Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER

PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER

Ratings: (0)|Views: 1,499 |Likes:
Published by Lisa Aprilia
Bagi yang membutuhkan silahkan didownload. Mohon feedbacknya yaaa... ^^
Bagi yang membutuhkan silahkan didownload. Mohon feedbacknya yaaa... ^^

More info:

Published by: Lisa Aprilia on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
L
ATAR BE
L
AKANG
Untuk mencapai standar kompetensi dasar dalam mengembangkan pengetahuan,keterampilan dan kecakapan pelajar di bidang teknologi dan informasi, kelompok kerjakami menyusun kliping ini sesuai dengan instruksi dari guru pembimbing mata pelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi.
B.
 
TUJUAN
Penyusunan kliping ini bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran TeknologiInformasi dan Komunikasi sekaligus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan belajar siswa dalam bidang teknologi dan informasi.Kliping ini sekaligus mempermudah siswa untuk memahami materi danmengurangi kejenuhan siswa dalam menerima pelajaran. Siswa juga dapat lebih efektif untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran..
C
.
 
RUANG
LI
NGKUP MATER 
I
 
M
ateri yang dibahas dalam makalah ini meliputi :
 
Pengertian hardware
 
Pengertian software
 
Uraian macam-macam hardware
 
Dasar- dasar jaringan VOIP
 
PE
M
BAHASAN
A.
 
Pengertian HardwareHardware
atau perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer , dan dibedakandengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakandengan software yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikantugasnya.Perangkat hardware terbagi menjadi 3, yaitu :1.
 
Perangkat masukan (input device)
 Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupungambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input : keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan lain-lain.2.
 
Perangkat keluaran (output device)
 Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung, menampilkan dan menghasilkandata yang dikeluarkan.Contoh perangkat output : misalnya monitor dan printer.3.
 
Perangkat pengolah data (processor device)
 Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data. Pengolah data meliputiunit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
B.
 
Pengertian SoftwareSoftware
atau perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dandiatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupaprogram atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
M
elalui sofware atauperangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secarafisik tidak ada wujudnya.
M
aka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kitadapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi dan Yang hanya bisa kita peganghanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dan sebagainya. Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisajuga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.
 
Software dibagi menjadi 3 menurut jenisnya, yaitu :1.
 
ProgramAplikasi(contohnya,
M
icrosoft Office)2.
 
Sistem Operasi (contohnya,
M
icrosoft Windows)3.
 
BahasaPemrograman (yakni Bahasa pemrograman Pascal dan Rakitan)Ada beberapa macam software menurut pendistribusiannya :1.
 
Software berbayar Software berbayar merupakan software yang dibuat untuk tujuan komersil,maksudnya, jika kita ingin menggunakannya, maka kita harus membayar sejumlahuang. Contoh dari software berbayar, yaitu:
M
icrosoft Windows,
M
icrosoftOffice,Adobe Photoshop, dan lain-lain.2.
 
Open SourceSoftware Open Source software ini lahir dari kebebasan berkarya. Pada program inisebuahkomunitasmendapat kebebasan untuk belajar, merevisi ulang, mengutak-atik dan tentunya dengan tanggung jawab atas apa yang dilakukan.3.
 
Free Software
M
erupakan software yang memberikankebebasanuntuk menjalankan program,menyebarluaskan agar dapat dinikmati oleh khalayak umum, mempelajari agar program dapat bekerja sesuai dengan kebutuhan, mengubah dan meningkatkan kinerjaperangkat lunak.4.
 
SharewareAda beberapa kemungkinan dalam pendistribusian Shareware ini. Sharewareumumnya merupakan program yang didistribusikan dengan batas tertentu, bila inginmendapatkan fitur-fitur lebih, maka kita harus mengeluarkan sejumlahuanguntuk membayarnya. Atau bisa juga digunakan untuk evaluasi terhadap suatuproduk untuk menambahkan fitir-fitur tertentu yang lebih baik lagi. Shareware bisa juga sebagibahan uji coba ketika kita ingin membeli suatu software, jika kita merasa cocok makakita tidak akan ragu lagi membelinya.5.
 
Freeware
M
erupakan software yang mempunyai hak cipta yang gratis digunakan tanpa bataswaktu. Atau dalamdefinisilain disebutkan bahwa Freeware merupakan program yangdidistribusikan gratis tanpa biaya tambahan.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fadil Sii Mayor added this note
tq
Jeni Ajja liked this
Deffrizal St liked this
Tofan Sameijusi liked this
Aprilia Nungki liked this
ryana_pratama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->