Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
21Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERILAKU ORGANISASI - budaya organisasi

PERILAKU ORGANISASI - budaya organisasi

Ratings: (0)|Views: 4,806|Likes:
Published by Andry Ristiawan
PERILAKU ORGANISASI - budaya organisasi
PERILAKU ORGANISASI - budaya organisasi

More info:

Published by: Andry Ristiawan on Apr 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
TUGAS PERILAKU ORGANISASI
“BUDAYA ORGANISASI”
DISUSUN OLEH :TITUS SATYA LAKSANA (084674040)YUDIONO ARGO (084674042)YUDIANTO ARGO (084674043)ANDRY RISTIAWAN (084674049)AHMAD IRSYADUL U. (084674050)BAHRUL ULUM (084674051)
S1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA 2008 REGJURUSAN PMP-KNUNIVERSITAS NEGERI SURABAYA2010
 
Pengertian Budaya Organisasi
Dalam kehidupan masyarakat sehari-hari tidak terlepas dari ikatan budaya yangdiciptakan. Ikatan budaya tercipta oleh masyarakat yang bersangkutan, baik dalam keluarga,organisasi, bisnis maupun bangsa. Budaya membedakan masyarakat satu dengan yang laindalam cara berinteraksi dan bertindak menyelesaikan suatu pekerjaan. Budaya mengikatanggota kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan pandangan yang menciptakankeseragaman berperilaku atau bertindak. Seiring dengan bergulirnya waktu, budaya pastiterbentuk dalam organisasi dan dapat pula dirasakan manfaatnya dalam memberi kontribusibagi efektivitas organisasi secara keseluruhan.Berikut ini dikemukakan beberapa pengertian budaya organisasi menurut beberapa ahli :a. Menurut Wood, Wallace, Zeffane, Schermerhorn, Hunt, Osborn (2001:391), budayaorganisasi adalah sistem yang dipercayai dan nilai yang dikembangkan oleh organisasidimana hal itu menuntun perilaku dari anggota organisasi itu sendiri.b. Menurut Tosi, Rizzo, Carroll seperti yang dikutip oleh Munandar (2001:263), budayaorganisasi adalah cara-cara berpikir, berperasaan dan bereaksi berdasarkan pola-polatertentu yang ada dalam organisasi atau yang ada pada bagian-bagian organisasi.c. Menurut Robbins (1996:289), budaya organisasi adalah suatu persepsi bersama yangdianut oleh anggota-anggota organisasi itu.d. Menurut Schein (1992:12), budaya organisasi adalah pola dasar yang diterima olehorganisasi untuk bertindak dan memecahkan masalah, membentuk karyawan yangmampu beradaptasi dengan lingkungan dan mempersatukan anggota-anggotaorganisasi. Untuk itu harus diajarkan kepada anggota termasuk anggota yang barusebagai suatu cara yang benar dalam mengkaji, berpikir dan merasakan masalah yangdihadapi.
e.
Menurut Cushway dan Lodge (GE : 2000), budaya organisasi merupakan sistem nilaiorganisasi dan akan mempengaruhi cara pekerjaan dilakukan dan cara para karyawanberperilaku. Dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan budaya organisasidalam penelitian ini adalah sistem nilai organisasi yang dianut oleh anggotaorganisasi, yang kemudian mempengaruhi cara bekerja dan berperilaku dari paraanggota organisasi.
2
 
Sumber-sumber Budaya Organisasi
Menurut Tosi, Rizzo, Carrol seperti yang dikutip oleh Munandar (2001:264), budayaorganisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:1) Pengaruh umum dari luar yang luasMencakup faktor-faktor yang tidak dapat dikendalikan atau hanya sedikit dapat dikendalikanoleh organisasi.2) Pengaruh dari nilai-nilai yang ada di masyarakatKeyakinan-keyakinan dan nilai-nilai yang dominan dari masyarakat luas misalnyakesopansantunan dan kebersihan.3) Faktor-faktor yang spesifik dari organisasiOrganisasi selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam mengatasi baik masalaheksternal maupun internal organisasi akan mendapatkan penyelesaian-penyelesaian yangberhasil. Keberhasilan mengatasi berbagai masalah tersebut merupakan dasar bagi tumbuhnyabudaya organisasi.
Fungsi Budaya Organisasi
Menurut Robbins (1996 : 294), fungsi budaya organisasi sebagai berikut :a) Budaya menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dan yang lain.b) Budaya membawa suatu rasa identitas bagi anggota-anggota organisasi.c) Budaya mempermudah timbulnya komitmen pada sesuatu yang lebih luas daripadakepentingan diri individual seseorang.d) Budaya merupakan perekat sosial yang membantu mempersatukan organisasi itudengan memberikan standar-standar yang tepat untuk dilakukan oleh karyawan.e) Budaya sebagai mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu danmembentuk sikap serta perilaku karyawan.
Ciri-ciri Budaya Organisasi
Menurut Robbins (1996:289), ada 7 ciri-ciri budaya organisasi adalah:
3

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
adambitor1713 liked this
Maheza Rg liked this
Amos Manullang liked this
Kiky Saqinah liked this
Jumardi Mardi liked this
Ryan Pangluky liked this
Stia Bt Thecampz added this note|
thanks,.........
Decoo Roma liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->