Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pembelajaran Efektif

Pembelajaran Efektif

Ratings: (0)|Views: 3,220|Likes:
Published by Arsyadi

More info:

Published by: Arsyadi on Apr 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

 
 
BAB I.PENDAHULUANA. Latar Belakang
Mengawali tulisan ini, penulis ingin memberikan beberapa pemikiran dalam rangkaupaya untuk mengembangkan mutu pendidikan melalui proses pembelajaran. Pokok-pokok pikiran ini merupakan bagian dari visi dan misi pengajaran secara universal.Pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembangan yangberkualitas, sebab dengan pendidikan manusia dapat mewujudkan semua potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Dalam rangka mewujudkan potensi dirimenjadi multiple kompetensi harus melewati proses pendidikan yang diimplementasikan dalamproses pembelajaran yang efektif. Berlangsungnya proses pembelajaran tidak terlepas dengansystem atau metode pembelajaran yang baik, yakni mencakup keefektifitasan dan efesiensiproses pembelajaran.Berdasarkan teori belajar, melalui pendekatan dan tata cara pembelajaran yang efektif menjadi lebih bermakna. Buah dari proses pendidikan dan pembelajaran efektif akhirnya akanbermuara pada hasil dan manfaat. Manfaat keberhasilan pembelajaran efektif akan terasamanakala apa yang diperoleh dari pembelajaran dapat diaplikasikan dan di implementasikandalam realitas kehidupan. Inilah salah satu sisi positif yang melatar belakangi pembelajaranefektif dewasa ini.Penulis terilhami menuangkan tulisan ini dengan maksud untuk dikembangkan menjadivisi misi sekolah sebagai prioritas untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mudah-mudahantulisan singkat ini dapat menjadi bahan masukan bagi para pendidik atau calon pendidik sebagaisumber belajar dan informasi yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang lebih baik.Model pendekatan ini pun relevan dengan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, danmenyenangkan (PAIKEM), sehingga pada gilirannya dapat mencetak siswa yang cerdas danberkualitas..
B. Rumusan Masalah
 1.
 
Apa yang dimaksud dengan pembelajaran efektif ?2.
 
Seberapa besarkah efektifitas system pembelajaran efektif ?3.
 
Apa saja yang mendukung system pembelajaran efektif 
C
. Tujuan
 Tujuan penulis membuat makalah ini, agar para pendidik mengerti dan memahamiproses, faktor dan konsep pembelajaran efektif anak, sehingga nantinya para pendidik mengetahui langkah apa yang harus dilakukan dalam menerapkan pembelajaran yang efektif dansesuai dengan karakter anak/siswa.
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
DEFINISI PEMBELAJARAN EFEKTIF
Pembelajaran efektif merupakan salah satu prediktor mutu pendidikan. Sementara mutupendidikian itu sendiri tidaklah mudah didefinisikan, lebih sulit dibanding mendefinisikan mutudi bidang lainnya. Meskipun tidak mudah didefinisikan, mutu pendidikan harus diupayakanuntuk didefinisikan, setidaknya diperlukan sebuah parameter terukur guna memudahkan prosespenjaminan mutu, monitoring dan evaluasi kegiatan pendidikan. Pada saat ini pemerintah telahmenetapkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagai rujukan atau parameter dalampenyelenggaraan pendidikan bermutu, yakni standar; isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaianpendidikianPengertian pembelajaran efektif bukanlah sesuatu yang sederhana atau tentu tidak memadai lagi jika hanya diartikan sebatas transfer of knowledge, justru menjadi penting ketikadiartikan sebagai pembelajaran konstruktivistik yang lebih berorientasi pada siswa (studentcentries). Dalam arti, peserta didik atau si belajar menjadi pusat pembelajaran. Sementarateaching-learning berada melingkari peserta didik tersebut. Keberhasilan teaching learningtergantung pada; (1) enabling environment; (2) knowledge infrastructure; (3) human andphysical resource, and (4) school management and governance. Akhirnya hal tersebut di atassangat ditentukan oleh sebuah kebijakan pendidikanPendapat senada menyatakan bahwa, ³Mutu pendidikan ditentukan oleh ³EffectiveTeaching and Learning (ETL)´. ETL itu sendiri dipengaruhi oleh; (1) teacher supply, training,and profesional development support;(2) school leadership internal organization and culture; (3)quality assurance and support system; (4) accountability mechanisms and processes, includingschool governence; (5) the physical environment of the school; (6) the curriculum and it¶sassessment:instructional aid; (7) links and partnerships with parent and the community; and (8)the well-being attendance and motivation of all pupils.Pembelajaran efektif berarti mencapai tujuan, siswa belajar meraih target sesuai dengankriteria target pada perencanaan atau sang pengajar. Mengajar yang efektif jika siswa dapatmenyerap materi pelajaran dan mempraktekannya sehingga memperoleh keterampilanterbaiknya. Mengajar yang efektif berarti guru dapat menggunakan waktu yang sesingkat-singkatnya dengan hasil setinggi-tingginya. Jadi mengajar yang efektif berarti mengajar yangefisien. Efektif itu artinya mencapai target yang ditetapkan dalam rencana. Oleh karena ituperencanaan pembelajaran yang efektif adalah yang menetapkan kiteria target dan gurumelakukan pengukuran pencapaian. Jadi, mengajar yang efektif itu jika pelaksanaannya terdapatinstrumen untuk mengukur keberhasilan dan melaksanakan pengukuran.
 
