Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
41Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
AMDAL - DAMPAK PENTING

AMDAL - DAMPAK PENTING

Ratings: (0)|Views: 16,826|Likes:
Published by michael_janitra

More info:

Categories:Types, Research
Published by: michael_janitra on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
A. PENGERTIAN AMDALFungsi AMDAL
Pada waktu yang lampau, kebutuhan manusia akan sumber alam belum begitu besar karenajumlah manusianya sendiri masih relatif sedikit, di samping itu intensitas kegiatannya juga tidak besar. Pada saat-saat itu perubahan-perubahan pada lingkungan oleh aktifitas manusia masihdalam kemampuan alam untuk memulihkan diri secara alami. Tetapi aktifitas manusia makinlama makin besar sehingga menimbulkan perubahan lingkungan yang besar pula. Pada saatinilah manusia perlu berfikir apakah perubahan yang terjadi pada lingkungan itu tidak akanmerugikan manusia. Manusia perlu memperkirakan apa yang akan terjadi akibat adanya kegiatanoleh manusia itu sendiri.AMDAL (Analisis Mengenai Danpak Lingkungan) merupakan alat untuk merencanakantindakan preventif terhadap kerusakan lingkungan yang mungkin akan ditimbulkan oleh suatuaktifitas pembangunan yang direncanakan.Undang-undang No. 4 Tahun 1982 Pasal 1 menyatakan : “Analisis mengenai dampak lingkunganadalah hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang direncanakan terhadap lingkunganhidup, yang diperlukan bagi proses pngambilan keputusan”.AMDAL harus dilakukan untuk proyek yang diperkirakan akan menimbulkan dampak penting,karena ini memang yang dikehendaki baik oleh Peraturan Pemerintah maupun oleh Undang-undang, dengan tujuan agar kualitas lingkungan tidak rusak karena adanya proyek-proyepembangunan. Oleh karena itu pemilik proyek atau pemrakarsa akan melanggar perundanganbila tidak menyusun AMDAL, semua perizinan akan sulit didapat dan di samping itu pemilik proyek dapat dituntut dimuka pengadilan. Keharusan membuat AMDAL merupakan cara yangefektif untuk memaksa para pemilik proyek memperhatikan kualitas lingkungan, tidak hanyamemikirkan keuntungan proyek sebesar mungkin tanpa memperhatikan dampak lingkunganyang timbul. Dampak dari suatu kegiatan, baik dampak negatif maupun dampak positif harussudah diperkirakan sebelum kegiatan itu dimulai. Dengan adanya AMDAL, pengambilkeputusan akan lebih luas wawasannya di dalam melaksanakan tugasnya. Karena di dalam suaturencana kegiatan, banyak sekali hal-hal yang akan dikerjakan, maka AMDAL harus dapatmembatasi diri, hanya mempelajari hal-hal yang penting bagi proses pengambilan keputusan.AMDAL ini sangat penting bagi negara berkembang khususnya Indonesia, karena Indonesiasedang giat melakasanakan pembangunan, dan untuk melaksanakan pembangunan makalingkungan hidup banyak berubah, dengan adanya AMDAL maka perubahan tersebut dapatdiperkirakan. Dampak kegiatan terhadap lingkungan hidup dapat berupa dampak positif maupundampak negatif, hampir tidak mungkin bahwa dalam suatu kegiatan / pembangunan tidak adadampak negatifnya. Dampak negatif yang kemungkinan timbul harus sudah diketahuisebelumnya (dengan MDAL), di samping itu AMDAL juga membahas cara-cara untuk menanggulangi / mengurangi dampak negatif. Agar supaya jumlah masyarakat yang dapat ikutmerasakan hasil pembangunan meningkat, maka dampak positif perlu dikembangkan di dalamAMDAL.
Dasar Hukum
Undang-undang No. 4 tahun 1982 Pasal 16 berbunyi :
1 dari 6
 
