Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sengeta Pedra Branca malaysia VS Singapura

Sengeta Pedra Branca malaysia VS Singapura

Ratings: (0)|Views: 677 |Likes:
Published by Haqrah Dewi Safytra

More info:

Published by: Haqrah Dewi Safytra on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2013

pdf

text

original

 
ANALISIS TERHADAP KEPUTUSAN MAHKAMAHINTERNASIONAL
Terkait kasus sengketa kedaulatan pulau Batu Puteh, Middle Rocks dan South LedgeMalaysia vs Singapura
(Diajukan Sebagai Pengganti Ujian Hukum Internasional Publik)
OLEH :HAQRAH DEWI SAFYTRA B10/307227/PHK/06462
FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS GADJAH MADAKONSENTRASI STUDI HUKUM INTERNASIONALPROGRAM PASCASARJANA2011
 
I. JUDUL :
Sovereignty over Pedra Branca/Pulau Batu Puteh, Middle Rocks and South Ledge(Kedaulatan Terhadap Pulau Batu Puteh, Middle Rocks Dan South Ledge)
II. BENTUK KEPUTUSAN
Contentious Case ( 23 MAY 2008)
III. PIHAK-PIHAK YANG BERSENGKETA
MALAYSIA vs SINGAPURA
IV. PERISTIWA HUKUM YANG DIMINTAKAN KEPUTUSAN
Kesultanan Johor didirikan setelah perebutan Malaka oleh Portugis pada tahun 1511. Padapertengahan tahun 1600-an Belanda merebut kontrol atas berbagai daerah di wilayah tersebut darikekuasaan Portugal. Tahun 1975, Inggris menetapkan peraturan atas beberapa milik Belanda dikepulauan Melayu, tetapi pada tahun 1814 mengembalikan kepemilikan terdahulu Belanda (Dutch) dikepulauan Melayu kepada Belanda (Nederlands).Pada tahun 1819 sebuah ³pabrik´ Inggris (pusat perdagangan) didirikan di pulau Singapura(yang pada saat itu masih merupakan milik Johor) oleh East India Company, yang bertindak sebagaiagent dari pemerintah inggris di beberapa wilayah kepemilikan Inggris. Hal ini memperburuk ketegangan antara Inggris dan Belanda yang muncul terkait persaingan mereka terkait ambisi untuk mengkolonisasi wilayah tersebut. Pada Maret tanggal 17 tahun 1824 sebuah perjanjian ditandatanganiantara dua kekuatan kolonial ini. Sebagai konsekuensi perjanjian tersebut, satu bagian dari kesultananJohor jatuh kedalam lingkup pengaruh Inggris sementara lainnya jatuh pada lingkup pengaruhBelanda.Pada 2 agustus 1824 sebuah perjanjian persahabatan dan aliansi (selanjutnya disebut"Perjanjian Crawfurd") ditandatangani oleh East India Company dan Sultan Johor juga Temenggong(petinggi Malaysia) dari Johor, mempersiapkan penyerahan (cessi) Singapura secara penuh kepadaEast India Company, mencakup semua pulau dalam dalam rentang 10 mil dari geografis Singapura.Sejak kematian sultan Mahmud III dari Johor pada tahun 1812, dua putranya telah mengklaimsuksesi dari kesultanan Johor. Inggris mengakui kepewarisan putra sulungnya yakni Hussein (yangberbasis di Singapura), sebaliknya Belanda mengakui kepewarisan putra termuda yakni Abdul Rahman(yang berbasis di Riau, sekarang dikenal sebagai Pulau Bintan di Indonesia). Tanggal 25 juni 1825
 
Sultan Abdul Rahman mengirim surat kepada kakaknya dimana dia ³mendonasikan´ bagian dari pulauyang ditugaskan kepada sultan Husein berdasarkan pada perjanjian Anglo-dutch tahun 1824.Antara maret 1850 dan 1851, sebuah mercusuar dibangun di Pedra Branca/pulau Batu Puteh.Pada tahun 1867 diadakan Straits Settlement, kelompok wilayah East India Company yangditetapkan tahun 1826 (terdiri dari, antara lain, Penang, Singapura dan Malaka), menjadi wilayahkolonial Inggris. Tahun 1885 pemerintah Inggris dan ³state of Johor´ (negara bagian Johor)menandatangani Perjanjian Johor, dengan memberikan kepada Inggris hak perdagangan melalui daratdan hak transit melalui ³state of Johor´ dan pertanggungjawaban terhadap hubungan luar negeri, sertamemberikan perlindungan kepada Inggris atas integritas teritorinya sebaik mungkin.Straits Settlement menjadi tak berlaku lagi pada tahun 1946 : tahun yang sama dimana uniMalayan dibentuk, bagiannya berisi Straits Settlement terdahulu (tidak termasuk Singapura), NegaraFederasi Melayu dan lima negara Unfederasi Melayu (termasuk Johor). Tahun 1946 Singapuradiadministrasikan sebagai koloni Inggris dan menjadi hak milik Inggris. Tahun 1948 Uni Malayanmenjadi Federasi Malaya, pengelompokan dari koloni inggris dan ³Malay States´ berada di bawahperlindungan kerajaan Inggris. Federasi Malay memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun1957, dengan Johor sebagai negara konstituen dari federasi. Pada tahun 1958, Singapura menjadikoloni dengan pemerintahan sendiri. Pada 1963 Federasi Malaysia ditetapkan, dibentuk denganmenggabungkan Federasi Malaysia dengan koloni Inggris terdahulu yakni Singapura, Sabah danSarawak. Pada tahun 1965 Singapura meniggalkan Federasi dan memperoleh kedaulatannya sebagainegara independen.
V. PERMASALAHAN YANG DIMINTAKAN KEPUTUSAN
Pada 21 Desember 1979 Malaysia menerbitkan sebuah peta berjudul
³T 
erritorial Waters and Continental Shelf Boundaries of Malaysia´
(selanjutnya disebut ³peta 1979´). Peta menggambarkanpulau Pedra Branca/Batu Puteh berada di dalam wilayah perairan Malaysia. Dengan Catatandiplomatik tertanggal 14 Februari 1980 Singapura menolak "klaim" Malaysia terhadap PedraBranca/Batu Puteh dan meminta peta 1979 diperbaiki. Hal ini menyebabkan pertukaran korespondensiantara kedua negara dan kemudian diadakan serangkaian pembicaraan antar pemerintah pada 1993-1994, yang tidak menghasilkan resolusi atau penyelesaian terhadap masalah tersebut. Selama putaranpertama perundingan pada bulan Februari 1993 pertanyaan juga keraguan tentang status Middle Rocksdan South Ledge ikut muncul. Mengingat kurangnya kemajuan dalam negosiasi bilateral, akhirnyaPara Pihak setuju untuk menyerahkan sengketa untuk diselesaikan oleh Mahkamah Internasional.

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
xiang2zzzz liked this
xiang2zzzz liked this
xiang2zzzz liked this
xiang2zzzz liked this
xiang2zzzz liked this
xiang2zzzz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->