Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
strategi pemasaran

strategi pemasaran

Ratings: (0)|Views: 130 |Likes:
Published by ilhamkurniahadi

More info:

Published by: ilhamkurniahadi on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/07/2013

pdf

text

original

 
UJIAN AKHIR SEMESTER
 
Menyingkapi Persaingan Bisnis dengan StrategiPemasaran Jasa
DOSEN : Prof. Ir. Rudy C. Tarumingkeng, Ph.D
Eliza Rusli
01-2008-039
UNIVERSITAS KRISTEN KRIDA WACANAPROGRAM S2 MAGISTER MANAGEMENT (MM)JAKARTA
 
 
Definisi jasa
 
Pengetian Jasa Jasa adalah semua tindakan atau kegiatan yang dapat tawarkan oleh satupihak kepada pihak lainnya yang tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikanapapun. Beberapa hal berikut merupakan karakteristik dari jasa,
yaitu intangible
atau
tidak terlihat.
Tidak terpisahkan, antara jasa yang disediakan dengan penyedia jasa.Kemudian bervariasi, dalam hal ini adalah standar nilai dari suatu jasa terhadappelanggan adalah berbeda-beda. Dan yang terakhir adalah Mudah lenyap, karena jasahanya ada ketika proses transaksi antara penyedia jasa dan pelanggan berlangsung.Setelah itu jasa akan hilang. Berbeda halnya dengan produk yang dapat dimiliki setelahtransaksi terjadi. Kualitas jasa atau layanan merupakan tingkat kesenjangan antaraharapan atau keinginan pelanggan dengan persepsi atau performansi yang telah merekarasakan.Sifat dan klasifikasi Jasa. Penawaran jasa dibedakan dalam lima kategori, yaitu :1.
 
Penawaran barang berwujud murni, contohnya adalah sabun, shampo.2.
 
Penawaran barang berwujud disertai jasa, contohnya penjualan produk komputerdimana pelanggan membutuhkan instaasi atau servis komputer yang sudahdibelinya.3.
 
Campuran, dimana porsi antara produk dan jasanya seimbang, contohnya adalahpenawaran makan direstaurant dimana pelanggan memesan makan disertaidengan kebutuhan pelayanan yang memuaskan.4.
 
Jasa Utama disertai barang tambahan, contohnya adalah perusahaan jasa travelyang menjual jasa transportasi disertai produk tambahan misalnya makanan yagdisajikan dengan merek tertentu.5.
 
Penawaran Jasa murni, contoh yang sering ditemui adalah pelayanan jasa cukurrambut ( salon kecantikan ).Selain itu Jasa dapat dibedakan dalam empat kategori.
pertama
berbasis orang
peralatan
,
contohnya adalah jasa pencucian mobil yang menggunakan tenaga orang jugamesin.
Kedua
adalah jasa yang menghadirkan klien, dalam arti bahwa penjualan jasa
PDF Created with deskPDF PDF Writer - Trial :: http://www.docudesk.com
 
tidak dapat dilakukan tanpa kehadiran klien, misalnya saja jasa cukur rambut
.
ketiga
 
adalah jasa yang memiliki porsi berbeda-beda dalam penjualannya sesuai dengankebutuhan, contohnya adalah akan brbeda pelayanan antara dokter pribadi dan dokterumum ditinjau dari kekhususan pelayanannya. Dan yang terakhir adalah Jasa yangberbeda dalam tujuan dan kepemilikannya.Strategi Pemasaran Perusahan Jasa salah satunya dapat dilihat dari bauran pemasaranyaitu product, price, place atau distribution dan promotion sangat membantu dalampemasaran suatu produk. Namun dalam pemasaran jasa yang sebagian besar berhubnganlangsung dengan manusia sehingga membuat perbedaan atas hasil kepuasan pelanggan.Untuk itu pemasaran jasa perlu memperhatikan unsur lainnya yaitu people, physicalevidence dan process.Pelayanan yang baik dari penyedia jasa ( people ) akan membentuk suatu physicalevidence pada pelanggan akibat process pemberian jasa yang dilakukan sangat baik. Dariphysical evidence yang telah terbentuk memungkinkan untuk peningkatan jumlahpelanggan yang ingin menggunakan jasa layanan yang sama. Mengelola Mutu JasaTerdapat suatu strategi yang dapat ditempuh dalam memenangkan persaingan denganpesaing usaha yaitu dengan cara menyampaikan layanan yang bermutu tinggi secarakonsisten dibanding para pesaing dan lebih tinggi daripada harapan pelanggan. Untuk menghindari kegagalan dalam penyampaian jasa, perlu diperhatikan kesenjangan-kesenjangan yang mungkin terjadi, diantaranya sebagai berikut :1.
 
Kesenjangan terjadi antara harapan konsumen dan persepsi manajemen. Contoh,manajemen rumah sakit menganggap pasien menginginkan menu makanan yangdisajikan enak, padahal pasien menginginkan pelayanan perawat yang baik.2.
 
Kesenjangan terjadi antara persepsi manajemen dan spesifikasi mutu jasa.3.
 
Kesenjangan terjadi antara spesifikasi mutu dengan cara penyampaian jasa4.
 
Kesenjangan terjadi antara penyampaian jasa dan komunikasi internal.5.
 
Kesenjangan yang terjadi antara jasa yng dialami dengan jasa yang diharapkan(persepsi konsumen).
PDF Created with deskPDF PDF Writer - Trial :: http://www.docudesk.com

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->