Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bauran Dan Proses Komunikasi Pemasaran

Bauran Dan Proses Komunikasi Pemasaran

Ratings: (0)|Views: 159 |Likes:
Published by Windy Anindya Putri

More info:

Published by: Windy Anindya Putri on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2011

pdf

text

original

 
|0 komentar »menembus pasar sepatu kasual tahun lalu. Menyadaribanyaknya pemain di segmen sepatu olah raga, Pieromengarahkan positioningproduknya lebih kepada life-style sport shoes buat remaja. Sadar kalau mediayang banyak ditonton target market-nya adalah MTV, maka Piero banyakmenempatkan iklannya di media MTV, selain di teve swasta lainnya, khususnyadi program acara yang banyak diminati remaja, seperti Pernikahan Dini, dan lain-lain. Acara-acara yang disponsori Piero juga sering disiarkan MTV Singapuradan Malaysia. Promosinya yang paling menonjoladalah bergabungnya Piero sebagai official sponsor MTV(Asia dan Indonesia) untuk kategoriproduk footwear. Piero mensponsari sepanjang tahun acara MTV Wow dan Get Nongkrong MTV.Karena sedari awal ingin mengesankan sebagai produk internasional, Pieroselalu menggunakan bintang iklan bule. Mereka terus mencoba membuatterobosan terutama dari aspek desain dan warna. Misalnya, berani menawarkansepatu warna merah yang sebelumnya tak ada pabrik yang beranimemasarkannya.Ternyata sekarang warna merah justru paling diminati. Daripengalaman itu,mereka berusaha terus mencari tren dan model terbaru.Promosi lini atas juga dilengkapi dengan serentetan aktivitas lini bawah. Tahun2001, waktu meluncurkan program Back ToSchool 2001, mereka mengundangpemilik took-toko sepatu di semua provinsidalam acara yang dikemas secara unik dan menghibur dengan me-nampilkanKrisdayanti dan Project-P. Acara ini bukan sekedar dealer meeting, namun inginmenegaskan kehadiran Piero yang menawarkan konsep dan kelas yangberbeda.Pada tahun 2001, mereka bisa menjual 800.000 pasang sepatu, dan menurutkalkulasi mereka bisa menjual 1,2 juta pasang sepatu tahun 2002. Merekamenetapkan target waktu tiga tahun agar Piero betul-betul bisa diterima pasar remaja Asia Tenggara. Memang untuk mendukung pemasaran produk-produkdengan siklus hidup relatif pendek seperti yang ditawarkan Piero, intensitas dankonsistensi komunikasi ke konsumen harus terus dijaga agar bisa bertahan danmenguasai pasar. Dari sisi harga, Piero juga mesti mencermati karena segmenmenengah yang dibidik bersifat tak terlalu emosional dan cukup valueoriented.Gebrakan Piero terbukti sampai saat ini masih cukup bergaung. Yangjelas untuk menyokong ambisinya tadi, Piero harus bekerja keras, termasukmerancang dan mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran yangtepat.
 
Pengertian Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran adalah proses penyebaraninformasi tentang perusahaandan apa yang hendak ditawarkannya (offering) pada pasar sasaran.Peran komunikasi pemasaran sangat vital mengingatperan komunikasi dalammemfasilitasi hubungan saling menguntungkan antara perusahaan denganpembeli prospektif.Berkat perkembangan ilmu pemasaran, tujuan komunikasikini tak lagi terbatasuntuk men-dorong pembelian pertama, namun jugamemastikan kepuasan paska pembeliansehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya pembelian berulangdan pembelitersebut menjadi pelanggan yang loyal.Setiap perusahaan selalu berusaha untuk dapat berkomunikasi dengankonsumen. Komunikasi diperlukan untuk memberitahu konsumen hal-hat berikut:• Tersedianya suatu penawaran (offering)• Benefit unik dari penawaran tersebut•Di mana dan kapan dapat diperoleh dan digunakan penawaran di atas.Apa pun pesan yang dipilih untuk dikomunikasikan hendaknya memangdiinginkan audiens yang dituju, bersifat eksklusif atau unik dari sisi produk ataujasa yang ditawarkan, danbisa dipercaya dalam hal klaim benefit yangditawarkan oleh produk tersebut.
Bauran Komunikasi Pemasaran
Bauran komunikasi pemasaran adalah program komunikasi pemasaran totalperusahaan yang terdiri atas iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan danhubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuanpenyebaran informasi tentang perusahaan dan apa yang hendak ditawarkannya(offering) pada pasar Ketika perusahaan merancang strategi komunikasi, pemasar harus membukawawasannya agar berpikir dalamkerangka komunikasi pemasaran terpadu, yaitumemanfaatkan beragam elemenbauran komunikasi yang berbeda-beda agar tercipta koherensi yang salingmendukung.Berkat kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pemasaran, kini komunikasiperusahaan tidak lagi terbatas, style dan harga produk, bentuk dan warnakemasan,tata cara dan busana wiraniaga, dekorasi ruangan, alat tulis kantorsemuanya mengkomunikasikan sesuatu pada pelanggan.
 
Setiap brand contact rnembawa kesan yang bisa memperkuat atau justrumemperlemah citra perusahaan di mata konsumen. Karena itu, pemasar harusmemadukan keseluruhan bauran pemasaran agar dapat efektifmengkomunikasikan pesan dan positioning strategis yang konsisten pada konsumen.
Periklanan
Iklan dapat dibedakan berdasarkan ciri-ciri dan kelebihan yang dimiliki:• Public presentation, Sifat publik dari iklan memberi semacam legiti-masi padaproduk dlan mengesankan penawaran yang ter-standarisasi.Pervasiveness, Pemasar bisa mengulang-ulangpesan yang sama melaluiiklan, Iklan berskala besar akan menimbulkan kesanpositif tentang ukuran, kekuatan dan kesuksesan (perusahaan) penjual.Amplified expressiveness, Iklan memberi peluang untuk men-dramatisirperusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, bunyi danwarna.Impersonality, Audiens tidak wajib menaruh perhatian atau me-respon iklan.Iklan lebih merupakan monolog di depan audiens, bukan sebuah dialog denganaudiens.
Tiga media iklan yang relatif baru pantas diberi catatan khusus
• Advertorial adalah iklan cetak yang memuat teks editorial.Infomersial adalah iklan tv yang ditayangkan selama 30menit sama sepertiacara tv lainnya,mengupas atau mendemonstrasikan sebuahproduk. Pemirsabisa memesan dengan menelepon langsung sehingga dampakinfomersial langsung dapat diukur.• Banner adalah tanda kedl di halaman Web yang menyajikan iklan produk atauperusahaan dengan cara mengklik banner tersebut.
Promosi Penjualan
Pada dasarnya semua jenis promosi penjualan menawarkan tiga benefit unik:• Komunikasi, promosi biasanya mengundang minat dan umum-nya menyajikaninformasi agar konsumen terdorong membeli.• Insentif, mereka menawarkan konsesi, rangsangan atau kontribusi yang bagikonsumen bisa merupakan value tersendiri.• Undangan, promosi bersifat mengundang agar seketika dapat terjadi transaksi.Perusahaan biasanya memanfaatkan promosi penjualan agar dapat merangsangrespon lebih cepat dan kuat dari konsumen.Umumnya, dampak jangka pendek lebih diutamakan seperti men-dramatisir tawaran perusahaan agar penjualan yang sedang lesu dapat terdongkrak lagi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->