Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik

UU Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Partai Politik

Ratings: (0)|Views: 1,153|Likes:
Published by Yurdani Ahmad

More info:

Published by: Yurdani Ahmad on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/13/2014

pdf

text

original

 
 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 2 TAHUN 2011TENTANGPERUBAHAN ATASUNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG PARTAI POLITIKDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang
:
 a.
 
bahwa dalam rangka menguatkan pelaksanaan demokrasidan sistem kepartaian yang efektif sesuai dengan amanatUndang-Undang Dasar Negara Republik IndonesiaTahun 1945, diperlukan penguatan kelembagaan sertapeningkatan fungsi dan peran Partai Politik;b.
 
bahwa Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang PartaiPolitik perlu diubah sesuai dengan tuntutan dan dinamikaperkembangan masyarakat;c.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a dan huruf b, perlu membentuk Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 2Tahun 2008 tentang Partai Politik;Mengingat
:
 1.
 
Pasal 20, Pasal 21, Pasal 22E ayat (3), Pasal 24C ayat (1),Pasal 28, Pasal 28C ayat (2), dan Pasal 28J Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;2.
 
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008Nomor 2, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4801);Dengan . . .
 
 
- 2 -Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIADANPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
 
MEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG PARTAI POLITIK.Pasal IBeberapa ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 2Tahun 2008 tentang Partai Politik (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2008 Nomor 2, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4801) diubah sebagai berikut:1.
 
Ketentuan Pasal 1 angka 7 diubah sehingga Pasal 1 berbunyisebagai berikut:Pasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1. Partai Politik adalah organisasi yang bersifat nasionaldan dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesiasecara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentinganpolitik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, sertamemelihara keutuhan Negara Kesatuan RepublikIndonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.2. Anggaran Dasar Partai Politik, selanjutnya disingkat AD,adalah peraturan dasar Partai Politik.3. Anggaran Rumah Tangga Partai Politik, selanjutnyadisingkat ART, adalah peraturan yang dibentuk sebagaipenjabaran AD.4. Pendidikan . . .
 
 
- 3 -4. Pendidikan Politik adalah proses pembelajaran danpemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawabsetiap warga negara dalam kehidupan berbangsa danbernegara.5. Keuangan Partai Politik adalah semua hak dan kewajibanPartai Politik yang dapat dinilai dengan uang, berupauang, atau barang serta segala bentuk kekayaan yangdimiliki dan menjadi tanggung jawab Partai Politik.6. Menteri adalah Menteri yang membidangi urusan hukumdan hak asasi manusia.7. Kementerian adalah Kementerian yang membidangiurusan hukum dan hak asasi manusia.2.
 
Ketentuan Pasal 2 ayat (1) dan ayat (5) diubah, di antaraayat (1) dan ayat (2) disisipkan 2 (dua) ayat yakni ayat (1a)dan ayat (1b) serta pada ayat (4) ditambahkan 4 (empat)huruf yakni huruf g, huruf h, huruf i, dan huruf m, sehinggaPasal 2 berbunyi sebagai berikut:Pasal 2(1) Partai Politik didirikan dan dibentuk oleh paling sedikit30 (tiga puluh) orang warga negara Indonesia yang telahberusia 21 (dua puluh satu) tahun atau sudah menikahdari setiap provinsi.(1a) Partai Politik sebagaimana dimaksud pada ayat (1)didaftarkan oleh paling sedikit 50 (lima puluh) orangpendiri yang mewakili seluruh pendiri Partai Politikdengan akta notaris.(1b) Pendiri dan pengurus Partai Politik dilarang merangkapsebagai anggota Partai Politik lain.(2) Pendirian dan pembentukan Partai Politik sebagaimanadimaksud pada ayat (1) menyertakan 30% (tiga puluhperseratus) keterwakilan perempuan.(3) Akta notaris sebagaimana dimaksud pada ayat (1a)harus memuat AD dan ART serta kepengurusan PartaiPolitik tingkat pusat.(4) AD . . .

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
aal liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->