Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
biota tentang cacing

biota tentang cacing

Ratings: (0)|Views: 566|Likes:
bagian dari acara praktikum biologi tanah acara pertama tahun 2008, bersama CH, cengos, dita, miftah dan teman-teman di hutan mini lap mipa (KEBON samping green house)
bagian dari acara praktikum biologi tanah acara pertama tahun 2008, bersama CH, cengos, dita, miftah dan teman-teman di hutan mini lap mipa (KEBON samping green house)

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Erlina Dwi Setyowati on Apr 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/05/2011

pdf

text

original

 
ACARA IKEANEKARAGAMAN HEWAN HEWAN TANAH
I. JUDUL
Keanekaragaman organisme Makro terhadap kondisi fisik tanah.
II. TUJUAN
Untuk mengetahui jumlah organisme Makro terhadap kondisi fisik tanah
III. DASAR TEORI
Tanah merupakan habitat yang kompleks untuk organisme. Dibandingkandengan media kultur murni di laboraturium, tanah sangat berbeda karena duahal yaitu(a) pada kondisi alami tanah merupakan media fase padat, cair dan gas dengansifat dan ciri yang berfariasi(b) di dalam tanah terjadi kompetensi antara berbagai macam organisme untuk memperoleh nutrisi, ruang dan kelembaban.Kompetensi terjadi antara bakteri, aktinomisetes, jamur dan jugakehidupan lainnya di dalam tanah termasuk fauna tanah dan akar. Perbedaan pH,kelembaban, ukuran pori-pori dan jenis makanan yang tersedia mampumembentuk berbagaijenis habitat. Berdasarkan kandungan bahan organik, tanahdibedakan menjadi 2 (dua) kelompok yaitu sebagai berikut.1. Tanah mineralTanah mineral yaitu tanah-tanah yang kandungan bahan organiknyakurang dari 20% atau tanah yang mempunyai lapisan organik dengan ketebalankurang dari 30 cm (diukur dari permukaan tanah). Tanah mineral terbentuk daribahan induk batuan yang tersusun dari mineral-mineral, sehingga yang banyak menentukan karakteristik tanah mineral adalah mineral penyusun batuan.
 
2. Tanah organik Tanah organik yaitu tanah yang kandungan bahan organiknya lebih dari65%, atau hingga kedalaman 1 meter apabila tanah belum diolah. Tanah organik terbentuk dari bahan induk organik atau sisa-sisa tumbuhan, sehinggakarakteristik tanah tergantung komposisi botani tumbuhan asal yang menjadibahan induk tanah organik. Ada berbagai macam fungsi tanah, dan salah satufungsi tanah dalam aspek lingkungan adalah dapat berfungsi dalampenanggulangan limbah yaitu sebagai penyaring (filter), penyangga (buffer), dansistem alihrupa (transformation system).Ditinjau dari sifat fisiknya, tanah adalah benda alami yang bersifatkomplek, heterogen, tersusun dari tiga fase yaitu fase padat (butiran bahan organicdan lapukan bahan organik), fase gas (udara) dan fase cair (air tanah). Bagianpadat terdiri dari bahan anorganik. Bagian gas adalah udara tanah, sedang bagiancair adalah tanah yang mengandung bahan yang terlarut di dalamnya.Bahan organic terdiri dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan, dan jasad hiduplainnya yang bersifat makro atau mikro, yang terdapat di dalamnya. Bahananorganik terdiri dari batuan-batuan, mineral dan berbagai senyawa hasilpelapukan.Babarapa sifat fisik tanah yaitu : struktur tanah, tektur tanah, warna tanah,temperature tanah. Tekstur tanah adalah perbandingan kandungan partikel tanahprimer berupa fraksi liat, debu dan pasir dalam suatu masa tanah. Struktur tanahadalah susunan butiran tanah primer dan agregrat primer tanah yang secara alamimenjadi bentuk tertentu yang di batasi oleh bidang-bidang yang disebut agregrat.Strukturtanah dikatakan baik apabila di dalamnya terdapat ruang pori-pori yangberarti bahwa dalam agrgrat tanah itu terdapat ruang berpori yang dapat diisi air dan udara dan sekaligus mantab keadaannya.
 
IV. ALAT DAN BAHANAlat
- skop- plasti- higrometer - tali rafia- patho- meteran- lup
Bahan
- Tanah
V. LANGKAH KERJA
mengukur keadaan tanah antara lain pH tanah, kelembabantanah warna tanah dan tekstur tanahmenggali tanah sedalam 5 cm, mengamati hewanmelanjutkan galian tanah sedalam 30 cm, mengamati hewanmemisahkan tanah dengan hewan tanah ,kemudian hewan ditaruhdidalam plastik yang berbedamenentukan lokasi pengamatan di hutan jurdik FMIPA di lahan utaragreen housemembuat 3 plot secara acak, dengan luas 1m x 1mmelakukan kegiatan yang sama pada plot 2 dan plot 3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->