Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sosiometri

sosiometri

Ratings: (0)|Views: 1,766|Likes:
Published by Ari R Hakim

More info:

Published by: Ari R Hakim on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/05/2013

pdf

text

original

 
BAB IIPEMBAHASAN
1.
Pengertian Sosiometri
Sosiometri adalah suatu metode untuk mengumpulkan data tentang poladan struktur hubungan antara individu-individu dalam kelompok. Metode inimula-mula dikembangkan oleh Moreno an Jenning. Metode ini didasarkan atas postulat-postulat bahwa kelompok mempunyai struktur yang terdiri darihubungan-hubungan interpersonal yang kompleks. Hubungan-hubungan ini dapatdiukur secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Posisi tiap-tiap individu dalamstruktur kelompoknya dan hubungannya yang wajar dengan individu yang laindapat diukur dengan metode ini. ( Wayan Nur Kencana, 1993 )Sosiometri adalah suatu metode pengumpulan serta analisis data mengenai pilihan, komunikasi, dan pola interaksi antar-individu dalam kelompok. Dapatdikatakan bahwa sosiometri adalah kajian dan pengukuran pilihan sosial.Sosiometri disebut pula sebagai sarana untuk mengkaji “tarikan” (attraction) dantolakan (repulsion) anggota-anggota suatu kelompok. ( Hotman M. Siahaan,2005).Seseorang diminta untuk memilih satu orang lain atau lebih berdasarkancriteria yang tlah disediakan oleh peneliti: “Denan siapakah anda bekerja?”“Dengan sispakah anda bermain?” Kemudian orang itu membuat pilihan-satu,dua, tiga pilihan atau lebih-diantara anggota kelompok (biasanya) atau anggota-anggota kelompok lain.Pilihan sosiometri hendaknya dipahami secara agak lebih luas. Ia tidak hanya berarti pilihan “antara orang-orang”, melainkan dapat pula “pilihankelompok-kelompok minoritas”. Pilihan-pilihan tersebut tergantung padainstruksi serta pelayanan yang diberikan kepada individu.
 
Metode sosiometri memegang peranan yang penting dalam pengukuranhubungan sosial. Dengan sendirinya, setiap hubungan antara individu denganindividu lainnya, kita batasi dalam hubungan tertentu seperti hubungan dalamkelas atau dalam kelompok-kelompok kegiatan lainnya.2.
Manfaat sosiometri
Kegunaan dari sosiometri secara garis besar adalah sebagai berikut :1.Untuk memperbaiki struktur hubungan sosial para siswa di dalamkelasnya.2.Memperbaiki penyesuaian hubungan sosial siswa secara individual.3.Mempelajari akibat-akibat praktik-praktik sekolah terhadap hubungansosial di kalangan siswa.4.Mempelajari mutu kepemimpinan dalam stuasi yang bermacam-macam.5.Menemukan norma-norma pergaulan antarsiswa yang diinginkan dalamkelompok / kelas bersangkutan.3.
Macam-macam Sosiometri
Metode sosiometri ini mencoba untuk menemukan individu dalam situasidi mana mereka secara spontan mengungkapkan hubungannya. Sosiomertidibedakan menjadi tiga tipe yaitu :1.Tipe Nominatif ( nomination )2.Tipe Skala Bertingkat ( Rating scale )3.Tipe Siapa Dia ( who’s they )Berikut ini akan dibicarakan secara berturut-turut masing-masing tipe tersebut.
1.Sosiometri Tipe Nominatif 
Dalam tipe ini setiap individu dalam kelompok ditanyai, siapa-siapakawan yang disenangi / tidak disenangi untuk diajak melakukan suatu aktivitastertentu atau siapa kawannya dalam suatu pola hubungan tertentu. Pilihan itu
 
harus ditulis berurutan dari pilihan pertama ( paling disenangi ), pilihan kedua danseterusnya.Contoh-contoh pertanyaan untuk sosiometri tipe nominatif antara lainsebagai berikut :1. Dengan siapakah anda ingin duduk dalam satu bangku ?2. Dengan siapa anda senang bermain ?3. Siapakah kawan yang terbaik ?4. Dengan siapakah anda senang bekerjasama ?5. Apabila anda mendapatkan kesulitan-kesulitan, kepada siapakah anda biasanyameminta pertolongan ?6. Apabila kelas anda akan melakukan kerja kelompok, dengan siapakah andasenang berkelompok ?Jawaban- jawaban dari pertanyaan tersebut kita susun dalam suatu tabel.Dalam tabel yang disusun, akan dapat kita ketahui dua hal, yaitu : pertama akandapat diketahui luas tidaknya hubungan sosial seseorang berdasarkan banyak sedikitnya ia mendapat pilihan dari teman-temannya. Kedua, dapat diketahuiintensitas hubungan seseorang berdasarkan nomor pilihan yang ditujukankepadanya. Nama-nama pemilih ditulis di tepi sebelah kiri berturut-turut dari atas ke bawah, sedangkan nama-nama yang dipilih ditulis di sebewlah atas dari kiri kekanan. Siswa putra dan putri sebaiknya disusun secara terpisah untumemudahkan analisis apakah ada perpecahan antara siswa putra dan putri. Pilihan pertama kita beri skor 3, pilihan kedua kita beri skor 2, dan pilihan ketiga kita beriskor 1.Untuk mencari intensitas hubungan siswa digunakan rumus :
Int = SP

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->