Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyusunan Anggaran,Dagmar,Copywriting,Mnajemen Periklanan

Penyusunan Anggaran,Dagmar,Copywriting,Mnajemen Periklanan

Ratings: (0)|Views: 1,235|Likes:
Published by Windy Anindya Putri

More info:

Published by: Windy Anindya Putri on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2014

pdf

text

original

 
PENYUSUNAN ANGGARAN PERIKLANAN
Teori anggaran periklanan
Anggaran periklanan adalah proses yang sederhana, yang memungkinkanseseorang menerima alasan bahwa tingkat terbaik (optimal) dari berbagaiinvestasi adalah tingkat yang dapat memaksimalkanlaba. Asumsi inimempengaruhi aturan untuk menetapkananggaran periklanan; melanjutkaninvestasi dalam periklanan sepanjangpendapatan marginal dari investasi-investasi tersebut melampaui biaya-biayamarginal. Labadimaksimalkan pada suatu keseimbangan dimana pendapatanmarginal seimbang dengan biaya marginal.Para pembuatkeputusan periklanan harus mempertimbangkan beberapa faktoryang berbeda saat menyusun anggaran periklanan antara lain:1. Tujuan periklanan,2. Aktivitas iklan pesaing,3. Jumlah dana yang tersedia untuk beriklan.
1. Tujuan Periklanan
Pertimbangan utama yang mendasari penentuan anggaran iklan adalah tujuanyang hendak dicapai oleh iklan tersebut, jadi besarnya anggaran harus mengikutitujuan spesifik yang ditetapkan untuk periklanan.
2. Berapa besar pengeluaran pesaing
Dalam pasar yang sangat bersaing lebih banyak lagi dana yang perludiinvestasikan dalam periklanan dengan maksud meningkatkan atausekurangnya memelihara posisi pasar. Belanja iklan tiap perusahaan dapatdianggap sebagai suatu prosentase dari keuntungan total yang disebut pangsasuara (share of voice/SOV). SOV dan pangsa pasa(share of market/SOM)berhubungan: di mana merek-merek yang memiliki SOVlebih besar umumnya juga memiliki SOM yang lebih besar. Hubungan antaraSOM dan SOV dua arah :dimana SOV merek secara parsial mempengaruhiperingkat SOMnya. Pada saat yang sama, merek dengan SOM yang lebih besar bisa berupaya mencapai SOV yang lebih tinggi, sementara pangsa merek yanglebih kecil kerap terbatas pada SOV kecil, dibandingkan dengan para pesaingnyayang lebih baik.
 
EFEK SOV DAN BELANJA IKLAN
Tinggi
A. B.Menemukan Ceruk Pasar Meningkatkan Iklan untuk(niche) yang defensif dan mempertahankan Posisimengurangi IklanC. D.Menyerang dengan Premium Memelihara Premium IklanSOV yang besar yang biasa /Menengah
Pada Kolom A.
Pada situasi ini SOM anda relatif rendah dan SOV pesaing anda relatif tinggi.Rekomendasinya adalah menurunkan pengeluaran iklan dan menemukan suatuceruk pasar yang bisa dipertahankan untuk melawan para pesaing lainnya.
Pada Kolom B
SOM anda dalam situasi ini relatif tinggi dan pesaing anda memiliki SOV yangtinggi. Rekomendasi harus meningkatkanpengeluaran iklannya untukmempertahankan posisi pangsa pasar saat ini. Kegagalan untuk melakukan hal itu akan mengakibatkan kerugian pangsa karenapesaing agresif.
Pada Kolom C 
SOM anda rendah dan SOV pesaing juga. Rekomendasi umum pada situasiseperti ini menyerang pesaing yg SOVnya rendah dengan premium SOV besar berhadapan dengan pesaing tersebut
Kolom D
Pada situasi ini anda memiliki posisi yang menarik dimana anda memiliki pangsapasar yang tinggi dan memiliki SOV yang relatif rendah. Karena itu akanmemungkinkan bagi anda untuk mempertahankan pangsa yang besar denganhanya memelihara pengeluaran iklan premium yang biasa dibandingpesaing anda.
3. Berapa banyak uang yang tersedia
Penyusunan anggaran periklanan ditentukan oleh persepsi para pembuatkeputusan tentang seberapa banyak mereka bisa menyetujui pengeluaraniklan.Sedangkan Darmadi Durianto, dkk menyatakan secaraumum terdapat lima faktoryang perlu dipertimbangkan pada penetapan anggaranperiklanan, yaitu :1. Tahapan siklus hidup produk2. Pangsa pasar dan basis konsumen3. Persaingan dan gangguan
 
4. Frekuensi periklanan5. Kemungkinan substitusi produk
Metode Penganggaran
1. Anggaran Persentase-Penjualan
Suatu perusahaan menyusun anggaran periklanan merek secara sederhanasebagai persentase tetap dari volume penjualan masa lalu atau antisipasi masadepan.Co: suatu perusahaan mengalokasikan 3% dari hasil penjualan yang ditargetkanpada periklanan dan proyeksi penjualan perusahaan tahun depan untuk merektertentu menjadi US$ 100 juta. Dengan demikian anggaran iklannya akan menjadisekitar US$ 3 juta.
2. Metode Tujuan dan Tugas
Secara umum metode ini merupakan metode anggaran periklanan yang palingmasuk akal dan bisadipertahankan. Metode ini para pembuat keputusanperiklanan harus secara jelasmenspesifikasikan peran yang mereka ingin untuk dimainkan oleh suatuperiklanan bagi suatu merek kemudian menyusun anggaran yang sesuai. Perantersebut secara tipikal diidentifikasikan dalam tujuan komunikasi(co. meningkatkan kesadaran akan merek sebesar 20%) tetapi dinyatakan dalamvolume penjualan atau ekspetasi pasar (co. peningkatan pangsa pasar dari 15menjadi 20%).Langkah-langkah aplikasi metode ini adalah:1. Menetapkan tujuan pemasaran yangspesifik yang perlu dicapai, sepertivolume penjualan, pangsapasar dan kontribusi laba.2. Mengukur/menilai fungsi komunikasi yang harus ditampilkan agar mencapaiseluruh tujuan pemasaran.3. Menentukan peran periklanan dalam bauran komunikasi total didalammenjalankan fungsi yang ditetapkan dalam langkah4. Menyusun tujuan iklan yang spesifik dalam bentuk tingkat respon komunikasiyang bisa diukur yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan pemasaran5. Menetapkan anggaran berdasarkan estimasi pengeluaran yang diperlukanuntuk mencapai tujuan-tujuan periklanan.
3. Metode Penyamaan dengan Pesaing 
Menyusun anggaran iklan dengan mengikuti apa yang dilakukan oleh parapesaing. Suatu perusahaan bisabelajar bahwa kompetitor utamanyamengalokasikan 10% dari penjualannyaterhadap periklanan, kemudian memutuskan tahun depan untuk membelanjakanpersentase yang

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->