Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
8Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Biologi: Persebaran Fauna Indonesia

Biologi: Persebaran Fauna Indonesia

Ratings: (0)|Views: 5,360|Likes:
Published by Adien Gunarta
persebaran fauna indonesia
persebaran fauna indonesia

More info:

Published by: Adien Gunarta on Apr 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
Tugas Biologi
 
1. Persebaran Flora Fauna Indonesia
 Wilayah Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi sehingga oleh beberapapihak wilayah ekologi Indonesia disebut dengan istilah "Mega biodiversity" atau "keanekaragamanmahluk hidup yang tinggi umumnya dikenal sebagai Indomalaya atau Malesia bedasarkanpenelitian bahwa 10 persen tumbuhan, 12 persen mamalia, 16 persen reptil, 17 persen burung, 25persen ikan yang ada di dunia hidup di Indonesia, padahal luas Indonesia hanya 1,3 % dari luas Bumi.Kekayaan makhluk hidup Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah Brasil dan RepublikDemokratik Kongo.
1.1 Persebaran Fauna Indonesia
 Fauna Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentukkepulauan tropis. Keanekaragaman yang tinggi ini disebabkan oleh Garis Wallace, membagiIndonesia menjadi dua area; zona zoogeografi Asia, yang dipengaruhi oleh fauna Asia, dan zonazoogeografi Australasia, dipengaruhi oleh fauna Australia. Pencampuran fauna di Indonesia jugadipengaruhi oleh ekosistem yang beragam diantaranya: pantai, bukit pasir, muara, hutan bakau, danterumbu karang.
1. Fauna Asiatis
 Wilayah = Indonesia bagian barat (sumatera, jawa, kalimantan hingga selat makassar dan selatlombok)Hewan = badak, harimau, orangutan, gajah, dsb.
2. Fauna Peralihan dan Fauna Asli 
 Wilayah = Indonesia bagian tengah (sulawesi dan nusa tenggara)Hewan = Babi rusa, kuskus, burung maleo, kera, dll.
3. Fauna Australis
 Wilayah = Indonesia bagian timur (papua)Binatang = Burung cendrawasih, burung kakatua, kangguru, dsb.
 
 
1.2 Persebaran Flora
Persebaran flora di Indonesia terbentuk karena adanya peristiwa geologis yang terjadi pada jutaantahun yang lalu, yaitu pada masa pencairan es (zaman glasial). Pada saat itu terjadi pencairan essecara besar-besaran yang menyebabkan naiknya permukaan air laut di bumi, hal ini menyebabkanbeberapa wilayah yang dangkal kemudian menjadi tenggelam oleh air laut dan membentuk wilayahperairan yang baru.Beberapa wilayah perairan baru di sekitar Indonesia yang terbentuk pada masa berakhirnya zamanglasial itu adalah Laut Jawa yang terdapat di daerah Dangkalan Sunda dan Laut Arafuru yangterdapat di daerah Dangkalan Sahul. Terbentuknya perairan baru di daerah dangkalan tersebutmenyebakan flora yang semula dapat dengan bebas bermigrasi akhirnya terhambat oleh perubahankondisi geologis.Jenis tumbuhan yang tersebar di wilayah Indonesia meliputi hutan tropis, hutan musim, hutanpegunungan, hutan bakau dan sabana tropis. Persebaran flora di wilayah Indonesia itu sendiriterbagi ke dalam 4 kelompok besar wilayah flora Indonesia, yaitu :
a. Wilayah Flora Sumatra-Kalimantan
Tersebar di pulau Sumatra dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitarnya (Nias, Enggano,Bangka, Belitung, Kep. Riau, Natuna, Batam, Buton dll). Contoh flora khas yang tumbuh adalahBunga Bangkai (Raflesia Arnoldi)
b. Wilayah Flora Jawa-bali 
Tersebar di pulau Jawa, Madura, Bali dan kepulauan-kepulauan kecil disekitarnya (Kepulauan Seribu,Kep. Karimunjawa). Contoh flora khas yang tumbuh adalah pohon Burohal (Kepel).
 
 
. Wilayah Flora Kepulauan Walla
ea
Tersebar di pulau Sulawesi, Timor, Kepulauan Maluku dan Nusa Tenggara. Contoh flora yang tumuhadalah pohon Sagu.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
garasand liked this
gusmakmun liked this
Prabu Gomong liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->