“Setiap rencana yang diperkirakan mempunyai dampak penting terhadap lingkungan wajibdilengkapi dengan analisis mengenai dampak lingkungan yang pelaksanaannya diatur denganperaturan pemerintah”.Peraturan Pemerintah yang dimaksud telah ada yaitu Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1986Tentang Analisis mengenai Dampak Lingkungan, dirasa kurang memadai, sehingga dicabut dandiganti dengan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 1993 Tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.Penjelasan dari Pasal 16 ini adalah sebagai berikut : “Pada dasarnya semua usaha dan kegiatanpembangunan menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup. Perencanaan awal suatu usahaatau kegiatan pembangunan sudah harus memuat perkiraan dampaknya yang penting terhadaplingkungan hidup, baik fisik, non fisik, maupun sosial budaya dan kesehatan masyarakat denganmenyusun AMDAL. Berdasarkan analisis ini dapat diketahui secara lebih terinci dampak negatif dan dampak positif yang akan timbul dari usaha atau kegiatan tersebut, sehingga sejak dini telahdapat dipersiapkan langkah untuk menanggulangi dampak negatif dan mengembangkan dampak positifnya”.
Penentuan Dampak Penting
Yang dimaksud dengan dampak adalah perubahan lingkungan kalau dengan proyek dan tanpaproyek untuk masa mendatang. Untuk masa yang akan datang, lingkungan itu akan berubahwalaupun kita tidak melaksanakan proyek atau kegiatan.Contoh dampak pembangunan indudtri terhadap pertumbuhan penduduk di suatu tempat.Apabila tidak ada pembangunan industri, maka penduduk di suatu tempat 10 tahun yang akandatang misalnya 5.000.000 jiwa. Dengan adanya pembangunan industri maka jumlah penduduk di tempat tersebut untuk 10 tahun yang akan datang misalnya 6.000.000. Maka dampak pembangunan industri tersebut adalah pertambahan penduduk sebanyak 1.000.000 jiwa.Dampak yang penting ditentukan antara lain oleh :a. besar manusia yang terkena dampak;b. luas wilayah penyebaran dampak;c. lamanya dampak berlangsung;d. intensitas dampak;e. banyak komponen lainnya yang terkena dampa;f. sifat kumulatif dampak;g. berbalik (reversible) atau tidak terbalik (irreversible) dampak.Pemerintah dapat membantu golongan ekonomi lemah untuk melaksanakan AMDAL, yangbidang usahanya diperkirakan menimbulkan dampak penting.Yang dimaksud dampak penting adalah perubahan yang sangat mendasar yang disebabkan olehsustu kegiatan. Bila kita hanya menggunakan penegrtian tersebut, masih dapat menimbulkanperbedaan pendapat untuk memperkirakan terjadinya dampak penting, maka diperlukanpedoman ukuran dampak penting. Hal-hal yang menentukan pentingnya dampak sustu kegiatantelah disebutkan di atas (pada penjelasan pasal 10 Undang-undang No. 4 tahun 1982).
Proses AMDAL
2 dari 6
 
Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) perlu dibedakan dengan analisis dampak lingkungan (ANDAL).AMDAL adalah keseluruhan proses yang meliputi :1. Kerangka Acuan (KA) atau Term of Reference (TOR);2. Analisis dampak lingkungan (ANDAL);3. Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL);4. Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL).Jadi terlihat di situ dengan jelas bahwa analisis dampak lingkungan (ANDAL) merupakanbagian dari AMDAL.
B. PEDOMAN PENENTUAN DAMPAK PENTING
1. Jumlah manusia yang terkena dampak 
Setiap rencana kegiatan mempunyai sasaran atau target berapa manusia yang diperkirakan akanmenikmati manfaat yang akan dilaksanakan.Dalam setiap kegiatan akan ada dampak positif dan dampak negatif. Baik dampak positimaupun dampak negatif yang timbul dari suatu kegiatan akan dirasakan baik oleh sejumlahmanusia yang menjadi sasaran, maupun ioleh sejumlah manusia di luar sasaran. Oleh karena itudampak lingkungan suatu kegiatan yang penentuannya didasarkan pada jumlah manusia yangterkena dampak menjadi penting bila :1). Manusia yang terkena dampak lingkungan tetapi tidak termasuk pada sasaran yangdiperkirakan dapat menikmati manfaat kegiatan yang direncanakan, jumlahnya sama atau bahkanlebih besar dari jumlah manusia yang dapat menikmati manfaat dari kegiatan tersebut; atau2). Manusia yang terkena dampak lingkungan, baik yang termasuk maupun yang tidak termasuk dalam sasaran untuk menikmati rencana kegiatan, jumlahnya sama atau lebih besar dari jumlahmanusia yang tidak akan terkena dampak lingkungan dalam wilayah dampak yang telahditentukan menurut kerangka acuan bagi pembuatan analisis dampak lingkungan.
2. Luas wilayah persebaran dampak 
Perbandingan luas wilayah persebaran dampak dengan luas wilayah rencana kegiatan akanmenentukan pentingnya dampak lingkungan. Dampak lingkungan dari suatu kegiatan itu pentingdilihat dari perbandingan luas wilayah apabila :1). Luas wilayah persebaran dampak paling sedikit dua kali lebih besar dari luas wilayah rencanakegiatan;2). Luas wilayah persebaran dampak melampaui batas wilayah administrasi pada tingkatkabupaten ke atas dari tempat rencana kegiatan;3). Luas wilayah persebaran dampak melampaui wilayah Negara Republik Indonesia sehinggamengancam keserasian hubungan dengan negara tetangga.
3. Lamanya dampak berlangsung 
Suatu kegiatan dapat menimbulkan dampak lingkungan pada suatu tahap tertentu atau padaberbagai tahap dari daur kegiatannya (pra-konstruksi, konstruksi dan pasca-kontruksi). Karenaitu dampak lingkungan suatu rencana kegiatan menjadi penting apabila :
3 dari 6

Activity (41)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yoke Denovia liked this
Sriwahyudi liked this
Shita Irsad liked this
mr black star liked this
Dedhy Hendriadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->