Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
62Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH SISTEM RESPIRASI

MAKALAH SISTEM RESPIRASI

Ratings:

2.0

(3)
|Views: 3,820 |Likes:
Published by trimaskere

More info:

Published by: trimaskere on Apr 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2013

pdf

text

original

 
1 |
a n a t o m i f i s i o l o g i s i s t e m p e r n a f a s a nK e l o m p o k 12 0 1 0 - 2 0 1 1
 
SISTEM RESPIRASI
 
Organ-Organ Pernafasan
A. rongga hidung dan nasal
1. Hidung eksternal
Berbentuk pyramid disertai dengan suatu akar dan dasar. Bagian ini disusun oleh rangkakerja tulang, kartilago hialin, dan jaringan fibroaleolar.a. septum nasalmembagi idung menjadi sisi kiri dan sisi kanan rongga nasal. Bagian interior septumadalah kartilagob. Naris (nostril) eksternal dibatasi oleh kartilago nasal(1) kartilago nasal lateral terletak dibawah jembatan hidung.(2) ala besar dan ala kecil kartilago nasal mengelilingi nostril.c. Tulang hidung(1) Tulang nasal membentuk jembatan dan bagian superior kedua sisi hidung.(2) Vomer dan vendikular tulang etmoid membentuk bagian posterial septum nasal.
 
2
|
a n a t o m i f i s i o l o g i s i s t e m p e r n a f a s a nK e l o m p o k 12 0 1 0 - 2 0 1 1
 
(3) Lantai rongga nasal adalah palatrum keras yang terbentuk dari tulang maksila danpalatinum.(4) Langit-langit rongga nasal pada sisi medial terbentuk dari lempeng kribriform tulangetmolid, pada sisi anterior dari tulang frontal dan nasal, dan pada sisi posterior dan tulangsfenoid.(5) Konka (turbinatum) nasalis superior, tengah dan inferior menonjol pada sisi medialdinding lateral rongga nasal. Setiap konka dilapisi membrane mukosa (epitel kolumnar bertingkat dan bersilia) yang berisi kelenjar pembuat mucus dan banyak mengandung pembuluhdarah.(6) Meatus superior, medial dan inferior merupakan jalan udara rongga nasal yang terletak dibawah konka.d. Empat pasang sinus paranasial (frontal, etmoid, maksilar dan sphenoid) adalah kantongtertutup pada bagian frontal etmoid, maksilar dan sphenoid. Sinus ini dilapisi membrane mukosa.(1) Sinus berfungsi untuk meringankan tulang cranial, memberikan tambahan pada salurannasal untuk menghangatkan dan melembabkan udara yang masuk, memproduksi mucus danmember efek resonasi dalam produk wicara.(2) Sinus paranasal mengalirkan cairannya ke meatus rongga nasal melalui duktus kecil yangberada di area tubuh yang lebih tinggi dari area lantai sinus. Pada posisi tegak aliran mucuskedalam rongga nasal mungkin terhambat, terutama pada kasus infeksi sinus.(3) Diktus naksolakrimal dari kelenjar air mata membuka ke arah meatus inferior.
 
 
|
a n a t o m i f i s i o l o g i s i s t e m p e r n a f a s a nK e l o m p o k 12 0 1 0 - 2 0 1 1
 
2. Membran mukosa nasala. struktur kulit pada bagian eksternal permukaan hidung yang mengandung folikel rambut ,keringat dan kelenjar sebasea, merentang sampai vestibula yang terletak di dalam nostril. Kulitdibagian ini mengandung rambut (vibrissae) yang berfungsi untuk menyaring partikel dari udaraterhisap.Dibagian rongga nasal yang terlebih dalam, epithelium respiratorik membentuk mukosayang melapisi ruang nasal selebihnya. Lapisan ini terdiri dari epithelium bersilia dengan selgoblet yang terletak pada lapisan jaringan ikat tervaskularisasi dan terus memanjang untuk melapisi saluran pernapasan sampai ke bronkus.b. Fungsi(1) Penyaringan partikel kecil.Silia pada epithelium respiratorik melambai kedepan danbelakang dalam suatu lapisan mucus. Gerakan dan mucus membentuk suatu perangkap untuk partikelbyang kemudian akan disapu ke atas untuk ditelan, dibatukan atau dibersihkan keluar.(2) Penghangatan dan pelembapan undara yang masuk. Udara yang kering akan dilembapkanmelalui evaporasi sekresi serosa dan mucus serta dihangatkan oleh radiasi panas dari pembuluhdarah yang terletak dibawahnya.(3) Resepsi odor. Epithelium olfaktori yang terletak dibagian atas rongga hidung dibawahlempeng kribriform,, mengadung sel-sel olfaktori yang mengalami spesialisasi untuk inderapenciuman.

Activity (62)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Misek Frinsthree liked this
Saep Avenged liked this
Raden Panji liked this
Desy Shara liked this
Miaw Cuya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->