Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
egov semarang

egov semarang

Ratings: (0)|Views: 233|Likes:
Published by rian ngganden

More info:

Published by: rian ngganden on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Saat ini perkembangan teknologi Internet sudah mencapai perkembangan yang sangat pesat.Aplikasi Internet sudah digunakan untuk e-commerce dan berkembang kepada pemakaianaplikasi Internet pada lingkungan pemerintahan yang dikenal dengan e-government. Pemerintahpusat dan pemerintah daerah berlomba-lomba membuat aplikasi e-government.Survei di beberapa negara mengenai e-government menunjukkan bahwa adakecenderungan aparat pemerintah untuk tidak melaksanakan kegiatan secara online, karenamereka lebih menyukai metoda pelayanan tradisional yang berupa tatap langsung, surat-menyurat atau telepon.Pengembangan aplikasi e-government memerlukan pendanaan yangcukup besar sehingga diperlukan kesiapan dari sisi sumber daya manusia aparat pemerintahandan kesiapan dari masyarakat.. Kita harus belajar dari penyebab-penyebab kegagalan e-government di sejumlah negara yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: ketidaksiapansumber daya manusia, sarana dan prasarana teknologi informasi, serta kurangnya perhatian daripihak-pihak yang terlibat langsung.E-government adalah penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk administrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta memberikan pelayanan yang transparandan memuaskan kepada masyarakat. Semua organisasi pemerintahan akan terpengaruh olehperkembangan e-government ini. E-government dapatlah digolongkan dalam empat tingkatan.Tingkat pertama adalah pemerintah mempublikasikan informasi melalui website. Tingkat keduaadalah interaksi antara masyarakat dan kantor pemerintahan melaui e-mail. Tingkat ketiga adalahmasyarakat pengguna dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintahan secara timbalbalik. Level terakhir adalah integrasi di seluruh kantor pemerintahan, di mana masyarakat dapatmelakukan transaksi dengan seluruh kantor pemerintahan yang telah mempunyai pemakaian
database
bersama
.
.Beberapa manfaat dari e-government adalah sistem pelayanan administrasi dapatberlangsung lebih cepat (dalam hitungan menit atau jam). Informasi dapat dicari dari kantor,
 
2
 
rumah, bahkan
mo
bile
dimanapun tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan atautempat-tempat pelayanan umum. Akses informasi ke pemerintah menjadi terbuka lebar.Terciptanya keterbukaan (transparansi) diharapkan akan terjadi proses demokratisasi dantransparansi politik serta administrasi. Pada konteks agenda pembangunan nasional, penerapane-government dapat membuka peluang bagi pemerintah untuk melakukan re-inventing untuk dapat menjadi lembaga sosial yang lebih dekat dengan masyarakat, membangun aliansi danpartnership yang lebih erat dengan beberapa komunitas dalam masyarakat yang memilikikepentingan, praktek, dan keahlian yang berbeda-beda.
D
alam lampiran Inpres No 3 tahun 2003 E-goverment, dipaparkan enam strategi yangdisusun pemerintah dalam mencapai tujuan strategis e-government. Antara lain:1.
 
Mengembangkan sistem pelayanan yang andal, terpercaya serta terjangkau masyarakatluas. Sasarannya antara lain, perluasan dan peningkatan kualitas jaringan komunikasi keseluruh wilayah negara dengan tarif terjangkau. Sasaran lain adalah pembentukan portalinformasi dan pelayanan publik yang dapat mengintegrasikan sistem manajemen danproses kerja instansi pemerintah.2.
 
Menata sistem dan proses kerja pemerintah dan pemerintah daerah otonom secaraholistik.
D
engan strategi ini, pemerintah ingin menata sistem manajemen dan prosedur kerja pemerintah agar dapat mengadopsi kemajuan teknologi informasi secara cepat.3.
 
Memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Sasaran yang ingin dicapai adalahstandardisasi yang berkaitan dengan interoperabilitas pertukaran dan transaksi informasiantarportal pemerintah. Standardisasi dan prosedur yang berkaitan dengan manajemendokumen dan informasi elektronik. Pengembangan aplikasi dasar seperti e-billing, e-procurement, e-reporting yang dapat dimanfaatkan setiap situs pemerintah untuk menjamin keamanan transaksi informasi dan pelayanan publik. Sasaran lain adalahpengembangan jaringan intra pemerintah.4.
 
Meningkatkan peran serta dunia usaha dan mengembangkan industri telekomunikasi danteknologi informasi. Sasaran yang ingin dicapai adalah adanya partisipasi dunia usahadalam mempercepat pencapaian tujuan strategis e-government. Itu berarti, pengembanganpelayanan publik tidak perlu sepenuhnya dilayani oleh pemerintah.
 
3
 
5
.
 
Mengembangkan kapasitas sumber daya manusia, baik pada pemerintah maupunpemerintah daerah otonom disertai dengan meningkatkan e-literacy masyarakat.6.
 
Melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik danterukur 
D
alam pengembangan e-government, dapat dilaksanakan dengan epat tingkatanyaitu, persiapan, pematangan, pemantapan dan pemanfaatan.e-government adalah alat dari suatu perubahan sistem (organisasi, proses bisnis, sumber daya manusia dan
standart 
op
erating 
p
oc
edure
) dalam pemerintahan. Memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan bagi Pemerintah
D
aerah dalam proses pelaksanaan RencanaPembangunan Jangka Menengah
D
aerah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang
D
aerah dengan memasukkan secara intensif teknologi informasi sebagai perangkatpendukungnya. Untuk mewujudkan pemerintahan berbasis elektronik yang dapat menghasilkanlayanan publik yang adil, transparan, efisien, dan manfaatnya dapat dirasakan oleh semua wargamasyarakat tanpa kecuali.Wujud nyata dari aplikasi e-government yang telah umum dilaksanakan dan diatur pelaksanaannya adalah pembuatan situs web pemerintah daerah. Situs web pemerintah daerahmerupakan salah satu strategi didalam melaksanakan pengembangan e-government secarasistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur. Situs web pemerintah daerah merupakantingkat pertama dalam pengembangan e-Government di Indonesia yang memiliki sasaran agar masyarakat Indonesia dapat dengan mudah memperoleh akses kepada informasi dan layananpemerintah daerah, serta ikut berpartisipasi di dalam pengembangan demokrasi di Indonesiadengan menggunakan media internet (Buku panduan Kominfo, 2002, 3).
D
aerah yang sudah mengimplementasikan e-government dalam pemerintahanya salahsatunya adalah Semarang yaitu dengan situswww.semarang.go.id.. Namun, sampai sejauh mana penerapan e-government di kota Semarang. Untuk mengetahui hal tersebut, maka dilakukan penelitian kecil berupa survey pada masyarakat kotaSemarang dari berbagai kalangan (masyarakat umum, mahasiswa, dosen, instansi pemerintah,pegawai swasta). Survey dilakukan dengan menyebar kuisioner yang berisi mengenai hal yangterkait dengan situs pemerintahan kota Semarang.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->