P. 1
BAB II

BAB II

Ratings: (0)|Views: 4,681 |Likes:
Published by my bro
contoh lap
contoh lap

More info:

Published by: my bro on Apr 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
BAB IILANDASAN TEORIA. Prinsip Dasar Animasi
Animasi berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”toanimate” yang berarti menggerakan. Jadi animasi dapat diartikan sebagai prosesperubahan bentuk atau properti obyek yang ditampilkan dalam kurun waktutertentu. Contoh:
Animasi perubahan bentuk dari kotak menjadi lingkaran.
Animasi perubahan properti koordinat x dan y objek (bergeser).
Animasi perubahan properti warna dari kuning menjadi merah.
Animasi perubahan properti ukuran, dari kotak kecil menjadi kotak besar.
Durasi
adalah waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan suatu tampilananimasi. Contoh, tampilan animasi pergeseran posisi obyek dari koordinat awal kekoordinat akhir diselesaikan dalam waktu 5 detik.Dalam Macromedia Flash, pengaturan durasi dilakukan denganmenggunakan
frame rate
dengan unit pengukurannya
fps
(
frame per second 
).Penentuan nilai fps berarti menentukan jumlah frame yang akan diputar dalamwaktu 1 detik. Sebagai contoh, jika suatu movie Flash menggunakan frame rate:12 fps, maka movie akan dimainkan dengan memutar 12 frame dalam 1 detik.
CATATAN
Frame merupakan tempat objek-objek movie diletakkan.
1
 
Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari binatang-binatang. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkansuatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif mediakomunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadicermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapapanel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsipdasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatanyang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melaluiperalatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusiacenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentusebagai suatu pola. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisadidefinisikan sebagai:
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentusehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.
2
 
B. JENIS-JENIS ANIMASI
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapatdikategorikan menjadi 3, yaitu:1. Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)2. Animasi Tradisional (Traditional animation)3. Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
B.1. Stop-motion animation
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalamperkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagaiobjek yang digerakkan . Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yangdihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya)yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memilikitingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi. 
. Gambar B.1 Salah satu adegan dari film Chiken Run dan adegan dari film CelebrityDeadmatch
3

Activity (52)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Putra Green Cool liked this
Qaseh Qaede liked this
Muhamad Ramadhan liked this
Alif Juanda liked this
Nur Nass liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->