Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
81Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Bahasa Gaul

Makalah Bahasa Gaul

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 18,452|Likes:
Published by Waluyo Ciel

More info:

Published by: Waluyo Ciel on Apr 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2014

pdf

text

original

 
 1
MAKALAH KAJIAN KEBAHASAAN
BAHASA GAUL SEBAGAI TUTURBAHASA REMAJA
DISUSUN OLEH :
ERA BUDI WALUYO091644047
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYAFAKULTAS ILMU PENDIDIKANPENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR2009
 
 2
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Akhir-akhir ini, banyak orang tua yang mengeluhkan tutur bahasa anak-anaknyayang amburadul, sulit dimengerti dan semakin jauh dari sopan santun. Memang bahasaanak muda zaman sekarang cenderung lebih ³arogan´ jika di bandingkan dengan zamandulu, tapi itulah yang namanya perubahan. Arus teknologi dan pengetahuan kini sudahsemakin maju, begitu juga cara berpikir anak-anak muda zaman sekarang juga semakin³melaju´ cepat.Bahasa gaul penuh rahasia. Hanya remaja yg bisa mengkomunikasikan secaraaktif. Hal ini di sebabkan bahasa remaja hasil campur aduk berbagai bahasa dengan berbagai perubahan. Dalam kacamata psikologi, remaja merupakan masa tumbuh adolescence (tumbuh menjadi dewasa). Dilapangan,sistem tidak memihak remaja. Guru-gurukita mewasiatkan penggunaan bahasa yg baik dan benar. Celakanya, banyak guru yangmenjejali konsep ejaan yang disempurnakan(EYD) dalam berkomunikasi. Hasilnya penggunaan bahasa terkesan kaku dan formal. Akhirnya para remaja mencoba keluar dari kekakuan bahasa ini, yaitu dengan menggunakan bahasa gaul.Mengingat semakin berkembangnya arus komunikasi, maka siswa telahmengesahkan pemakaian bahasa gaul di setiap situasi dan tidak memperhatikan keadaandengan siapa dan dimana mereka menggunakan bahasa tersebut. Kalau hal itu sampaidibiarkan terus terjadi, maka sikap kesopanan berbahasa sebagai bentuk kesopananterhadap orang yang lebih tua sudah terabaikan.Bahasa gaul bukan hanya milik anak kota, anak desapun fasih melafalkanya.Berarti bahasa gaul merupakan gejala sosial dan fenomenal. Karya seni tulis seperti puisi, naskah drama, dan novel pun banyak yang berbahasa gaul. Jangkauan bahasa gaulsemakin luas dengan bertebaranya produk tren budaya pop-film dan musik. Begitulah bahasa remaja, berkembang seiring dinamisasi zaman. Terus bergerak seiring jalanya peradaban.Bahasa gaul remaja sebagai variasi bahasa mempunyai karakteristik tersendiriyang membedakan tutur remaja dengan tutur bahasa yang lain. Karakteristik bahasagaul remaja tampak pada pilihan kosakata, ungkapan, pola, dan strukturnya.
 
 3
emaja sebagai kelompok sosial tertentu yang ada di dalam masyarakatmenggunakan bahasa gaul tidak hanya ketika berkomunikasi dengan anggotakelompoknya, tetapi juga dengan kelompok generasi tua. Selain itu, bahasa gaul rermajamemiliki keunikan-keunikan yang bersifat kreatif dan memiliki nilai sosial tersendiri.Oleh karena itu, makalah kami yang berjudul ³
Bahasa Gaul Sebagai Tutur BahasaRemaja´
sangat
 
menarik untuk disimak.
1.2 Rumusan Masalah
 
umusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:1). Bagaimana perkembangan bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja di Indonesia saatini?2). Bagaimana sejarah pemakaian bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja di Indonesia?3). Bagaimana ciri-ciri bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja di Indonesia?4). Bagaimana bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja menjadi solidaritas kaum mudadi Indonesia?5). Bagaimana distribusi geografis bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja diIndonesia?
1.3 Tujuan
Secara umum, tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah untuk memeriksa pemakaian bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja. Secara khusus, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah:1). Mendiskripsikan perkembangan bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja diIndonesia saat ini.2). Mendiskripsikan sejarah pemakaian bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja diIndonesia.3). Mendiskripsikan ciri-ciri bahasa gaul sebagai tutur bahasa remaja di Indonesia.

Activity (81)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
diki nur permadi liked this
Linta Nanda liked this
bambangmps liked this
Raymond Nanda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->