Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PENDAHULAN FRAKTUR FEMUR

LAPORAN PENDAHULAN FRAKTUR FEMUR

Ratings: (0)|Views: 357 |Likes:
Published by jzinta

More info:

Published by: jzinta on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULAN FRAKTUR FEMUR LANTAI 4A GEDUNG A RSCMJULIANA, 06061026125 APRIL 2011
1. Anatomi/Fisiologi
Persendian panggul merupakan bola dan mangkok sendi denganacetabulum bagian dari femur, terdiri dari : kepala, leher, bagian terbesar dankecil, trokhanter dan batang, bagian terjauh dari femur berakhir pada keduakondilas. Kepala femur masuk acetabulum. Sendi panggul dikelilingi oleh kapsulafibrosa, ligamen dan otot. Suplai darah ke kepala femoral merupakan hal yang penting pada faktur hip. Suplai darah ke femur bervariasi menurut usia. Sumber utamanya arteri retikuler posterior, nutrisi dari pembuluh darah dari batang femur meluas menuju daerah tronkhanter dan bagian bawah dari leher femur.
2. Definisi
Fraktur adalah gangguan kontinuitas yang terjadi ketika tulang mendapattekanan yang lebih besar dari pada yang dapat diabsorbsinya dan dapat tejadi jugainjuri jaringan lunak disekitarnya. Walaupun beberapa fraktur dapat mengancamkehidupan ( karena berhubungan dengan perdarahan dan shock ) sebagian lagitidak mengancam kehidupan.Fraktur femur adalah terputusnya kontinuitas batang femur yang bisa terjadiakibat trauma langsung (kecelakaan lalu lintas, jatuh dari ketinggian), dan biasanya lebih banyak dialami oleh laki-laki dewasa. Patah pada daerah ini dapatmenimbulkan perdarahan yang cukup banyak, mengakibatkan pendertia jatuhdalam syok.
3. Klasifikasi
Fraktur di klasifikasikan sebagai berikut :1)Fraktur tertutupMerupakan fraktur tanpa komplikasi dengan kulit tetap utuhdisekitar fraktur tidak menonjol keluar dari kulit.
 
2)Fraktur terbukaPada tipe ini, terdapat kerusakan kulit sekitar fraktur, luka tersebutmenghubungkan bagian luar kulit. Pada fraktur terbuka biasanya potensialuntuk terjadinya infeksi, luka terbuka ini dibagi menurut gradenya.Grade I : luka bersih, kurang dari 1 cm.Grade II : luka lebih luas disertai luka memar pada kulit dan otot.Grade III : paling parah dengan perluasan kerusakan jaringan lunak terjadi pula kerusakan pada pembuluh darah dan syaraf.3)Fraktur komplitPada fraktur ini garis fraktur menonjol atau melingkari tulang periosteumterganggu sepenuhnya.4)Fraktur inkomplitGaris fraktur memanjang ditengah tulang, pada keadaan ini tulangtidak terganggu sepenuhnya.5)Fraktur displacedFragmen tulang terpisah dari garis fraktur.6)Fraktur ComminutedFraktur yang terjadi lebih dari satu garis fraktur, dan fragmentulang hancur menjadi beberapa bagian (remuk).7)Fraktur impacted atau fraktur compressiTulang saling tindih satu dengan yang lainnya.8)Fraktur PatologisFraktur yang terjadi karena gangguan pada tulang serta osteoporosis atautumor.9)Fraktur greenstick Pada fraktur ini sisi tulang fraktur dan sisi tulang lain bengkak.Klasifikasi jenis Fraktur menurut Muttaqin (2000), meliputi :a. Simple fracture (Fraktur terbuka) b. Compound fracture (Fraktur terbuka)c Transverse fracture (Fraktur transversal/sepanjang garis tengah tulang)d. Spiral fracture (Fractur yang memuntir seputar batang tulang)
 
e. Impacted fracture (Fragmen tulang terdorong ke fragmen tulang yang lain)f. Greenstick fractureg. Comminuted fracture (Tulang pecah menjadi beberapa bagian).
4. Etiologi
Lewis (2000) berpendapat bahwa tulang relatif rapuh namun mempunyaicukup kekuatan dan gaya pegas menahan tekanan, fraktur dapat diakibatkan oleh :a. Fraktur akibat peristiwa trauma sebagian fraktur disebabkan oleh kekuatanyang tiba-tiba berlebihan yang dapat berupa pemukulan, penghancuran, perubahan pemuntiran atau penarikan. Bila tekanan kekuatan langsung tulang dapat patah pada tempat yang terkena dan jaringan lunak juga pasti akan ikut rusak.Pemukulan biasanya menyebabkan fraktur melintang dan kerusakan pada kulit di

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tri Yusniarty liked this
Desya Silaya liked this
Dwi Ari Dharma liked this
Randy Prayogo liked this
Noviana Fatimah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->