Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
103Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL

ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL

Ratings: (0)|Views: 52,001|Likes:
Published by Lisa Aprilia
Bagi yang membutuhkan silahkan didownload. Semoga dapat membantu ^^
Bagi yang membutuhkan silahkan didownload. Semoga dapat membantu ^^

More info:

Published by: Lisa Aprilia on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/01/2013

pdf

text

original

 
MACAM - MACAMALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL
BEDUGPengertian BedugBedug
adalahalat musitabuh sepertigendang. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuantahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai
tradisional, baik dalam kegiatanritual keagamaan maupun politik. DiIndonesia, sebuah bedug biasa dibunyikanuntuk pemberitahuan mengenai waktushalat atau sembahyang. Bedug terbuat darisepotong batang kayu besar atau pohon enausepanjang kira-kira satu meter atau lebih.Bagian tengah batang dilubangi sehingga berbentuk tabung besar. Ujung batang yang berukuran lebih besar ditutup dengan kulit binatang yang berfungsi sebagai membranatau selaput gendang. Bila ditabuh, bedugmenimbulkan suara berat, bernada khas,rendah, tetapi dapat terdengar sampai jarak yang cukup jauh.
Fungsi Bedug :
Fungsi sosial : bedug berfungsi sebagai alat komunikasi atau petanda kegiatanmasyarakat, mulai dari ibadah, petanda bahaya, hingga petanda berkumpulnya sebuahkomuntas.
Fungsi estetika : bedug berfungsi dalam pengembangan dunia kreatif, konsep, dan budaya material musikal.
Sejarah
Bedug sebenarnya berasal dariIndiadanCina. Berdasarkan legenda Cheng Ho dari Cina, ketika ketikaLaksamana Cheng Hoodatang keSemarang, mereka disambut baik oleh Raja Jawa pada masa itu. Kemudian, ketika Cheng Ho hendak pergi, dan hendak memberikan hadiah, raja dari Semarang mengatakan bahwa dirinya hanya inginmendengarkan suara bedug darimasjid. Sejak itulah, bedug kemudian menjadi bagian darimasjid, seperti di negara Cina,Korea danJepang, yang memposisikan bedug di kuil-kuil sebagai alat komunikasi ritual keagamaan. Di Indonesia, sebuah bedug biasa dibunyikanuntuk pemberitahuan mengani waktu shalat atau sembahyang. Saat Orba berkuasa bedug pernah dikeluarkan dari surau dan mesjid karena mengandung unsur-unsur non-Islam.Bedug digantikan oleh pengeras suara. Hal itu dilakukan oleh kaum Islam modernis,namun warga NUmelakukan perlawanan sehingga sampai sekarang dapat terlihat masih banyak masjid yang mempertahankan bedug.Disadur dari :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bedug 
 
KENTONGANKentongan
atau yang dalam bahasa lainnya disebutjidor adalahalat  pemukulyang terbuat dari batang  bambuatau batangkayujati yang dipahat. Kegunaan kentongan didefinisikan sebagai tandaalarm,sinyalkomunikasijarak jauh, morse, penandaadzan, maupuntanda bahaya.
Ukuran kentongan tersebut berkisar antaradiameter 40cm dan tinggi 1,5M-2M.
[
 
]
Kentongan sering diidentikkan dengan alatkomunikasizaman dahulu yang sering dimanfaatkan oleh penduduk yang tinggal didaerah pedesaan dan pegunungan.
Sejarah
Sejarah budaya kentongan sebenarnya dimulai sebenarnya berasal darilegenda Cheng Ho  dari Cina yang mengadakan perjalanan dengan misi keagamaan. Dalam perjalanantersebut, Cheng Ho menemukan kentongan ini sebagai alat komunikasiritualkeagamaan.Penemuan kentongan tersebut dibawa keChina, Korea,danJepang.
[
 
