Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aplikasi dari GLB

Aplikasi dari GLB

Ratings: (0)|Views: 221 |Likes:
Published by Foloo Gulo

More info:

Published by: Foloo Gulo on Apr 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2014

pdf

text

original

 
Aplikasi dari GLB
Aplikasi dari Gerak Lurus Beraturan (GLB) dalam kehidupan sehari-hari agak sulitditemukan, karena biasanya kecepatan gerak benda selalu berubah-ubah. Misalnya ketikadirimu mengendarai sepeda motor atau mobil, laju mobilmu pasti selalu berubah-ubah. Ketikaada kendaraan di depanmu, pasti kecepatan kendaraanmu dikurangi, biar ga ciuman, belumjalannya padat dengan kendaraan atau mungkin jalannya berlubang dan banyak tikungan.Walaupun agak sulit ditemukan, tapi terdapat aplikasi GLB dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh pertama,
kendaraan yang melewati jalan tol. Walaupun terdapat tikungan pada jalantol, kendaraan beroda bisa melakukan GLB pada jalan tol. Pada jarak tertentu, lintasan jalantol lurus. Kendaraan yang bergerak pada jalan tol juga kadang mempunyai kecepatan yangtetap. Tetapi ini hanya berlangsung sementara alias beberapa menit saja.
Contoh kedua,
gerakan kereta api atau kereta listrik di atas rel. Lintasan rel kereta kadanglurus, walaupun jaraknya hanya beberapa kilometer. Kereta api melakukan GLB ketikabergerak di atas lintasan rel yang lurus tersebut dengan laju tetap.
Contoh ketiga :
kapal laut yang menyeberangi lautan atau samudera. Dirimu pernahmenumpang kapal laut-kah ? ketika melewati laut lepas, kapal laut biasanya bergerak padalintasan yang lurus dengan kecepatan tetap. Ketika hendak tiba di pelabuhan tujuan, biasanyakapal baru merubah haluan dan mengurangi lajunya. Gurumuda sering menggunakan kapallaut ketika liburan (mudik) jadi agak ngerti soal gerakan kapal laut.
Contoh keempat 
: gerakan pesawat terbang. Pesawat terbang juga biasa melakukan GLB.Setelah lepas landas, pesawat terbang biasanya bergerak pada lintasan lurus dengan denganlaju tetap. Walaupun demikian, pesawat juga mengubah arah geraknya ketika hendak tiba dibandara tujuan.Hanya empat contoh yang dapat gurumuda berikan. Silahkan dipikirkan sendiri lainnya. Ingatbahwa pada contoh yang disebutkan di atas, baik kendaraan beroda, kereta api atau keretalistrik, kapal laut dan pesawat terbang tidak melakukan GLB sepanjang lintasan gerakannya.Ketika mulai bergerak dari keadaan diam, kendaraan tersebut tidak melakukan GLB karenaterdapat percepatan yang membuat kendaraan tersebut mulai bergerak. Kendaraan melakukanGLB setelah menempuh jarak tertentu. Tidak ada contoh dalam kehidupan sehari-hari dimana benda melakukan GLB ketika mulai bergerak hingga berhenti.
Aplikasi GLBB dalam kehidupan sehari-hari.
GLBB merupakan gerak lurus berubah beraturan. Berubah beraturan maksudnya kecepatangerak benda bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur. Perubahan kecepatantersebut dinamakan percepatan. Nah, dalam kehidupan sehari-hari kayanya sulit bangetmenemukan benda yang melakukan gerak lurus berubah beraturan. Pada kasus kendaraanberoda misalnya, ketika mulai bergerak dari keadaan diam, pengendara biasanya menekanpedal gas (mobil dkk) atau menarik pedal gas (motor dkk). Pedal gas tersebut biasanya tidak ditekan atau ditarik dengan teratur sehingga walaupun kendaraan kelihatannya mulai bergerak dengan percepatan tertentu, besar percepatannya tidak tetap alias selalu berubah-ubah. ContohGLBB dalam kehidupan sehari-hari pada gerak horisontal alias mendatar nyaris tidak ada.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->