Jika kebervariasian metode mengajar menjadi ciri efektifnya guru mengajar, maka guruyang profesional harus ditandai dengan menguasai sejumlah metode dan mampumengaplikasikannya. Pekerjaan itu baru sempurna dinyatakan efektif jika benar-benar memfasilitasi siswa belajar untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Untuk memenuhikriteria menguasai berbagai metode mengajar, maka diperluka model-model atau metodepembelajaran efektif 
B.
 
METODE PEMBELAJARAN EFEKTIF
Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukandan kita berikan kepada anak-anak kita. Karena ia merupakan kunci sukses unutk menggapaimasa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuanyang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat peranyang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan.Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenakngkan dan tidak membosankan.Di bawah ini adalah beberapa metode pembelajaran efektif, yang mungkin bisa kita persiapkan.
1
.
 
Metode Debat
 Metode debat merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket prodan kontra. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari empatorang. Di dalam kelompoknya, siswa (dua orang mengambil posisi pro dan dua orang lainnyadalam posisi kontra) melakukan perdebatan tentang topik yang ditugaskan. Laporan masing-masing kelompok yang menyangkut kedua posisi pro dan kontra diberikan kepada guru.Selanjutnya guru dapat mengevaluasi setiap siswa tentang penguasaan materi yangmeliputi kedua posisi tersebut dan mengevaluasi seberapa efektif siswa terlibat dalam prosedur debat.Pada dasarnya, agar semua model berhasil seperti yang diharapkan pembelajarankooperatif, setiap model harus melibatkan materi ajar yang memungkinkan siswa salingmembantu dan mendukung ketika mereka belajar materi dan bekerja saling tergantung(interdependen) untuk menyelesaikan tugas. Ketrampilan sosial yang dibutuhkan dalam usahaberkolaborasi harus dipandang penting dalam keberhasilan menyelesaikan tugas kelompok.Ketrampilan ini dapat diajarkan kepada siswa dan peran siswa dapat ditentukan untuk memfasilitasi proses kelompok. Peran tersebut mungkin bermacam-macam menurut tugas,misalnya, peran pencatat (recorder), pembuat kesimpulan (summarizer), pengatur materi(material manager), atau fasilitator dan peran guru bisa sebagai pemonitor proses belajar.

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tri Wahyuni liked this
Angga Permadi liked this
Mukti Ali liked this
Dahlia Tambajong liked this
Abdul Gaffar liked this
Chibon D Pepuk liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->