]
Kentongansudah ditemukan sejak awal masehi. Setiap daerah tentunya memiliki sejarah penemuanyang berbeda dengan nilai sejarhnya yang tinggi. Di Nusa Tenggara Barat, kentonganditemukan ketika Raja Anak Agung Gede Ngurah yang berkuasa sekitar abad XIXmenggunakannya untuk mengumpulkan massa. DiYogyakartaketika masa kerajaanMajapahit, kentongan Kyai Gorobangsa sering digunakan sebagai pengumpul warga.DiPengasih, kentongan ditemukan sebagai alat untuk menguji kejujuran calon pemimpin  daerah. Di masa sekarang ini, penggunaan kentongan lebih bervariatif 
Cara Memainkan
Kentongan merupakan alat komunikasi zaman dahulu yang dapat berbentuk tabungmaupun berbentuk lingkaran dengan sebuah lubang yang sengaja dipahat di tengahnya.Dari lubang tersebut, akan keluar bunyi-bunyian apabila dipukul. Kentongan tersebut biasa dilengkapi dengan sebuah tongkat pemukul yang sengaja digunakan untuk memukul bagian tengah kentongan tersebut untuk menghasilkan suatu suara yang khas. Kentongantersebut dibunyikan denganiramayang berbeda-beda untuk menunjukkan kegiatan atau peristiwa yang berbeda. Pendengar akan paham dengan sendirinya pesanyangdisampaikan oleh kentongan tersebut.
Manfaat Kentongan
Awalnya, kentongan digunakan sebagai alat pendampingronda untuk memberitahukan adanya pencuri atau bencana alam. Dalam masyarakat pedalaman, kentongan seringkalidigunakan ketika suro-surokecil atau sebagai pemanggil masyarakat untuk ke masjid bila  jam sholat telah tiba. Namun, kentongan yang dikenal sebagaiteknologi tradisionalini telah mengalami transformasi fungsi.
Dalam masyarakat modern, kentongan dijadikansebagai salah satu alat yang efektif untuk mencegahdemam berdarah.
Dengankentongan, monitoring terhadap pemberantasan sarang nyamuk pun dilakukan. Dalammasyarakat tani, seringkali menggunakan kentongan sebagai alat untuk mengusir  hewan  yang merusak tanaman dan padi warga.
 Kelebihan
Kentongan dengan bahan pembuatan dan ukurannya yang khas dapat dijadikan barangkoleksi peninggalan seni  budayamasa lalu yang dapat dipelihara untuk meningkatkan  pemasukan negara.
Kentongan dengan bunyi yang khas dan permainan yang khasmenjadi sumber penanada tertentu bagi masyarakat sekitar. Selain itu, kentonganmerupakan peninggalan asli bangsa Indonesia dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.Perawatannya juga sederhana, tanpa memerlukan tindakan-tindakan khusus
 
 Kelemahan
Kentongan masih banyak kita temui dalam masyarakatmodern, namun fungsi kentongansebagai alat komunikasi tradisional memiliki sejumlah kekurangan yang menyebabkantergesernya kentongan tersebut denganteknologimodern.
Kegunaan kentongan yangsederhana dan jangkauansuarayang sempit menyebabkan kentongan tidak menjadi alatkomunikasi utama dalam dunia modern iniDisadur dari :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kentongan
MERPATI POS
Merpati pos adalah burung merpati yangtelah dilatih untuk mengantarkan surat atau pesan.Merpati merupakan salah satu jenis burung yangcukup pintar, memiliki daya ingat yang kuat,kemampuan navigasi, dan memiliki nalurialamiah yang dapat kembali ke sarang meskipunsudah pergi dengan jarak yang jauh dan waktuyang lama, sehingga surat yang disampaikan pastisampai di tujuan atau sangat kecil kemungkinansurat tersebut nyasar. Merpati pos diberi makanankhusus berupa campuran kalium karbonat danminyak ikan. Campuran tersebut berguna sebagaivitamin yang dapat membuat merpati menjadikuat dan lebih mudah dilatih. Di Indonesia, rata-rata merpati pos adalah hasil perkawinan silangantara ras Yansson dan Delbar dari Belgia denganras unggulan lainnya.
 Asal usul 
Merpati pos memiliki ciri-ciri fisik agak besar, terbangnya agak lambat, tetapistamina dan daya ingatnya kuat. Merpati pos yang terbang berpasangan dapat memilihrute yang lebih efisien jika dibandingkan dengan terbang sendirian. Merpati posmemanfaatkan fenomena fisika dalam melacak posisi tempat tujuannya. Fenomena fisikatersebut tertanam dalam otak merpati pos seperti microchips dan mikrokontroler yangdimasukkan seperti pada robot atau computer. Fenomena itu adalah medan magnet.Merpati pos memanfaatkan medan magnet bumi yang bervariasi dalam menentukantujuan. Di antara kedua mata merpati pos terdapat jaringan yang berisi berbagai macammineral besi yang merupakan kunci kemampuannya dalam menentukan arah. Selain jaringan tersebut, yang menyebabkan merpati pos kembali ke tempat asalnya adalah pasangannya karena merpati bersifat setia.
Cara Kerja
Seekor merpati betina umumnya bertelur sebanyak dua butir. Telur tersebut dierami olehmerpati jantan dan betina secara bergantian. Anak burung merpati dapat terbang dalam jarak yang dekat pada usia 40 hari. Untuk menjadi mrpati pos, merpati trelebih dahuluharus dilatih oleh pelatih khusus. Pelatihan baru dapat dilakukan untuk pada merpati yang berusia tujuh bulan.Tiga hal yang harus dilatihkan kepada merpati pos adalah static, mobile, dan boomerang.1.Static : merpati mempelajari bagaimana cara mengenali perintah seseorangdalam suatu wilayah kecil.2.Mobile : merpati dilatih untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.3.Boomerang : merpati diajarkan untuk mengirimkan dan mengembalikan pesan.Jika hal-hal tersebut telah dilatihkan, merpati dapat terbang dalam jarak ratusan bahkanribuan kilometer dan dapat mengirimkan pesan atau surat. Surat atau pesan digulung, laludimasukkan ke dalam tempat pelindung berbentuk kapsul plastik. Kemudian kapsul plastik tersebut diselipkan diantara kaki merpati.

Activity (103)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sofii Amalias liked this
wong_wei_2 liked this
Tika Tikuk liked this
Iin Wahyuni liked this
Nawira Azzahra added this note|
kurang lengkap .a.a.a.a nih
Hudha Firdaus added this note|
kurang LENGKAP.....?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->