Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Saluran Udara Tegangan Tinggi

Saluran Udara Tegangan Tinggi

Ratings: (0)|Views: 598 |Likes:
Published by Bindo Xavier S

More info:

Published by: Bindo Xavier S on Apr 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2013

pdf

text

original

 
Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUUT) adalah sarana diatas tanah untuk menyalurkantenaga listrik dari Pusat Pembangkit ke Gardu Induk (GI) atau dari GI ke GI lainnya yangterdiri dari kawat/konduktor yang direntangkan antara tiang-tiang melalui isolator-isolator dengan sistim tegangan tinggi (30 kV, 70 kV dan 150kV).1.
 
BAGIAN-BAGIAN SALURAN UDARA TEGANGAN TINGGI (SUTT) DANFUNGSINYA.Bagian-bagian Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) pada umumnya dapat dikelompokansebagai berikut:1.1. Tiang.1.1.1. Tiang menurut bentuk/kontruksinya.- Tiang konstruksi baja.Terbuat dari baja profil, disusun sedemikian rupa sehingga merupakan suatu me-nara yang telah diperhitungkan kekuatannya disesuaikan dengan kebutuhannya.- Tiang manesman.Tiang manesman terbuat dari pipa baja dimana ukuran-ukuran panjang, diameter dan ketebalan dari pipa baja yang akan dipergunakan disesuaikan dengankeperluan.- Tiang kayu.Tiang kayu biasanya terbuat dari sejenis kayu ulin dan kayu besi yang tidak perludiawetkan, sedangkan jenis rasamala, kruing dan damar laut, sebelumdipergunakan harus dilakukan pengawetan dahulu agar umur tiang kayu tersebutdapat lebih lama.1.1.2. Tiang menurut fungsinya.
 
- Tiang penegang (tension tower).Tiang penegang disamping menahan gaya berat juga menahan gaya tarik darikawat-kawat Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).- Tiang penyangga (suspension tower).Tiang penyangga untuk mendukung/menyangga dan harus kuat terhadap gayaberat dari peralatan listrik yang ada pada tiang tersebut.- Tiang sudut (angle tower).Tiang sudut adalah tiang penegang yang berfungsi menerima gaya tarik akibatdari perubahan arah Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).- Tiang akhir (dead end tower).Tiang akhir adalah tiang penegang yang direncanakan sedemikian rupa sehinggakuat untuk menahan gaya tarik kawat-kawat dari satu arah saja. Tiang akhir ditempatkan diujung Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang akanmasuk ke switch yard Gardu Induk.- Tiang transposisi.Adalah tiang penegang yang berfungsi sebagai tempat perpindahan letak susunanphasa kawat-kawat Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).1.1.3. Bagian-bagian tiang.- Kerangka tiang.Adalah bagian dari tiang untuk menopang peralatan-peralatan listrik yang padaumumnya terbuat dari besi baja, kayu atau beton yang direncanakan sedemikianrupa sehingga kuat terhadap gaya-gaya yang bekerja akibat dari tarikan kawat-kawat, angin dan gaya berat dari material listrik pada kerangka tiang tersebut.
 
- Travers.Travers adalah bagian dari tiang yang dipergunakan untuk tempat sangkutan ataududukan isolator dan tempat sangkutan kawat tanah. Kekuatan gaya tarik traversdisesuaikan dengan kekuatan tarik dari tiang yang telah dihitung sedemikian rupasehingga kuat terhadap gaya tarik kawat-kawat Saluran Udara Tegangan Tinggi.- Pondasi.Pondasi terdiri dari adukan beton atau susunan batu kali yang memperkuat du-dukan tiang, volume pondasi direncanakan sedemikian rupa dan harus kuat ter-hadap gaya yang bekerja akibat dari tarikan kawat-kawat Saluran Udara Tegang-an Tinggi, gaya angin dan lain-lainnya.Pada umumnya tiang konstruksi baja menggunakan pondasi beton, sedangkanmanesman, tiang kayu, tiang beton dengan cara menanam 1/6 bagian daritinggitiang pada susunan batu kali atau pondasi beton.- Sekur.Adalah alat untuk memperkuat kedudukan tiang dan menahan gaya lentur yangterjadi pada tiang akibat dari gaya tarik kawat-kawat Saluran Udara TeganganTinggi (SUTT).Menurut bentuknya sekur dapat dibagi dua macam yaitu :- Sekur tarik. (Line guy)Terbuat dari kawat baja dimana ujung-ujungnya diklem pada bagian atasdan pada balok beton yang ditanam sebagai pondasi.Fungsi dari Sekur tarik adalah mengimbangi gaya tarik kawat SaluranUdara Tegangan Tinggi (SUTT) maupun gaya tarik akibat dari perubahan

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sebastian Odi liked this
kosp liked this
kosp liked this
yrasaki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->