Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN BATANG MAGNET (EXPERIMENT)

LAPORAN BATANG MAGNET (EXPERIMENT)

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 1,393 |Likes:
Published by mvp_bball

More info:

Published by: mvp_bball on Apr 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2014

pdf

text

original

 
BATANGMAGNET
OLEH:IWAN SEPTIAWANG1B008026LABORATORIUM FISIKAFAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
1
 
UNIVERSITAS MATARAM2010
BAB I. PENDAHULUAN
Latar Belakang
kita mengetahui bahwa Sebuah magnet akan dapat menarik benda-benda yang terbuatdari besi. Semua magnet, bentuk batang atau tapal kuda memiliki dua ujung atau mata,yangdisebut kutub, dimana efek magnet paling kuat. Jika dua magnet didekatkan, masing-masingakan memberikan gaya pada yang lainnya. Gaya tersebut bisa tarik-menarik atau tolak-menolak dan dapat dirasakan bahkan saat magnet-magnet tersebut tidak bersentuhan.
Kemagnetan mempunyai sifat yaitu mampu menarik besi. Daerah pada magnet yangmempunyai kekuatan menarik besi terbesar yaitu pada daerah yang terletak diujung-ujungmagnet dan disebut kutub magnet. Pada setiap magnet selalu ada dua kutub yaitu kutub utaradan kutub selatan.Bila sebuah magnet batang dipotong ditengah menjadi dua bagian, maka akan terjadi kutub-kutub baru dengan polaritas yang berlawanan pada kedua ujung potongan. Setiap seperduamagnet batang itu memiliki sebuah kutub utara dan sebuah kutub selatan. Jadi setiap magnetyang dipotong dua akan menghasilkan dua magnet baru yang lebih kecil. Bagian terkecilsekalipun yang telah dipotong akan bersifat magnet. Bagian-bagian magnet kecil yangmenyusun sebuah magnet disebut magnet elementer. Semua bahan magnetik seperti besi ataubaja tersusun dari magnet-magnet elementer juga. Dalam besi atau baja yang bersifat magnetterletak magnet-magnet elementer yang tidak teratur (berarah secara acak) dan arahnyamembentuk hubungan tertutup. Sehingga tidak memberikan pengaruh magnetik keluar. Arah-arah magnet elementer dapat diubah menjadi teratur dengan jalan mendekatkan magnet tetappada bahan magnetik atau dengan jalan menggosokkan kutub magnet tetap pada bahan feromagnetik dalam satu arah secara terus menerus. Tetapi yang lazim digunakan adalah dengancara melilitkan kumparan berarus bahan magnetik sehingga bahan tersebut menjadi magnet.Bila pada besi atau baja itu didekatkan dengan sebuah magnet atau lilitan kumparan berarus,maka sebagian atau seluruh magnet-magnet elementer arahnya menjadi teratur. Magnet-magnet elementer mengarahkan diri sedemikian rupa, sehingga kutub utara dan kutub selatanmasing-masing magnet elementer menghadap kearah yang sama dan akhirnya besi atau bajaitu akan menjadi magnet. Kemagnetan menyebabkan semua magnet elementer mengarahkandiri sehingga membentuk kutub utara dan kutub selatan pada satu arah yang sama. Semakinbanyak magnet-magnet elementer yang mengarahkan diri didalam bahan magnetik, makasemakin kuat pengaruh magnetiknya.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana pengaruh jarak pada sebuah batang magnet terhadap kuat medannya?2. Berapa besar kuat medan magnet pada sebuah atau 2 buah batang magnet pada jaraktertentu?3. Bagaimana pengaruh perbedaan atau kesamaan kutub-kutub magnet terhadap besar kuatmedannya pada jarak tertentu?
2
 
Tujuan
1. Untuk mengetahui pengaruh perubahan jarak pada sebuah batang magnet terhadap kuatmedannya.2. Untuk menentukan besar kuat medan magnet pada sebuah atau 2 buah batang magnetpada jarak tertentu.3. Untuk mengetahui pengaruh perbedaan atau kesamaan kutub-kutub magnet terhadap besarkuat medannya pada jarak tertentu.
B
. DASAR TEORI
Suatu bahan disebut magnet apabila mempunyai dua karakteristik yaitu :a. Efek gaya (magnet dapat menarik besi). Magnet batang yang dicelupkankedalam serbuk besi akan menarik sejumlah serbuk tersebut. Sebagian besar serbuk besi akan menempel pada kedua ujung magnet batang, sedangkan padabagian tengah magnet batang hampir tidak ada yang menempel. Ujung-ujungmagnet batang yang paling banyak menarik serbuk besi dinamakan kutub magnet.Jadi bagian magnet yang gaya tariknya paling besar adalah kutub-kutub magnet.Bila dua buah magnet didekatkan maka kutub magnet yang senama akan tolakmenolak dan sebaliknya bila kutub magnet yang tidak senama didekatkan akantarik menarik (Halliday. 1985 : 267).b. Efek pengarahan (jika dapat bergerak bebas, magnet akan mengarah ke utaradan selatan). Efek pengarahan banyak dimanfaatkan dalam pembuatan kompasyang banyak digunakan untuk navigasi dalam pelayaran atau lainnya.Dikarenakan bumi merupakan sebuah magnet raksasa, maka jarum kompas dapatberputar bebas dan selalu mengambil posisi menunjukkan kearah utara danselatan. Jadi setiap magnet memiliki satu kutub utara dan satu kutub selatan yangdisebabkan oleh efek pengarahannya.
Macam-macam Magnet.
Berdasarkan sifat kemagnetannya magnet dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :a. Magnet permanen. Magnet permanen adalah suatu bahan yang dapatmenghasilkan medan magnet yang besarnya tetap tanpa adanya pengaruh dariluar atau disebut magnet alam karena memiliki sifat kemagnetan yang tetap.
3

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
mmm7777mmm liked this
Kartika Myiesha liked this
Safita Nurmalyya liked this
Juniar Ginting liked this
Asni Siburian liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->