Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SISTEM PENDINGIN MESIN

SISTEM PENDINGIN MESIN

Ratings: (0)|Views: 431 |Likes:
Mesin akan mengalami panas yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.
Sistem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu.
Mesin akan mengalami panas yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.
Sistem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu.

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: iyandri tiluk wahyono on Apr 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
Sistem Pendingin Mesin
Kendaraaan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupunsebagian efisiensi panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panasyang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.Sistem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin didinginkanoleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin mobil kebanyakanmenggunakan sistem pendinginan air.Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi mempunyai banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam bunyi. Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator,kipas radiator, pompa air dan komponen komponen lain pendukungnya. Komponen – Komponen Sistem Pendinginan dan Fungsinya:1.
 
Water JacketJika mesin dibelah maka akan terlihat ada ruang-ruangan seperti saluran air yang menyelimutiruang bakar dan komponen di sekitarnaya. Saluran itu adalah tempat bersirkulasinya air  pendingin di dalam mesin.2.
 
Thermostat
 
Thermostat seperti katup otomatis yang mengatur masuk atau tidaknya air pendingin masuk keradiator. Cara kerjanya jika air pendingin yang berada di water jacket masih dingin makathermostat tidak akan membuka saluran ke radiator karena uap yang dari panasnya tidak mempuuntuk membuka katup thermostat maka air pendingin itu akan kembali untuk bersirkulasi didalam mesin melalui saluran by pass. Thermostat akan membuka kira-kira ketika temperatur air  pendingin antar 80 – 900C (176 – 1940F).3.
 
Radiator Ketika Thermostat membuka karena temperatur air pendinginnya telah panas maka air pendinginitu harus segera didinginkan. Komponen nya adalah radiator. Bagian-bagian radiator adalah adareservoir(tangki cadangan), tutup radiator, radiator bagian atas,inti radiator, dan radiator bagian bawah. Reservoir (tangki cadangan) berfungsi sebagai tangki cadangan bila air pada radiator  berlebihan. Inti tadiator terdiri dari sirip-sirip tempat saluran air pendingin yang nantinya akandipercepat pendinginan nya oleh kipas radiator. Jika air pendingin telah didinginkan oleh intiradiator dibantu dengan kipas radiator maka ai pendingin itu akan masuk ke radiator bagian
 
 bawah yang nantinya akan masuk ke mesin untuk bersirkulasi di dalam mesin di water jacket.Air pendingin masuk ke radiator ataupun keluar dari radiator menuju mesin di hubungkan olehselang radiator yang tahan panas.4.
 
Kipas Radiator dan Pompa Air Kipas Radiator Waterpump (Pompa Air Mobil)Berfungsi untuk mempecepat proses pendinginan air pendingin yang telah panas. Kipas radiator ada yang digerakkan secara mekanik oleh poros engkol dan ada pula yang digerakkan oleh motor listrik yang menempel di kipas radiator itu.Sedangkan untuk mempercepat bersirkulasinya air  pendingin di dalam mesin maka pompa air lah yang mempercepat sirkulasinya.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Angga Azhar liked this
Muammar Habie liked this
Khoirul Anam liked this
Thosu Yanto liked this
batlax liked this
Nasrun Gayo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->