Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Toko Buku Online

Toko Buku Online

Ratings: (0)|Views: 58 |Likes:
Published by Dyah Rahayu

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Dyah Rahayu on Apr 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

pdf

text

original

 
TUGAS 1BASIS DATASEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2009 - 2010Oleh:JURUSAN TEKNIK INFORMATIKAFAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASISimson P. Situmeang 5108100086Dyah Rahayu 5108100119
 
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER 
1. Apa yang anda pahami tentang basis data?
Pengertian basis data dari beberapa sudut pandang :
Menurut ConnolyBasis data adalah kumpulan data yang dihubungkan secara bersama-sama, dangambaran dari data yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi dari suatuorganisasi.
Menurut DateBasis data adalah kumpulan terintegrasi dari file yang merupakan representasi datadari suatu model enterprise.
Menurut FathansyahFathansyah mempunyai 3 definisi mengenai basis data, yaitu:1) Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasisedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat danmudah.2) Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersamasedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
3)
Kumpulan
file
/ tabel / arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalammedia penyimpanan elektronis.
Dari beberapa pengeritian di atas dan beberapa sumber lain, yang kelompok kamiketahui mengenai basis data adalah :Basis data adalah himpunan kelompok data ( arsip ) yang saling berhubunganyang disimpan secara bersama sedemikian rupa tanpa perulangan ( redundancy) yang
Tugas 1 Basis Data
2
 
diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang diorganisasi sedemikian rupaagar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.Basis data dibuat agar manusia sebagai pengguna basis data mendapatkankemudahan dalam mengatur atau mengorganisasi data yang ada, mulai daripenyimpanan, manipulasi atau melakukan perubahan, penghapusan, sampaimengambil kembali data – data yang ada. Dalam system konvensional, pengelolaandata dilakukan dengan cara menyimpan record – record pada file – file yang terpisah.Sistem pengelolaan tersebut dinamakan system pemrosesan file. Dengan systemtersebut pengguna yang akan mengakses kembali data – data yang telah tersimpanakan mengalami kesulitan karena masing – masing data hanya dapat diakses dengansatu cara akibat tidak adanya hubungan antar basis data.Dengan pengorganisasian data yang jelas, maka kita dapat menghematpenggunaan ruang penyimpanan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan, misalnyadengan cara penggunaan kode terhadap tiap jenis data yang ada. Dengan adanyapengkodean terhadap data maka tidak akan terjadi penyimpanan data yang sama( jumlah redundansi ). Data data yang ada dapat dikelompokkan ke dalamklasifikasi – klasifikasi tertentu dan masing – masing mempunyai relasi tertentu.Cara penghematan runag penyimpanan yang lain yaitu dengan cara mengambilinformasi dari keterkaitan yang telah ada jika pengguna membutuhkan data tertentu.Basis data juga memberikan jaminan bahwa data yang tersedia adalah datasebenarnya. Keakuratan tersebut didukung dengan adanya relasi antar kelompok tertentu yang telah terbentuk sehingga ketika ada suatu data yang mengalamiperubahan, maka data terkait akan ikut berubah tanpa kita melakukan secara manual.Perubahan yang langsung diterapkan pada data terkait secara system akanmeminimalkan adanya kesalahan manusia.
2. Mengapa basis data perlu diterapkan?
Penerapan basis data dapat membantu kita dalam mempermudah pengolahan informasi. Halini dikarenakan basis data memiliki beberapa kelebihan yaitu :a. Kecepatan dan Kemudahan (speed)Dengan penngunaan basis data kita dapat mengelola data (menyimpan, mengubah,menampilkan, dsb.) dengan lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan cara manual.b. Efisiensi Ruang Penyimpanan (space)
Tugas 1 Basis Data
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->