Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sejarah lengkap

sejarah lengkap

Ratings: (0)|Views: 303|Likes:
Published by Dinda Safira

More info:

Published by: Dinda Safira on Apr 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/03/2011

pdf

text

original

 
Tari Saman - Tari Tradisional Aceh 
IYOHAA - Di antara beraneka ragam tarian dari pelosok Indonesia, tari saman termasuk dalamkategori seni tari yang sangat menarik. Keunikan tari saman ini terletak pada kekompakangerakannya yang sangat menakjubkan. Para penari saman dapat bergerak serentak mengikutiirama musik yang harmonis. Gerakan-gerakan teratur itu seolah digerakkan satu tubuh, terusmenari dengan kompak, mengikuti dendang lagu yang dinamis. Sungguh menarik, bukan? Tak salah jika tari saman banyak memikat hati para penikmat seni tari. Bukan hanya dari Indonesia,tapi juga dari mancanegara. Sekarang, mari kita ulas lebih dalam lagi mengenai tarian unik ini.
Sejarah
 Mengapa tarian ini dinamakan tari Saman? Tarian ini di namakan Saman karena diciptakan olehseorang Ulama Aceh bernama Syekh Saman pada sekitar abad XIV Masehi, dari dataran tinggiGayo. Awalnya, tarian ini hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane. Namun,kemudian ditambahkan iringan syair-syair yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT, sertadiiringi pula oleh kombinasi tepukan-tepukan para penari. Saat itu, tari saman menjadi salah satumedia dakwah.Pada mulanya, tari saman hanya ditampilkan untuk even-even tertentu, khususnya pada saatmerayakan Hari Ulang Tahun Nabi Besar Muhammad SAW atau disebut peringatan MaulidNabi Muhammad SAW. Biasanya, tari saman ditampilkan di bawah kolong Meunasah (sejenissurau panggung). Namun seiring perkembangan zaman, tari Saman pun ikut berkembang hinggapenggunaannya menjadi semakin sering dilakukan. Kini, tari saman dapat digolongkan sebagaitari hiburan/pertunjukan, karena penampilan tari tidak terikat dengan waktu, peristiwa atauupacara tertentu. Tari Saman dapat ditampilkan pada setiap kesempatan yang bersifat keramaiandan kegembiraan, seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan, atau perayaan-perayaan lainnya.
 
Untuk tempatnya, tari Saman biasa dilakukan di rumah, lapangan, dan ada juga yangmenggunakan panggung.Tari Saman biasanya ditampilkan dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syekh.Penari Saman dan Syekh harus bisa bekerja sama dengan baik agar tercipta gerakan yangkompak dan harmonis.
akna dan Fungsi 
 Tari Saman dijadikan sebagai media dakwah. Sebelum Saman dimulai, tampil pemuka adatuntuk mewakili masyarakat setempat. Pemuka adat memberikan nasehat-nasehat yang bergunakepada para pemain dan penonton. Syair-syair yang di antunkan dalam tari Saman juga berisipetuah-petuah dan dakwah.Berikut contoh sepenggal syair dalam tari S aman:Reno tewa ni beras padi, manuk kedidi mulu menjadi rempulis bunge.Artinya:Betapa indahnya padi di sawah dihembus angin yang lemah gemulai. Namun begitu, burungkedidi yang lebih dulu sebagai calon pengantin serta membawa nama yang harum.Namun dewasa ini, fungsi tarian saman menjadi bergeser. Tarian ini jadi lebih sering berfungsisebagai media hiburan pada pesta-pesta, hajatan, dan acara-acara lain.
Nyanyian
 Pada tari Saman, terdapat 5 macam nyanyian :1. Rengum, yaitu sebagai pembukaan atau mukaddimah dari tari Saman (yaitu setelah dilakukansebelumnya keketar pidato pembukaan). Rengum ini adalah tiruan bunyi. Begitu berakhir langsung disambung secara bersamaan dengan kalimat yang terdapat didalamnya, antara lainberupa pujian kepada seseorang yang diumpamakan, bisa kepada benda, atau kepada tumbuh-tumbuhan.2. Dering, yaitu rengum yang segera diikuti oleh semua penari.3. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari padabagian tengah tari.4. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggimelengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak.5. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penarisolo.
Gerakan
 Tarian saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman:Tepuk tangan dan tepuk dada. Diduga, ketika menyebarkan agama Islam, syeikh samanmempelajari tarian melayu kuno, kemudian menghadirkan kembali lewat gerak yang disertaidengan syair-syair dakwah Islam demi memudahkan dakwahnya. Dalam konteks kekinian, tarian
 
ritual yang bersifat religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.Tarian Saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, lingang, surang-saring(semua gerak ini adalah bahasa Gayo). Selain itu, ada 2 baris orang yang menyanyi sambilbertepuk tangan dan semua penari Tari Saman harus menari dengan harmonis. Dalam TariSaman biasanya, temponya makin lama akan makin cepat supaya Tari Saman menarik.
enari 
Pada umumnya, tari Saman dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki. tetapi jumlahnyaharus ganjil. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, tarian ini juga dimainkan oleh kaumperempuan. Pendapat Lain mengatakan tarian ini ditarikan kurang dari 10 orang, dengan rincian8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi. Namun, perkembangan di eramodern menghendaki bahwa suatu tarian itu akan semakin semarak apabila ditarikan oleh penaridengan jumlah yang lebih banyak. Di sinilah peran Syeikh, ia harus mengatur gerakan danmenyanyikan syair-syair tari Saman.Kostum atau busana khusus saman terbagi dari tiga bagian yaitu:· Pada kepala: bulung teleng atau tengkuluk dasar kain hitam empat persegi. Dua segi disulamdengan benang seperti baju, sunting kepies.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->