Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
211Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Gravimetri adalah suatu bentuk analisis kuantitatif yang berupa penimbangan

Analisis Gravimetri adalah suatu bentuk analisis kuantitatif yang berupa penimbangan

Ratings: (0)|Views: 5,432 |Likes:
Published by arbhy_dhiecile

More info:

Published by: arbhy_dhiecile on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

 
1 |Page 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANGAnalisis Gravimetri merupakan salah materi mata kuliah kimia analitik yangsangat penting dan juga menjadi basic padap raktikum Kimia Analitik maupun cabangilmu kimia yang lain, dan juga merupakan materi wajib dari kurikulum yang telahditetapkan oleh jurusan Teknik Kimia Universitas Riau. Oleh karena itu penulismembuat makalah ini untuk menambah pamahaman tentang Analisis Gravimetri yangmenjadi bagian dalam mata kuliah Kimia Analitik.B.
 
TUJUANMakalah inu dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen pengampumata kuliah Kimia Analitik tentang Analisis Gravimetri, sebagai pegangan bagimahasiswa untuk memahani tentang Analisis Gravimetri, dan menjadi refrensi penunjang bagi mahasiswa untuk mencapai keberhasilan dalam memahami materiAnalisis Gravimetri.
 
2
|Page 
BAB IIPEMBAHASAN
Analisis Gravimetri adalah suatu bentuk analisis kuantitatif yang berupa penimbangan, yaitu suatu proses pemisahan dan penimbangan suatu komponen dalamsuatu zat dengan jumlah tertentu dan dalam keadaan sempurna mungkin. Penimbangandisini merupakan penimbangan hasil reaksi setelah zat yang dianalisis direaksikan.Hasil reaksi dapat berupa sisa bahan atau suatu gas yang terjadi atau suatu endapan yangdibentuk dari bahan yang dianalisis.Gravimetri merupakan cara analisis tertua dan paling murah. Hanya sajagravimetri memerlukan waktu yang relatif lama dan hanya dapat digunakan untuk kadar komponen yang cukup besar. Suatu kesalahan kecil, secara relatif akan berakibat besar.Kendati demikian gravimetri masih dipergunakan untuk keperluan analisis karenawaktu pengerjaannya yang tidak perlu terus-menerus dilakukan analis karena setiaptahapan pengerjaan memakan waktu yang cukup lama.Sebagian analisis gravimetri menyangkut unsur yang akan ditentukan menjadisenyawa murni yang stabil dan mudah diubah ke dalam bentuk yang dapat ditimbang.Berat hasil reaksi dapat dihitung dari rumus dan berat atom senyawa yang ditimbang.Pengendapan merupakan teknik yang paling luas penggunaannya. Hal terpenting dalam pengendapan suatu hasil reaksi adalah kemurniannya dan kemudahan penyaringan yang pasti dilakukan dalam teknik pengendapan.
 
Prinsip dasar dalam anlisis gravimetri :1. Metode gravimetri untuk analisa kuantitatif didasarkan pada stokiometri reaksi pengendapan,2. Secara umum dinyatakan dengan persamaan :aA + pP  AaPp3. ³a´ adalah koefisien reaksi setara dari reaktan analit (A), ³p´ adalah koefisienreaksi setara dari reaktanpengendap (P) dan AaPp adalah rumus molekul dari zatkimia hasil reaksi yang tergolong sulit larut (mengendap) yang dapat ditentukkan beratnya dengan tepat setelah proses pencucian dan pengeringan.4. Penambahan reaktan pengendap P umumnya dilakukan secara berlebih agar dicapai proses pengendapanyang sempurna.
 
3
|Page 
5
. Misalnya, pengendapan ion Ca
2+
dengan menggunakan reaktan pengendap ionoksalat C2O42- dapatdinyatakan dengan persamaan reaksi berikut :Ca
2+
+ C
2
O
42-
 CaC
2
O
4
(s)6. Reaksi yang menyertai pengeringan :CaC
2
O
4
(s)  CaO (s) + CO
2
(g) + CO (g)7. Agar penetapan kuantitas analit dalam metode gravimetri mencapai hasilyangmendekati nilaisebenarnya, harus dipenuhi 2 kriteria :1) Proses pemisahan atau pengendapan analit dari komponen lainnya berlangsungsempurna.2)Endapan analit yang dihasilkan diketahui dengan tepat komposisinya danmemiliki tingkat kemurnianyang tinggi, tidak bercampur dengan zat pengotor.
 
Analisis gravimetri dapat berlangsung baik, jika persyaratan berikut dapat terpenuhi:1.
 
Komponen yang ditentukan harus dapat mengendap secara sempurna (sisa analityang tertinggal dalam larutan harus cukup kecil, sehingga dapat diabaikan),endapan yang dihasilkan stabil dan sukar larut.2.
 
Endapan yang terbentuk harus dapat dipisahkan dengan mudah dari larutan (dengan penyaringan).3.
 
Endapan yang ditimbang harus mempunyai susunan stoikiometrik tertentu (dapatdiubah menjadi sistem senyawa tertentu) dan harus bersifat murni atau dapatdimurnikan lebih lanjut (Vogel, 1990).
 
Perhitungan dalam anakisis gravimetri
 

x 100% Faktor Gravimetri =

 berat A = berat P x faktor gravimetrimaka : %A =

x 100%
A = anilitP = endapan
 
 

x 100%Faktor Gravimetri =
 
 berat A = berat P x faktor gravimetri maka : %A =

x 100%
A = anilitP = endapan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->