Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
landasan teori

landasan teori

Ratings: (0)|Views: 315 |Likes:
Published by Agnes Tigan

More info:

Published by: Agnes Tigan on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/06/2013

pdf

text

original

 
APLIKASI MIKRONTROLLER ATMEGA 16SEBAGAI PENGONTROL LAMPU TAMAN YANGDILENGKAPI DENGAN SENSOR CAHAYA (LDR)
Oleh : Agnes Flora Br TariganNRP : 12202001Tanggal : 12 Maret 2011
Abstrak 
Dalam dunia modern ini, perkembangan teknologi sudah sangat membantumanusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dalam proyek penelitian ilmiah ini, Sayamemiliki gagasan untuk membuat suatu sistem penerangan taman secara otomatis yang dikontrol oleh sebuah Mikrokontroller ATMega16 dan sensor cahaya atau yang biasadisebut LDR (LightDepending Resistor). Dalam hal ini saya menggunakan LED ( LightEmiting Dioda) yang on atau off-nya di kontrol oleh sensor cahaya dan mikrokontroller ATMega 16.
Kata kunci : Mikrokontroller ATMega 16, LDR 
PENDAHULUAN
Teknologi membuat segala sesuatu yang kita lakukan menjadi lebih mudah. ManusiaSelalu berusaha untuk menciptakan sesuatu yang dapat mempermudah aktivitasnya, halinilah yang mendorong perkembangan teknologi yang telah banyak menghasilkan alatsebagai piranti untuk mempermudah kegiatan manusia bahkan menggantikan peranmanusia dalam suatu fungsi tertentu.Teknologi memegang peran penting di era modernisasi seperti pada saat ini, dimanateknologi telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.Perkembangan teknologi saat ini telah merambah ke segala aspek kehidupan sehinggasaat ini seolah kita dimanjakan oleh adanya alat-alat yang dapat memberikan kemudahan.
 
Dalam hal ini, penulis menambahkan otomatisasi lampu pada taman yangdilengkapi timer dan sensor cahaya (LDR). Dalam pembuatan tugas akhir ini, digunakansuatu mikrokontroller sebagai pusat kontrol dalam sistem. Mikrokontroller adalah suatusistem komputer yang dirancang untuk keperluan pengontrolan sistem. Mikrokontroller dilengkapi dengan CPU, memori dan perangkat perantara lainnya sehingga sering disebutmikrokontroller serpih tunggal. Tidak seperti sistem komputer, yang mampu menanganiberbagai macam program aplikasi ( misalnya pengolahan kata, pengolahan angka dan lainsebagainya). Mikrokontroller hanya bisa digunakan untuk suatu aplikasi tertentu saja(hanya satu program saja yang bisa disimpan).Mikrokontroller yang digunakan dalam pembuatan alat ini adalah produksi Atmeldengan generasi AVR (Alf and Vegard’s RISC processor), Mikrokontroller ATMega16.MIkrokontroller AVR ATMega16 adalah salah satu dari keluarga ATMega denganpopulasi pengguna cukup besar. Memiliki memori Flash 16k dan 32 jalur input output,serta dilengkapi dengan ADC 8 kanal dengan resolusi 10-bit dan 4 kanal PWM. SebuahChip dengan fitur cukup lengkap untuk mendukung beragam aplikasi. Mikrokontroller AVR ATMega16 sudah dilengkapi dengan built-in USB ISP programmer, sehinggapemrograman dapat dilakukan dengan mudah, cukup dengan menghubungkan kabel USBke komputer. Dengan aplikasi mikrokontroller tersebut, maka alat akan dapat dijalankan.Untuk membahas mengenai sensor cahaya yaitu Light Dependent Resistor (LDR).LDR ini akan digunakan sebagai sensor untuk menyalakan lampu taman, sedangkan sayaakan mensimulasikannya menggunakan Light Emiting Dioda (LED). Sedangkan untuk mengontrol nyala LED ini, kami menambahkan timer sebagai tambahan indikator.Berdasarkan hal-hal tersebut membuat saya tertarik untuk membuat Karya Ilmiahdengan judul “APLIKASI MIKRONTROLLER ATMEGA 16 SEBAGAIPENGOMTROL LAMPU TAMAN YANG DILENGKAPI DENGAN SENSOR CAHAYA (LDR)”.
 
1. LANDASAN TEORI 
1.1 Mikrokontroller AVR ATMega16AVR merupakan seri mikrokontroller CMOS 8-bit buatan Atmel, berbasisarsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computer). Hampir semua instruksi dieksekusidalam satu siklus clock. AVR mempunyai 32 register general-purpose, timer/counter fleksibel dengan mode compare, interrupt internal dan eksternal, serial UART,programmable Watchdog Timer, dan mode power saving, ADC dan PWM internal.AVR juga mempunyai In-System Programmable Flash on-chip yang mengijinkan memoriprogram untuk diprogram ulang dalam sistem menggunakan hubungan serial SPIATMega16.ATMega16 mempunyai throughput mendekati 1 MIPS per MHz membuatdisainer sistem untuk mengoptimasi konsumsi daya versus kecepatan proses.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ridho Ruswanto liked this
Ham Dini liked this
Hanavi Duwhy liked this
Yeni Reksotinoyo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->