOT yang efektif harus bertujuan meraih pemasaranstrategis yang cocok dengan lingkungan internal dan eksternal.
I
mplementasistrategi pemasaran yang berhasil harus didukung kemampuan internalperusahaan, sumber daya, struktur organisasi, kebijakan dan prosedur operasional yang cukup baik.

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ziyad Alkatiri liked this
Imma Triyatno liked this
Eka Febri liked this
Alex A. Je liked this
Setiawan Budi liked this
melvikab liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->