Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
11Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SKKNI+KETENAGALISTRIKAN_DISTRIBUSI+TENAGA+LISTRIK

SKKNI+KETENAGALISTRIKAN_DISTRIBUSI+TENAGA+LISTRIK

Ratings: (0)|Views: 3,285|Likes:

More info:

Published by: Frey Sanderz de Taylor on Apr 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
1
LAMPIRANKEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIANOMOR : KEP. / MEN / / 2007TENTANGPENETAPAN STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL INDONESIASEKTOR KETENAGALISTRIKANSUB SEKTOR KETENAGALISTRIKANBIDANG DISTRIBUSI TENAGA LISTRIKBAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Tidak dapat disangkal lagi bahwa listrik adalah bentuk energi yang saat inimerupakan penyandang kehidupan masyarakat yang sangat berarti baik dalamaspek untuk menunjang produktivitas maupun yang berkaitan dengan unsur-unsur lain yang terkait dengan kualitas kehidupan, seperti kenyamanan dankemampuan untuk mengembangkan diri, listrik telah merupakan sesuatukomoditas kebutuhan primer dalam kehidupan kita.Pada umumnya bagi konsumen listrik yang telah mendapat suplai energi listrikdan menjadikan bagian dari kehidupannya, listrik adalah sesuatu yang
taken for granted 
harus ada sesuai dengan kebutuhannya, kapanpun diperlukan.Sebaliknya bagi masyarakat yang belum terjangkau oleh suplai tenaga listrik,sangat mendambakan kehadiran listrik dalam kehidupannya. Listrik dilihatsebagai sesuatu yang dapat mengubah pola hidupnya dan merasakan sebagaibagian dari kehidupan abad ini. Disinilah letaknya dimensi sosial yang sangatpenting dalam pembangunan negara.Maka dari itu disamping melihat kekuatan
supply 
dan
demand 
dalam bidangkelistrikan, listrik mengandung unsur pemerataan pembangunan dan simbolkemajuan masyarakat.Untuk berbagai penggunaan, listrik adalah bentuk energi yang sangat fleksibelbaik ditinjau dari kemungkinan konversinya maupun transmisinya. Akan tetapienergi listrik sulit disimpan, jadi harus dibangkitkan pada saat dibutuhkan.
 
2
Dengan demikian maka kontinuitas suplai listrik menjadi permasalahan utamadalam manajemen kelistrikan baik dari segi perencanaan maupun dari segioperasi.Dari aspek pengelolaan kelistrikan, maka peranan sumber daya manusia menjadifaktor yang sangat penting khususnya dalam menjamin kestabilan ataukontinuitas suplai energi listrik dari proses pembangkitan, transmisi, distribusisampai ke konsumen. Untuk menjamin hal tersebut, maka dibutuhkan adanyasuatu acuan yang komprehensif dalam pengelolaan kelistrikan nasional. Acuanyang komprehensif dimaksud bersifat nasional serta memberikan gambarantentang kemampuan atau kompetensi SDM yang mengelola kelistrikan.Untuk memperoleh SDM yang berkualitas yang dapat mengelola sistemkelistrikan, perlu didukung dengan sistem pendidikan dan pelatihan keahliansecara nasional yang dikembangkan bersandar pada kebutuhan riil di dunia kerja.Oleh karena itu, salah satu komponen yang harus ada adalah standarkompetensi kerja yang dikembangkan dari kebutuhan riil dunia industri/usahasebagai acuan untuk mengembangkan program dan kurikulum pendidikan danpelatihan baik secara formal maupun non formal.Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor KetenagalistrikanSub Sektor Ketenagalistrikan Bidang Distribusi Tenaga Listrik ini disusun sebagaiacuan dalam pengembangan SDM sektor ketenagalistrikan khususnya di bidangdistribusi tenaga listrik. Disamping itu pula standar ini diharapkan dapat memilikiekuivalensi dan kesetaraan dengan standar-standar yang relevan dan berlakusecara internasional.
B. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan ditetapkannya Standar Kompetensi Kerja Nasional IndonesiaBidang Distribusi Tenaga Listrik adalah :1. Mendapatkan gambaran mengenai kompetensi kerja, berupa keahlian dibidang distribusi tenaga listrik2. Tersedianya SKKNI Bidang Distribusi Tenaga Listrik yang mengacu kepadaKepmenakertrans No. 227/MEN/2003 dan No. 069/MEN/2004 tentang TataCara Penetapan SKKNI, yang berorientasi kepada kebutuhan riil di industri.
 
3
3. Dimilikinya SKKNI Bidang Distribusi Tenaga Listrik yang selaras dan sesuaidengan
best practice 
layanan ketenagalistrikan dan peraturan/ perundangan yang terkait.
C. Pengertian1. Kompetensi Kerja
Kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan,keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.
2. Konsep SKKNI
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang selanjutnya disebut SKKNIadalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan,keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan denganpelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai denganketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
D. Model Standar Kompetensi
Standar Kompetensi Kerja Bidang Distribusi Tenaga Listrik disusun dandikembangkan mengacu pada
Regional Model of Competency Standard 
(RMCS)sebagaimana telah ditetapkan dalam Kepmenakertrans No. 227/MEN/2003 danNo. 069/MEN/2004 tentang Tata Cara Penetapan SKKNI.
E. Mengapa Standar Kompetensi Dibutuhkan
Standar Kompetensi dibutuhkan oleh lembaga/institusi yang berkaitan denganpengembangan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan masing-masing :
1. Untuk lembaga/institusi pendidikan dan pelatihan kerja
a. Memberikan informasi untuk pengembangan program kurikulum dansilabusb. Menjadi acuan dalam penyelenggaraan pendidikan pelatihan kerja,penilaian peserta pelatihan/pekerja berpengalaman melalui uji kompetensidan sertifikasi
2. Untuk pasar kerja dan dunia usaha/industri serta pengguna tenaga kerja
a. Membantu dalam proses rekruitmen tenaga kerjab. Membantu penilaian unjuk kerjac. Membantu pembuatan uraian jabatan pekerjaan/keahlian tenaga kerjad. Membantu pengembangan program pelatihan kerja spesifik berdasarkankebutuhan spesifik pasar kerja dan dunia usaha/industri.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
sulkhan_kacung liked this
nmulyono liked this
kosp liked this
Paulus Tangkere liked this
kinarum88 liked this
Aripin Pinto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->