Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Teori Sosial Final

Tugas Teori Sosial Final

Ratings: (0)|Views: 949 |Likes:
Published by Khairul Iksan
Tugas Teori Sosial Final
Tugas Teori Sosial Final

More info:

Published by: Khairul Iksan on Apr 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2013

pdf

text

original

 
TUGAS TEORI SOSIAL
1.
a. Apakah yang dimaksud dengan paradigma itu ?
a. Arti paradigma secara :1. EtimologisKata paradigma berasal dari bahasa Yunani yang berarti suatu model,teladan, arketif dan ideal. Berasal dari kata para yang berarti di sampingmemperlihatkan dirinya.Arti paradigma ditinjau dari asal usul beberapa bahasa diantaranya:• Menurut bahasa Inggris – paradigma berarti keadaan lingkungan.• Menurut bahasa Yunani – paradigma yakni para yang berarti disampingdi sebelah dan dikenal sedangkan deigma berarti suatu model, teladan,arketip, dan ideal.• Menurut kamus psycologi – paradigma diartikan sebagai :1) Satu model atau pola untuk mendemontrasikan semua fungsi yangmemungkinkan ada dari apa yang tersajikan.2) Rencana riset berdasarkan konsep-konsep khusus, dan3) Satu bentuk eksperimental.Kesimpulan: Secara etimologi arti paradigma adalah sutu model dalamteori ilmu pengetahuan atau kerangka berpikir.2. TerminologisSecara terminologis arti paradigma sebagai berikut:• Paradigma adalah konstruk berpikir berdasarkan pandangan yangmenyeluruh dan konseptual terhadap suatu permasalah denganmenggunakan teore formal, eksperimentasi dan metode keilmuan yangterpercaya.• Dasar-dasar untuk menyeleksi problem dan pola untuk mencaripermasalahan riset.• Paradigma adalah suatu pandangan terhadap dunia alam sekitarnya,yang merupakan persfektif umum, suatu cara untuk menjabarkanmasalah-masalah dunia nyata yang kompleks.
 
Kesimpulan: Secara terminologi paradigma adalah pandangan mendasarpara ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan yangsemestinya dipelajari oleh suatu cabang ilmu pengetahuan.Pengertian paradigma menuruta. Thomas KhunMenurut Thomas Khun; paradigma merupakan landasan berpikir ataukonsep dasar yang dianut atau dijadikan model, baik berupa model ataupola yang dimaksud para ilmuwan dalam upayanya mengandalkan studi-studi keilmuan.b C.J. RitzerMenurut C.J. Ritzer paradigma merupakan pandangan mendasar parailmuawan tentang apa yang menjadi pokok persoalan yang seharusnyadipelajari oleh suatu cabang ilmu pengetahuan.Berdasarkan dua pendapat di atas, paradigma dapat digunakan dalamkhasanah keilmuan sebagai model, pola, dan ideal. Dari berbagai model,pola, dan ideal itulah penomena yang dijelaskan paradigma tertentumenjadi dasar untuk menyeleksi berbagai problem serta pola-pola untukmencari dan menemukan problem riset.
b. Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perbedaandalam paradigma ?
Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan paradigma disebabkan oleh :1. Faktor perbedaan pandangan filsafat yang mendasari pemikiranmasing-masing para ahli yang merintisnya2. Faktor perbedaan teori-teori yang dibangun pada masing-masingparadigm3. Metode yang dipakai memahami dan menerangkan subyek materinyaberbeda.
c. Ada 4 varian teori yang berkaitan dengan paradigma faktasosial, yang salah satunya adalah struktural fungsional( Talcott parson, Robert K. Merton dan Niel Smelser ). Dalamteori itu dijelaskan bahwa prubahan-perubahan yang terjadidalam masyarakat didasarkan atas asumsi-asumsi. Sebutdan jelaskan asumsi-asumsi yang dimaksud dengan contohperubahan yang terjadi dalam masyarakat Indonesia.
 
Berbeda dengan Ritzer, Ilyas Ba-Yunus membagi paradigmasosiologi ke dalam tiga bagian juga, yaitu: paradigma struktural-fungsional, paradigma konflik, dan interaksionisme simbolik.Paradigma pertama digagas oleh para sosiolog Eropa, yaitu MaxWeber, Emile Durkheim, Vilfredo Patero, dan yang pertama kalinyaTalcott Parson.
Paradigma ini didasarkan pada dua asumsidasar
:(1) masyarakat terbentuk atas substruktur-substruktur yang dalamfungsi mereka masing-masing, saling bergantungan, sehinggaperubahan yang terjadi dalam fungsi satu substruktur, akanmempengaruhi pada substruktur lainnya, dan(2) setiap substruktur yang telah mantap akan menopang aktivitas-aktivitas atau substruktur lainnya. Teori ini dikritik karenamengabaikan peranan konflik, ketidaksepakatan, perselisihandan evolusi dalam menganalisis masyarakat. Pendekatan inidiang gap juga mendukung status-quo (apa yang sudah ada ituadalah baik), dan orang kemudian menduga bahwa teori inimembenarkan dan memajukan struktur kapitalistis demokrasiBarat.
d.
a
.
Jelaskan peran Auguste Komte dalam merekonstruksi teoriPositivisme !
Positivism Comte merupakan sebuah filsafat untuk mencapai suatu ilmupengetahuan. Yang mana ilmu pengetahuan itu merupakan hasil daripengalaman yang berasal dari gejala-gejala. Segala hal yang tidaktermasuk dalam hal-hal yang positif tidak dapat disandarkan sebagai ilmupengetahuan, dan tidak bisa diterima, seperti metafisika dan segalakepercayaan religius. Cita-cita Comte yaitu membuat suatu masyarakatyang sesuai dengan filsafatnya yaitu masyarakat yang berpegangan pada

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aries Tri Widodo liked this
aliviao liked this
susihar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->