Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Euthanasia

Euthanasia

Ratings: (0)|Views: 353 |Likes:
Published by rcemong

More info:

Published by: rcemong on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2012

pdf

text

original

 
Tugas Kelompok Transfer ProbolinggoEUTANASIAOleh :1.Andi Wijaya2.Chusnul Hotimah3.Dwi Anggraini4.Dyah Eka Riastuti5.Ermi Wijayanti
 
Eutanasia
Eutanasia
(Bahasa Yunani: ευθανασία -ευ,
eu
yang artinya "baik", dan θάνατος,
thanatos
yangberarti kematian) adalah praktik pencabutan kehidupanmanusiaatauhewanmelalui cara yang dianggap tidak menimbulkan rasa sakit atau menimbulkan rasa sakit yang minimal, biasanyadilakukan dengan cara memberikan suntikan yang mematikan.Aturanhukummengenai masalah ini berbeda-beda di tiap negara dan seringkali berubah seiringdengan perubahannorma-norma budayamaupun ketersediaan perawatan atau tindakanmedis. Di beberapa negara, eutanasia dianggaplegal,sedangkan di negara-negara lainnya dianggapmelanggar hukum. Oleh karena sensitifnya isu ini, pembatasan dan prosedur yang ketat selaluditerapkan tanpa memandang status hukumnya.
Terminologi 
Eutanasia ditinjau dari sudut cara pelaksanaannya
Bila ditinjau dari cara pelaksanaannya, eutanasia dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitueutanasia agresif, eutanasia non agresif, dan eutanasia pasif.
Eutanasia agresif, disebut juga eutanasia aktif, adalah suatu tindakan secarasengaja yang dilakukan olehdokteratau tenaga kesehatan lainnya untukmempersingkat atau mengakhiri hidup seorangpasien. Eutanasia agresif dapat dilakukan dengan pemberian suatusenyawayang mematikan, baiksecara oral maupun melalui suntikan. Salah satu contoh senyawa mematikantersebut adalah tabletsianida.
Eutanasia non agresif, kadang juga disebut eutanasia otomatis(
autoeuthanasia
) digolongkan sebagai eutanasia negatif, yaitu kondisidimanaseorang pasien menolak secara tegas dan dengan sadar untukmenerima perawatan medis meskipun mengetahui bahwa penolakannyaakan memperpendek atau mengakhiri hidupnya. Penolakan tersebut diajukansecara resmi dengan membuat sebuah "
codicil
" (pernyataan tertulistangan). Eutanasia non agresif pada dasarnya adalah suatu praktik eutanasiapasif atas permintaan pasien yang bersangkutan.
Eutanasia pasif dapat juga dikategorikan sebagai tindakan eutanasia negatif yang tidak menggunakan alat-alat atau langkah-langkah aktif untukmengakhiri kehidupan seorang pasien. Eutanasia pasif dilakukan denganmemberhentikan pemberian bantuan medis yang dapat memperpanjanghidup pasien secara sengaja. Beberapa contohnya adalah dengan tidakmemberikan bantuanoksigenbagi pasien yang mengalami kesulitan dalampernapasan, tidak memberikanantibiotikakepada penderitapneumonia  berat, meniadakan tindakanoperasiyang seharusnya dilakukan gunamemperpanjang hidup pasien, ataupun pemberian obat penghilang rasa sakitsepertimorfinyang disadari justru akan mengakibatkan kematian. Tindakaneutanasia pasif seringkali dilakukan secara terselubung oleh kebanyakanrumah sakit.
Penyalahgunaan eutanasia pasif bisa dilakukan oleh tenagamedismaupun pihak keluarga yangmenghendaki kematian seseorang, misalnya akibat keputusasaan keluarga karenaketidaksanggupan menanggung beban biaya pengobatan. Pada beberapa kasus keluarga pasienyang tidak mungkin membayar biaya pengobatan, akan ada permintaan dari pihak rumah sakituntuk membuat "pernyataan pulang paksa". Meskipun akhirnya meninggal, pasien diharapkanmeninggal secara alamiah sebagai upaya defensif medis.
Eutanasia ditinjau dari sudut pemberian izin
 
Ditinjau dari sudut pemberian izin maka eutanasia dapat digolongkan menjadi tiga yaitu :
Eutanasia di luar kemauan pasien: yaitu suatu tindakan eutanasia yangbertentangan dengan keinginan si pasien untuk tetap hidup. Tindakaneutanasia semacam ini dapat disamakan denganpembunuhan.
Eutanasia secara tidak sukarela: Eutanasia semacam ini adalah yangseringkali menjadi bahan perdebatan dan dianggap sebagai suatu tindakanyang keliru oleh siapapun juga.Hal ini terjadi apabila seseorang yang tidakberkompeten atau tidak berhak untuk mengambil suatu keputusan misalnyastatusnya hanyalah seorang wali dari si pasien (seperti pada kasusTerriSchiavo). Kasus ini menjadi sangat kontroversial sebab beberapa orang walimengaku memiliki hak untuk mengambil keputusan bagi si pasien.
Eutanasia secara sukarela : dilakukan atas persetujuan si pasien sendiri,namun hal ini juga masih merupakan hal kontroversial.
Eutanasia ditinjau dari sudut tujuan
Beberapa tujuan pokok dari dilakukannya eutanasia antara lain yaitu :
Pembunuhan berdasarkan belas kasihan
(mercy killing)
Eutanasia hewan
Eutanasia berdasarkan bantuan dokter, ini adalah bentuk lain daripadaeutanasia agresif secara sukarela
Sejarah eutanasia
Asal-usul kata eutanasia
Kata eutanasia berasal dari bahasaYunaniyaitu "eu" (= baik) and "thanatos" (maut, kematian)yang apabila digabungkan berarti "kematian yang baik".Hippokratespertama kali menggunakanistilah "eutanasia" ini pada "sumpah Hippokrates" yang ditulis pada masa 400-300 SM.Sumpah tersebut berbunyi: "Saya tidak akan menyarankan dan atau memberikan obat yangmematikan kepada siapapun meskipun telah dimintakan untuk itu".Dalam sejarah hukumInggrisyaitu
 sejak tahun 1300 hingga saat "bunuh diri"ataupun "membantu pelaksanaan bunuh diri" tidak diperbolehkan.
Eutanasia dalam dunia modern
Sejak abad ke-19, eutanasia telah memicu timbulnya perdebatan dan pergerakan di wilayahAmerika Utaradan diEropaPada tahun 1828 undang-undang anti eutanasia mulai diberlakukan di negara bagianNew York , yang pada beberapa tahun kemudian diberlakukan pula olehbeberapanegara bagian.Setelah masaPerang Saudara, beberapaadvokatdan beberapadokter mendukung dilakukannya eutanasia secara sukarela.Kelompok-kelompok pendukung eutanasia mulanya terbentuk diInggrispada tahun1935dan di Amerikapada tahun1938yang memberikan dukungannya pada pelaksanaan eutanasia agresif, walaupun demikian perjuangan untuk melegalkan eutanasia tidak berhasil digolkan diAmerikamaupunInggris.Pada tahun1937, eutanasia atas anjuran dokter dilegalkan diSwisssepanjang pasien yang bersangkutan tidak memperoleh keuntungan daripadanya.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nurina Ulfah liked this
Yogi Wiranggi liked this
febry sushanty liked this
febry sushanty liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->