Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proses Rekayasa perangkat lunak

Proses Rekayasa perangkat lunak

Ratings: (0)|Views: 665|Likes:
Published by Zulfa Chairi

More info:

Published by: Zulfa Chairi on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/27/2012

pdf

text

original

 
MODUL 2
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Tujuan :
Mahasiswa mengenal dan memahami konsep dasar kerekayasaan perangkat lunak
Materi :
Pandangan umum tentang rekayasa perangkat lunak
Proses, metode dan alat bantu
Proses perangkat lunak dan model-model proses perangkat lunak
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR - UMBIr. Nixon Erzed MTManajemen Proyek Perangkat Lunak
 
PANDANGAN UMUM TENTANGREKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pembahasan dan diskusi mengenai rekayasa perangkat lunakmerupakan upaya untuk memperoleh perangkat lunak secara ekonomis yangreliabel dan bekerja secara efisien pada perangat keras komputer. Dari segipelanggan, rekayasa perangkat lunak dimaksudkan untuk memberikan kepuasankepada pelanggan dan penyampaian produk tepat waktu.Terdapat beberapa definisi rekayasa perangkat lunak, antara lain sebagai berikut:1. Aplikasi dari suatu pendekatan kuantifiabel, displin dan sistematis dalampengembangan, operasi dan pemeliharaan sistem perangkat lunak2. Studi tentang pedekatan-pendekatan dalam pengembangan, operasi danpemeliharaan sistem perangkat lunak.Rekayasa mencakup :
¤
analisis,
¤
desian,
¤
konstruksi,
¤
verifikasi,
¤
manajemenSecara umum dalam rekayasa kita akan dihadapkan persoalan-persoalan berikut:
¤
Persoalan yang akan dipecahkan
¤
Karakteristik entitas persoalan untuk mencari solusi
¤
Pendekatan dalam menemukan kesalahan-kesalahan yang dibuat didalamdesain dan konstruksi
¤
Menyangga hasil rekayasa selama proses adaptasi, selama proses koreksi,serta ketika diperlukan perbaikanTedapat 3 fase umum dalam rekayasa perangkat lunak :
¤
Fase definisi
¤
Fase pengembangan
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR - UMBIr. Nixon Erzed MTManajemen Proyek Perangkat Lunak
 
¤
Fase pemeliharaan
Fase Definisi 
Berfokus pada “apa” (what); dimana pada definisi ini pengembangperangkat lunak harus mengidentifikasi informasi apa yang akan diproses, fungsidan unjuk kerja apa yang dibutuhkan,tingkah laku sistem seperti apa yangdiharapkan,interface apa yang akan dibangun, batasan desain apa yang ada,dan kriteria validasi apa yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sistem yangsukses. Kebutuhan (requirement) kunci dari sistem dan perangkat lunak yangdidefinisikan. Metode yang diaplikasikan selama fase definisi berbeda,tergantung pada paradigma rekayasa perangkat lunak (atau kombinasiparadigma) yang diaplikasikan. Ada tiga tugas utama yang berada dalam bentukyang sama; sistem atau rekayasa informasi, perencanaan proyek perangkatlunak, serta analisis keburuhan.
Fase Pengembangan
Berfokus pada how (bagaimana), yaitu dimana selama masapengembangan perangkat lunak, teknisi harus mendefinisikan bagaimana datadikunstruksikan, bagaimana fungsi-fungsi diimplementasikan sebagai sebuaharsitektur perangkat lunak, bagaimana detail prosedur akan diimplementasikan,bagaimana interface ditandai (dikarakterisasi), bagaimana rancangan akanditerjemahkan ke dalam bahasa pemrograman (atau bahasa non prosedural),serta bagaimana pengujian akan dilakukan. Metode-metode yang diaplikasikanselama masa pengembangan program akan bervariasi, tetapi ada tiga tugasteknis yang khusus yang harus selalu ada; rancangan perangkat lunak,pemunculan kode,dan pengujian perangkat lunak.
Fase Pemeliharaan.
Berfokus pada perubahan (change), yang dihubungkan dengan koreksikesalahan, penyesuaian yang dibutuhkan ketika lingkungan perangkat lunakberkembang, serta perubahan sehubungan dengan perkembangan yangdisebabkan oleh perubahan kebutuhan pelanggan. Fase pemeliharaanmengaplikasikan lagi langkah-langkah pada fase definisi dan fasepengembangan, tetapi semuanya tetap tergantung pada konteks perangkat lunak
PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR - UMBIr. Nixon Erzed MTManajemen Proyek Perangkat Lunak

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->