Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
dodol nanas

dodol nanas

Ratings: (0)|Views: 652|Likes:
Published by L:
pemasaran agribisnis
pemasaran agribisnis

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: L: on Apr 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1. Latar Belakang
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran (Phillip Kotler :1999). Menurut McCarthy (Marwan Asri: 1991) berpendapat bahwa pemasaranmenyangkut perencanaan secara efesien penggunaan sumber-sumber danpendistribusian barang dan jasa dari produsen ke konsumen, sehingga tujuankedua pihak produsen dan konsumen tercapai.Agar pemasaran tersebut dapat berjalan lancar diperlukan promosi ataupromo. Promosi dapat digunakan sebagai komponen untuk memberitahu ataumempengaruhi pasar. Menurut Swastha (1998, p.222) promosi merupakan arusinformasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atauorganisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.Untuk mendapatkan respon dari konsumen terhadap kegiatan pemasaranyang dilakukan oleh suatu perusahaan, dibutuhkan sejumlah alat. Salah satu alatyang digunakan perusahaan dalam menyusun strategi pemasaran adalah denganmenggunakan bauran pemasaran. Salah satu bauran pemasaran yang pentingadalah bauran pemasaran promosi karena dapat menimbulkan rangkaian kegiatanselanjutnya dari perusahaan tersebut.
1.2. Tujuan
Diharapkan pengetahuan mengenai bauran pemasaran promosi dapatbertambah. Hal tersebut dikarenakan bauran pemasaran promosi merupakan salahsatu alat penting di dalam suatu perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut dapatmelakukan rangkaian kegiatan selanjutnya.
1
 
BAB IIPEMBAHASAN2.1. Pengertian Bauran Pemasaran Promosi
Bauran pemasaran promosi merupakan suatu usaha dalam agribisnis untuk memberitahu target pasar dengan cara yang tepat bahwa produk yang tepat untuk mereka dengan harga yang tepat yang berada dilokasi yang tepat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan Promotional mix yang merupakangabungan dari berbagai jenis promosi yang ada.Untuk itu sebelum melakukanpromosi sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang sebagai berikut :1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.
2.2. Empat Alat Utama Bauran Pemasaran Promosi
Bauran promosi terdiri dari empat alat utama yaitu:
2.2.1. Periklanan
Periklanan adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antarapenjual dan pembeli dengan segala macam bentuk komunikasi yang dibayadimana sponsor maupun perusahaan diidentifikasi seperti televisi, radio, koran,majalah, buku, surat langsung, papan reklame, dan kartu transit, internet,komputer, dan mesin faximili.
2
 
Salah satu keuntungan dari periklanan adalah kemampuannya untuk mengkomunikasikan kepada sejumlah besar orang pada satu waktu. Iklanmemiliki keunggulan untuk mampu menjangkau massa misalnya melalui jaringantelevisi nasional, tetapi juga mungkin hanya menjangkau target yang sempit darisejumlah calon pelanggan, seperti iklan televisi melalui jaringan kabel yangditargetkan atau melalui iklan cetak dalam majalah perdagangan.Fungsi-fungsi dari periklanan antara lain:a. Membantu memperkenalkan barang/jasa baru dan kepada siapa atau dimanabarang itu dapat diperoleh.b. Membantu dan mempermudah penjualan yang dilakukan oleh para penyalur.c. Membantu salesman mengenalkan adanya barang/jasa tertentu danpembuatannya.d. Memberikan atau penjualan kepada pembeli atau calon-calon pembeli.e. Membantu mereka yang melakukan penjualan.f. Membantu ekspansi pasar.
2.2.2. Publikasi
Publikasi merupakan salah satu promosi yang dilakukan melalui suatumedia berupa berita. Hal ini dapat dijumpai pada media-media seperti surat kabar,majalah, televisi, dan sebagainya. Biasanya, individu atau lembaga yangdipublikasikan tidak mengeluarkan sejumlah biaya, dan tidak dapat mengawasipengungkapan beritanya.Jika dibandingkan dengan alat promosi lain seperti periklanan, publikasimempunyai beberapa keuntungan antara lain:
Publikasi dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca sebuahiklan.
Publikasi dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisi lain yang mencolok.
3

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Besse Arfauni liked this
angky_ika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->