Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Trik exel

Trik exel

Ratings: (0)|Views: 67 |Likes:
Published by ary_fk09

More info:

Published by: ary_fk09 on Apr 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2011

pdf

text

original

 
Trik-trik yang saya tulis di bawah ini saya dapet selama bekerja dengan excel untuk keperluan administrasi kelas selama saya mengajar.
Nomor Urut Otomatis
Konversi Bilangan ke Huruf 
Membuat rangking
Rumus Kelulusan UN 2008Jadi bukan mau ngajarin tapi sekedar share aja, siapa tahu bermanfaat buat yg lain juga.Buat yang punya trik-trik baru silahkan posting juga di sini, biar ilmunya bermanfaat
Nomor urut otomatis
Biasanya nomor urut otomatis di excel kita buat dengan memasukkan angka “1″ pada seldi baris pertama, lalu angka “2″ dibaris berikutnya, kemudian dicopy (drag) denganmouse.Pembuatan nomor urut pada excel bisa juga menggunakancara lain yaitu dengan memasukkan angka “1″ pada barispertama, lalu di baris berikutnya menggunakan formula“=<alamat sel yg berisi angka 1>+1″.Misalnya angka “1″ ada pada sel A4, maka pada sel A5masukkan : =A4+1, lalu sel yang berisi rumus tadi (A5) dicopy ke bawah.Keuntungannya, jika kita ingin mereset urutan nomor,dapat dilakukan dengan menyisipkan angka 1 kembali ditengah urutan.
Nomor urut otomatis berulang
Nomor urut berulang, buat pada sel A5 masukkan rumus=if(A4
>=n
,1,A4+1)
n
=nilaiterbesar dari urutan nilai, misalnya kita inginnomor urut 1 s/d 10, lalu kembali ke 1. maka
n
diganti
10
.
Konversi bilangan ke huruf 
Nilai puluhan dapat di konversi ke huruf dengan sedikit rumus. Misalnya denganmenggunakan fungsi vlookup.
A. buat tabel acuan
 
Angka di kolom A diberi awalan single apostrop(‘) agar tersimpan pada sel dengan notasi string.
B. Buat rumus vlookup
=CONCATENATE(VLOOKUP(LEFT(E2,1),$A$2:$C$11,2),” “,VLOOKUP(RIGHT(E2,1),$A$2:$C$11,3))Rumus vlookup sebenarnya dapat di letakkan disheet lain agar tidak mengganggu tabel,penambahan ‘$’ agar alamat tabel aray menjadi absolut.
Membuat rangking berdasarkan nilai
Untuk mengetahui rangking berdasarkan nilai, Ms Excel telah menyediakan sebuahfungsi khusus yaitu :=rank(nilai,daftar nilai,order)nilai= adalah sebuah bilangan yangingin diketahui rangking-nyadaftar nilai= adalah range yangberisi nilai-nilai yang akandiranking
 
order = diisi 0 untuk descending (urutanmenurun, atau selain 0 untuk pengurutanmenaik)
Rumus kelulusan UN 2008
Peningkatan standar kelulusan UN sudah ditetapkan, lepas dari pro dan kontra seputar pelaksanaan Ujian nasional beberapa rekan menanyakan cara membuat rumus kelulusanUN dengan Ms Excel. Setelah membaca kriteria kelulusan barangkali rumus ini bisadigunakan nanti. Tapi harus diuji coba dulu (mumpung masih banyak waktu ). Jadikalau masih belum benar ya silahkan dikoreksi kalau dianggap benar, hati-hati siapa taukebijakan berubah .Standar nilai kelulusan untuk setiap jenjang mulai SMA, MA, SMK, SMP hingga SDsemua sama, yaitu rata-rata minimal 5,25 dengan tidak ada nilai di bawah 4,25 (inikriteria pertama). Khusus untuk siswa SMK nilai mata pelajaran kompetensi keahlianminimal 7,00 dan digunakan untuk menghitung nilai rata-rata UN SMK tersebut.Apabila kriteria di atas tidak tercapai, maka ada kriteria kedua yang mensyaratkan: bolehterdapat nilai 4,00 hanya pada satu mata pelajaran yang di-UN-kan, dan lima matapelajaran lainnya harus mencapai nilai sekurang-kurangnya 6,00 dan mencapai nilai rata-rata minimal 5,25.Contoh yang saya buat untuk rumus kelulusan tingkat SMP, jadi untuk jenjang lainsilahkan lakukan perubahan seperlunya.Karena ada dua skenario lulus, berarti rumus dimulai dengan operator logika “OR” dst.Kemudia pada Cel “i5″ dimasukkan sebuah kriteria untuk fungsi COUNTIFdengan isi“>=6″. nila-nilai minimal dapat dimasukkan dalam fungsi atau di dalam sel sebagaireferal seperti contoh disini.Rumus untuk keterangan “Lulus” dan “Tidak Lulus” adalah sbb :
=IF(OR(AND(F2>=I$2,MIN(B2:E2)>=I$3),AND(MIN(B2:E2)>=I$4,COUNTIF(B2:E2,I$5)=3,F2>=5.25)),”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
Kalau gambarnya kurang jelas silahkan download file contoh di :file contoh rumus un2008.xls
Membuat Rapor kelas dari nilai leger
Awalnya saya membuat leger menggunakan mail merge dengan menggabungkandatabase nilai ke dokumen Ms Word, setelah dicoba ada sedikit kelemahan dalamfleksibilitas data dan penentuan ukuran.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->