Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kronologi Perang Dunia I Bag I

Kronologi Perang Dunia I Bag I

Ratings: (0)|Views: 4,482|Likes:
Published by Tiyo Widodo
Runutan peristiwa penting dalam Perang Dunia I. Rangkuman ini adalah bagian pertama.
Runutan peristiwa penting dalam Perang Dunia I. Rangkuman ini adalah bagian pertama.

More info:

Published by: Tiyo Widodo on Apr 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2012

pdf

text

original

 
Halaman|
0
KRONOLOGIPERANG DUNIA I
Bagian ISetiyo WidodoSumber:History of World War I, Volume 3
History/Military/World War I, World War, 1914-1918
 Marshall Cavendish Corporation, 2002Semarang, INDONESIAApril 2011
 
Halaman|
1
KRONOLOGI PERANG DUNIA I (BAGIAN I)
Perang. Sebuah istilah yang ditakuti oleh umat manusia sejak zamandahulu kala. Perang senantiasa meninggalkan kesan yang membekas.Tentu saja kesan yang menyakitkan, baik bagi pihak 'yang menang'maupun bagi pihak 'yang kalah'. Hati nurani seseorang yang sangatmanusiawi pasti tidak tega menghabisi nyawa orang lain. Coba tanyakankepada pilot pembawa 'little boy' dan 'fat man'. Apa yang mereka lakukanterhadap Nagasaki dan Hiroshima, hampir 66 tahun yang lalu, adalahsebuah dilemma. Dalam hati para pilot tersebut menangis, bahwasanyatindakan yang mereka lakukan akan memusnahkan ribuan orang di bawahsana.Menurut kesepakatan sejarah, perang besar pada era modern initelah terjadi dua kali, yakni pada periode 1914-1918 dan periode 1939-1945. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi mengenai peristiwa-peristiwa yang dianggap penting oleh sejarawan yang terjadi selamaPerang Dunia I (1914-1918). Sebelumnya saya mohon maaf bilapenyampaian saya dalam tulisan ini terkesan kaku, tidak bergaya, karenasaya tidak cakap dalam bergaya atau berlebay-lebay ria...hehe. Ya, harapmaklum karena saya bukan seorang 'pencerita yang tangguh'. Kita mulaipada tahun pertama (1914).
Tahun 1914
28 Juni: Terjadi pembunuhan terhadap Archduke Franz Ferdinand besertaisterinya. Pembunuhan ini terjadi di Sarajevo (sekarang ibukota Bosnia &Herzegovina) dan dilakukan oleh kelompok radikal Bosnia-Serbia, GavriloPrincip.23 Juli: Austria-Hungaria memberikan ultimatum berisi 10 (sepuluh)tuntutan kepada Serbia.25 Juli: Serbia menerima 8 dari 10 ultimatum di atas. Sikap Serbia ini tidakdisetujui oleh Austria-Hungaria dan sebagai imbasnya, putuslah hubungandiplomatik antara kedua negara.26 Juli: Kekuatan-kekuatan Eropa mulai menggeliat dan bergerak.28 Juli: Austro-Hungaria mengumumkan perang melawan Serbia.29 Juli: Kapal-kapal perang Austro-Hungaria yang bersiaga di SungaiDanube membombardir Beograd (ibukota Serbia). Serbia tidak tinggaldiam dan membalas serangan ini.
 
Halaman|
2
1 Agustus: Jerman mengumumkan perang melawan Rusia.3 Agustus: Jerman mengumumkan perang melawan Prancis dan Belgia.4 Agustus: Jerman menduduki Belgia. Pada waktu yang sama, Britaniamenyatakan perang terhadap Jerman, sedangkan Amerika Serikatbersikap netral.5 Agustus: Schlieffen Plan yang dirancang oleh pihak Jerman di bawahkomando Lundendorff dilanggar di kota Liege.6 Agustus: Austro-Hungaria mendeklarasikan perang melawan Rusiaberbarengan dengan tantangan Serbia kepada Jerman.7 Agustus: British Expeditionary Force (BEF) tiba di Prancis dan mulaimenduduki daerah Mons, Belgia.12-21 Agustus: Austro-Hungaria yang berkekuatan 200.000 orang tentaramenduduki Serbia. Pasukan 'tuan rumah' yang kalah jumlah bertarunghabis-habisan untuk mempertahankan diri dalam pertempuran di SungaiJadar. Luar biasa! Mereka berhasil mengusir pasukan Austro-Hungariapada tanggal 16 Agustus 1914.14-22 Agustus: Tentara Prancis menyerang Lorraine, Jerman melakukanserangan balik, memaksa Prancis pulang kandang ke Nancy.16 Agustus: Liege menyerah pada First Army dan Second Army Jermanyang merangsek wilayah tersebut lewat Sungai Meuse. Tentara Belgiamenyerah.17-19 Agustus: Tentara Rusia menduduki Prusia Timur namun berhasilditahan oleh Eight Army Jerman. Rusia dipukul mundur hinggaperbatasan.18 Agustus: Tentara Belgia kalah bertempur dan mundur ke kota Antwerp.Di sana ternyata telah menunggu tentara Jerman dan memaksa merekauntuk melarikan diri hingga perbatasan Prancis.19 Agustus: Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson, dalam pidatonyadi hadapan Senat, menatakan bahwa Amerika Serikat harus tetapbersikap netral 'untuk menyalamatkan jiwa umat manusia'.20 Agustus: Tentara Jerman merebut kota Brussels (ibukota Belgia).Hindenburg dan Ludenhoff mengambil komando tentara untuk front Timur.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dhedi Anzthoni added this note
ini ma kbnykn gg ada yg lbh sngkt lgi
Mbahe Mujab liked this
Andhika Aryana Gdb added this note
yang bagian 2 nya mna

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->