Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Implementasi HAM Dalam Kehidupan

Implementasi HAM Dalam Kehidupan

Ratings: (0)|Views: 1,248 |Likes:
Published by Dedi Mukhlas
Ham di indonesia
Ham di indonesia

More info:

Published by: Dedi Mukhlas on Apr 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
 
IMPLEMENTASI HAM DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPANA.
 
HAM sebagai Individu
Dalam Pasal 28 ayat 3 dikatakan bahwa setiap orang mempunyaikebebasan. Kebebasan atau kemerdekaan juga dilindungi oleh hukum danundang-undang. Kebebasan untuk berekspresi diri perlu memperhatikan hak kebebasan orang lain.Implementasi HAM dalam kehidupan pribadi agar tidak bertentangan/melanggar hak orang lain perlu memperhatikan hal-hal sebagaiberikut:a.
 
kebebasan orang lain agar tidak terjadi pelanggaran terhadap kebebasanantar pribadib.
 
tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakatdan kebudayaan bangsa karena akan mengingkari kodratnya sebagaimakhluk sosial yang berbudayac.
 
tidak bertentangan dengan peraturan hukum dan undang-undang yangberlaku sebab akan mengganggu ketertiban umum dan keadiland.
 
tidak bertentangan dengan negara karena akan menimbulkan perpecahanbangsa dan negarae.
 
tidak bertentangan dengan agama yang dianut dan semangat keagamaanmasyarakatf.
 
penerapan hak asasi harus meningkatkan harkat dan martabat manusia danbukan merendahkan derajatnyaManusia sebagai individu memiiki hak-hak pribadi yang tidak bolehdilanggar oleh siapapun juga, termasuk negara. Bahkan hak pribadi tersebutharus dijamin dan dilindungi serta dikembangkan sesuai dengan harkat danmartabatnya sebagai manusia. Menurut UUD 1945 dan UU Nomor 39 tahun1999, hak pribadi tersebut antara lain:a.
 
hak untuk hidupb.
 
hak kebebasan beragamac.
 
hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan
 
 
d.
 
hak berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapate.
 
hak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasar f.
 
hak memperoleh pendidikang.
 
hak untuk memperoleh perlindungan hukum dan kewarganegaraanh.
 
hak atas pekerjaan yang layak i.
 
hak untuk bebas dari penyiksaan yang merendahkan derajat manusia danancaman ketakutan untuk berbuat sesuatu, termasuk di dalamnya hak untuk bebas dari tindak kekerasan dalam rumah tanggaj.
 
hak tempat tinggal dan layanan kesehatank.
 
hak tidak diperbudak l.
 
hak milik artinya setiap orang berhak mempunyai milik baik sendirimaupun bersama-sama dengan orang lain demi pengembangan diri,keluarga, bangsa dan masyarakat dengan cara tidak melawan hukum.m.
 
hak untuk tidak diperlakukan secara diskriminatif 
B.
 
HAM di bidang Politik 
Implementasi HAM di bidang politik dijamin secara konstitusional.,menurut pasal 28 UUD 1945 dinyatakan bahwa kemerdekaan berserikat,berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan ditetapkan dalamUndang-Undang. Di dalam pasal 28D ayat 3 dijelaskan bahwa setiap wargaNegara berhak memperoleh kesempatan yang sama.Dari ketentuan pasaltersebut, maka dapat diketahui bahwa implementasi HAM di dalam bidangpolitik perlu memperhatikan:a.
 
peraturan hukum yang berlaku sebagaimana dituangkan dalam UUD, UU,dan PP serta peraturan pelaksana lainnya agar hak-hak politik tidak dilanggar oleh orang atau pihak lainb.
 
etika dan moral politik agar di dalam melaksanakanhak politik dilakukandengan baik dan bertanggungjawabc.
 
ajaran Tuhan sebagaimana diatur dalam agama yang diyakini sehinggapelaksanaan hak politik itu dapat dipertanggungjawabkan kepada TuhanYang Maha Esa
 
 
d.
 
budaya masyarakat Indonesia sehingga hak-hak politik dilakukan secarasantun dan bermartabat sehingga tidak menimbulkan perpecahan nasionalkepribadian Indonesiae.
 
di dalam melaksanakan hak politik tetap perlu menjaga integritas nasionaldan tidak menimbulkan perpecahan nasional.Bentuk-bentuk hak politik antara lain:a.
 
hak berserikat dan berkumpul dapat dilakukan melalui organisasi massadan politik. Untuk menyalurkan aspirasi politik setiap warga negaramempunyai hak pilih dan dipilih melalui Pemilub.
 
hak mengeluarkan pikiran secara lisan dan tulisanc.
 
hak yang sama dalam pemerintahan dilakukan melalui hak ikut dalampemerintahan. Setiap orang berhak dipilih dan memilih wakil-wakilnya diDPR, DPRD, DPD atau duduk dalam pemerintahand.
 
hak memilih, memiliki, mengganti atau mempertahankan statuskewarganegaraan sesuai dengan UU kewarganegaraane.
 
hak untuk mogok kerja untuk menuntut hak-haknya sebagai pekerjaf.
 
setiap orang berhak mencari suaka politik untuk memperoleh perlindunganpolitik dari Negara laing.
 
mendirikan partai politik, LSM, menyebarluaskan aspirasi dan nuraninyasesuai dengan nilai-nilai agama , kesusilaan, kepentingan umum, dankeutuhan bangsaUntuk lebih jelasnya Implementasi HAM di bidang politik seperti yangtertera di atas diterangkan pula pada Undang-Undang Nomor 39 tahun1999tentang HAM antara lain:a.
 
Pasal 23 yang berbunyi:1)
 
Setiap orang bebas untuk memilih dan mempunyai keyakinan politiknya2)
 
Setiap orang bebas mempunyai, mengeluarkan, dan menyebarluaskanpendapat sesuai hati nuraninya, secara lisan dan atau tulisan melaluimedia cetak maupun elektronik dengan memperhatikan nilai-nilaiagama, kesusilaan,ketertiban, kepentingan umum, dan keutuhan bangsa.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adhy Ramdhani liked this
Aziza Riangsari liked this
Dwita Muhartanti liked this
Amatul Akhir liked this
Echa Possumah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->