Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
33Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan ichtiologi

laporan ichtiologi

Ratings: (0)|Views: 1,548|Likes:
Published by Reymhond Zha
MoGA BERMANFAAT
MoGA BERMANFAAT

More info:

Published by: Reymhond Zha on Apr 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

 
I. PENDAHULUANA. Latar Belakang
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dewasa ini telah banyak penemuan-penemuan oleh beberapa ahli terutama dibidang perikanan. Seperti kitalihat dengan adanya budidaya ikan dengan menggunakan peralatan yang serbacanggih. Hal ini dapat mendorong kita untuk terus berusaha dan meningkatkanpengetahuan mengenai ikan.Dalam tubuh ikan terdapat urat daging yang tampak merupakan kesatuan yangtersusun dari komponen-komponen penyusunnya yang terdiri dari blok urat dagingyang disebut myotomes dan kumpulan dari myotomes disebut myosepta. Urat dagingini tersebar di hampir seluruh bagian tubuh ikan.Untuk mengamati bentuk dan letak bagian-bagian alat pencernaan pada beberapagolongan ikan, saluran pencernaan pada ikan di mulai dari mulut dan berakhir dianus. Secara umum alat-alat pencernaan pada ikan meliputi : mulut, rongga mulut,faring, esofagus, lambung, pilorus, usus dan anus.Sistem peredaran darah ikan berupa satu jalur sirkulasi (bersifat tunggal) yaituperedaran darah dari jantung ke insang dan disebar ke seluruh tubuh kemudiankembali ke jantung. Fungsi utama jantung yaitu untuk memompa darah yangberkadar oksigen rendah ke insang dan mengikat oksigen kemudian disebarkankeseluruh tubuh. Komponen-komponen dalam sirkulasi ini yaitu jantung, salurandarah dan limpha.
 
Sistem urogenetalia merupakan kombinasi dari sistem urinaria (ekskresi) dansistem genetalia (reproduksi). Sistem urinaria meliputi pembuangan sisa hasilmetabolisme baik melalui usus dan kulit maupun melalui alat ekskresi khususnyaginjal. Sistem genetalia di dalam reproduksi yaitu proses dihasilkannya spesiessebelum itu nampak pada spesies baru.Berdasarkan uraian diatas maka dianggap perlu dilakukan praktikum sehinggakita dapat mengetahui lebih dalam lagi mengenai ikan khususnya mengenai sistemurat daging, sistem pernafasan, sistem pencernaan dan sistem urogenitalia pada ikan.B.
Tujuan dan Kegunaan
Tujuan dan keguaan dari pelaksanaan praktikum ini adalah sebagai berikut:1. Sistem Urat dagingMengamati letak dan jenis-jenis urat daging yang terdapat dalam tubuh ikan.2. Sistem Pencernaan.Mengamati bentuk dan letak bagian-bagian alat pencernaan mekanan padabeberapa golongan ikan serta melihat ada atau tidaknya modifikasi yang terjadi padaalat pencernaan.3. Sistem Peredaran darah.Mengamati letak bagian-bagian alat yang digunakan dalam proses perdarandarah pada ikan, termasuk di dalamnya insang, jantung dan bagian-bagiannya.
 
4. Sistem Urogenitalia.Mengamati letak alat-alat yang digunakan dalam proses ekskresi (pengeluaran)dan reproduksi (pembiakan) ikanPelaksanaan praktikum ini dapat menambah pengetahuan praktikan khususnyatentang sistem urat daging, sistem pencernaan, sistem perdaran darah, dan sistemurogenitalia pada ikan.

Activity (33)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dhananjaya Agung liked this
Farida Irfani liked this
Ulul Azmie liked this
Ulul Azmie liked this
Samsuar Semy Eel liked this
Endrok Nagan Rnc liked this
Oky Ikhramullah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->