Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sindrom mata kering

sindrom mata kering

Ratings: (0)|Views: 260|Likes:
Published by Arinanda Kurniawan

More info:

Published by: Arinanda Kurniawan on Apr 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUAN
Sindrom mata kering adalah suatu gangguan pada permukaan mata yangditandai dengan ketidakstabilan produksi dan fungsi dari lapisan air mata. Angkakejadian Sindroma Mata Kering ini lebih banyak pada wanita dan cenderungmeningkat sesuai dengan peningkatan usia. Banyak diantara penyebab sindrommata kering mempengaruhi lebih dari satu komponen film air mata atau berakibatperubahan permukaan mata yang secara sekunder menyebabkan film air matamenjadi tidak stabil. Ciri histopatologik termasuk timbulnya bintik-bintik keringpada kornea dan epitel konjungtiva, pembentukan filamen, hiangnya sel gobletkonjungtiva, pembesaran abnormal sel epitel non-goblet, peningkatan stratifikasisel, dan penamhaban keratinasi.
1
 Pasien dengan mata kering paling sering mengeluh tentang sensasi gatalatau berpasir (benda asing). Gejala umum lainnya adalah gatal, sekresi mukusberlebihan, tidak mampu menghasilkan air mata, sensasi terbakar, fotosensitivitas,merah, sakit, dan sulit menggerakkan palpebra.
2
Pada kebanyakan pasien, ciripaling luar biasa pada pemeriksaan mata adalah tampilan yang nyata-nyatanormal. Ciri yang paling khas pada pemeriksaan slitlamp adalah terputus atautiadanya meniskus air mata di tepian palpebra inferior. Benang-benang mukuskental kekuning-kuningan kadang-kadang terlihat dalam fornix conjungtivae
 
 2
inferior. Pada konjungtiva bulbi tidak tampak kilauan yang normal dan mungkinmenebal, edema dan hiperemik.
3
Mata kering merupakan salah satu gangguan yang sering pada mata,persentase insidenisanya sekitar 10-30% dari populasi, terutama pada orang yangusianya lebih dari 40 tahun dan 90% terjadi pada wanita. Frekuensi insidensiasindrom mata kering lebih banyak terjadi pada ras Hispanik dan Asiadibandingkan dengan ras kaukasius.
4
Untuk itulah penulis ingin mengupas lebih dalam mengenai sindrom matakering, selain sebagai tugas telaah ilmiah sebagai syarat untuk menjalani kegiatankepanitraan senior (KKS) di departemen Mata RSMH Palembang, telaah ilmiahini juga diharapkan dapat digunakan pembaca untuk menambah ilmu, khususnyamengenai sindrom mata kering.
 
 3
BAB IIANATOMI DAN FISIOLOGII.
 
Anatomi
Kompleks lakrimalis terdiri atas glandula lakrimalis, glandulae lakrimalisaksesori, kanalikuli, sakus lakrimalis, dan duktus nasolakrimalis.
1
Glandula lakrimalis terdiri atas struktur dibawah ini:1.
 
Bagian orbitaBerbentuk kenari yang teretak didalam foss lakrimalis di segmentemporal atas anterior dari orbita, dipisahkan dari bagian palpebra olehkornu lateralis dari muskulus levator palpebrae. Untuk mencapaibagian ini dari kelenjar secara bedah, harus diiris kulit, muskulusorbikuaris okuli, dan septum orbitale.
1,6
2.
 
Bagian PalpebraeBagian palpebrae yang lebih kecil terletak tepat di atas segmentemporal dari forniks konjungtivae superior. Duktus sekretoriuslakrimalis, yang bermuara kira-kira sepuluh lubang kecil,menghubungkan bagian orbital dan palpebrae glandula lakrimalisdengan forniks konjungtivae superior. Pembuangan bagian palpebraedari kelenjar memutuskan semua saluran penghubung dan dengandemikian mencegah kelenjar itu bersekresi.
1,6

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nana Sulistia liked this
Nitha Brokline liked this
Bang Eza' liked this
Agung Nugroho liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->