Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
teori kepemimpinan trasformasional dan transaksional

teori kepemimpinan trasformasional dan transaksional

Ratings: (0)|Views: 172 |Likes:
Published by Raden

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Raden on Apr 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/04/2012

pdf

text

original

 
Review teori-teori kunci kepemimpinan1. Teori Trait
Teori ini mempercayai bahwa pemimpin memiliki cara yang bervariasi karenamereka memiliki karakteristik atau disposisi yang sudah melekat dalam dirinya. Ada 5karakteristik kepemimpinan yang utama menurut teori ini : yaitu percaya diri, empati,ambisi, control diri dan rasa ingin tahu.Teori ini mengatakan bahwa anda dilahirkan sebagai emimpin dan bahwakepemimpinan tidak dapat dipelajari.
2. Teori Situational
 Teori ini menekankan bahwa kepemimpinan muncul dalam situasi yang berbedauntuk menyesuaikan perbedaan kebutuhan dan lingkungan. Teori ini dikembangkan lebihdulu oleh Blanchard & Hersey (1976), yang mengatakan bahwa pemimpn perlu memilikiperbedaan untuk menyesuaikan kebutuhan dan maturitas pengikut, tidak ada cara yangpaling baik bagi gaya kepemimpinan. Leaders perlu mengembangkan gaya kepemimpinandan dapat mendiagnosa yang mana pendekatan yang sesuai untuk digunakan pada suatusituasi.
3. Transactional and transformational Leadership
Pertama kali dikembangkan oleh James McGregor Burns tahun 1978. dankemudian dikembangkan oleh Bass dan lain-lain.Kepemimpinan ini menggunakan pendekatan kepada bawahan denganmenukarkan sesuatu untuk yang lainnya (seperti menggunakan financial atau statusinsentif). Kepemimpinan transaksional berdasarkan pada pemikiran memberikan motivasikepada bawahan melalu bentuk instrument seperti uang atau system reward. Bass et al(1987) berpendapat bahwa kepemimpinan transformasional adalah universal dan dapatdiaplikasikan tanpa memperhatikan budaya, memberi semangat pada bawahan untuklebih mementingkan organisasi atau kelompok. Kepemimpinan transformasional lebihmenkonsentrasikan pada pengembangan bawahan daripada pencaaian target(Kepemimpinan transaksional) dan dalam beberapa buku kepemimpinan transformasionalsama dengan leadership berlawanan dengan kepemimpinan transaksional yangdisamakan dengan manajemen.
 
Leadership dan perubahan
Kouzes dan Posner (1987) melakukan pengamatan dan menunjukkan bahwaketrampilan kepemimpinan dapat dipelajari. Kouzes & Posner mengemukakan 5 langkahproses yang mana seorang leader dapat melakukan sesuatu :a. Tantangan adalah proses mendorong orang lain berani mengambil risikob. Bersemangat untuk mencapai visic. Memungkinkan bawahan untuk bertindakd. Menjadi modele. Mendorong dan mendukung dengan hatiPenerapan kelima langkah ini memiliki arti bahwa seorang leader perlu untukbelajar bagaimana menjadikan timnya sebagai kekuatan yang positif 
Leadership bagi asuhan kesehatan professional
Satu dari kesulitan memperlihatkan kepemimpinan pada asuhan kesehatanprofessional adalah banyaknya teori yang tidak dikembangkan dalam konteks asuhankesehatan. Biasanya teori-teori dikembangkan dalam konteks bisnis dan kemudiandiaplikasikan pada pelayanan kesehatan. Dan juga sebagian besar riset yangdipublikasikan mengenai kepemimpinan pelayanan kesehatan sedikit sekali menjelaskankejadian-kejadian yang berdampak pada perbaikan perawatan pasien atau sasaranorganisasi (Vance & Larson, 2002).
Keterbatasan dominansi diri dan pengaruh interpersonal
Drath (2001) memberikan satu kritik yang menarik mengenai teori leadership “Dominansidiri (teori trait dan kepemimpinan yag karismatik) dan pengaruh interpersonal(kepemimpinan transformative, kepemimpinan transaksional dan teori kontingensi)”.
Pengembangan leaders dan leadership : definisi pengembangan leadership
Yukl (1998) menjelaskan bahwa leadership dan manajemen adalah berbeda tetapisaling terkait. Wexley & Baldwin (1986) menguraikan bahwa pengembangan manajemenyang utama adalah sebagai edukasi dan pelatihan dengan menekankan kepada jenis-jenis pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan khusus yang akan diperoleh.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->