Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Proposal Ptk Mata Pelajaran

Contoh Proposal Ptk Mata Pelajaran

Ratings: (0)|Views: 149 |Likes:
Published by jamil241

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: jamil241 on Apr 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
CONTOH PROPOSAL PTK MATAPELAJARAN KIMIA
InCurriculum,Guru,Media Ajar ,Pendidikan,T I K on
13 March 2010
at
3:22 am
 
A. JUDUL PENELITIAN
 PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII MAN TERHADAPPEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTASI
B. BIDANG ILMU : PENDIDIKAN KIMI
A
C. PENDAHULUAN
 Dewasa ini kesejahteraan bangsa bukan hanya bersumber pada sumber daya alam dan modalyang bersifat fisik, melainkan juga pada modal intelektual, sosial dan kepercayaan. Dengandemikian, tuntutan untuk terus memutakhirkan pengetahuan sains menjadi suatu keharusan.Bangsa yang berhasil adalah bangsa yang berpendidikan dengan standar mutu yang tinggi,karena industri baru dikembangkan dengan berbasis kompetensi sains dan teknologi tingkattinggi (Puskur Diknas, 2003).Mutu pendididikan IPA, berkaitan dengan banyak faktor antara lain kompetensi guru,efektivitas proses pembelajaran, ketersediaan fasilitas pendidikan serta tingkat motivasibelajar siswanya. Namun pada kenyataannya dalam dunia pendidikan memperlihatkanbahwa pembelajaran pada umumnya bersifat ekspositoris, verbalistik dan cenderung hanyamenggunakan papan tulis, kurang upaya untuk melakukan demonstrasi, eksperimen danbentuk peragaan lainnya dalam pembelajaran (Firman,H., 2000). Mata pelajaran kimia diSMA/MA bertujuan untuk membentuk sikap yang positif pada diri siswa terhadap kimiayaitu merasa tertarik untuk mempelajari kimia lebih lanjut karena merasakan keindahandalam keteraturan perilaku alam serta kemampuan kimia dalam menjelaskan berbagaiperistiwa alam dan penerapannya dalam teknologi. Salah satu materi pokok yang banyak kaitannya dengan kemampuan kimia dalam menjelaskan berbagai peristiwa alam dalamsilabus kimia adalah
Sifat Koligatif Larutan
dan
Elektrokimia
. Kedua materi tersebutmerupakan konsep yang selalu ada dalam kurikulum ilmu kimia. Siswa mengalami kesulitandalam mempelajari sifat koligatif larutan dan konsep elektrokimia karena kedua materitersebut bersifat abstrak 
 
(Baharudin, 2000). Disamping itu pembelajaran kedua materitersebut yang dilakukan selama ini lebih banyak menggunakan metode ceramah dimanadengan materi yang cukup abstrak, umumnya menjadi beban bagi siswa. Oleh karena itu,perlu dicari alternatif model pembelajaran yang dapat meminimalkan beban hafalan dan lebihmeningkatkan minat belajar pada siswa, yaitu dengan cara pemanfaatan media komputasi.Sehingga dengan melakukan pembelajaran dengan pemanfaatan media komputasi ini, siswadiharapkan dapat lebih mudah memahami materi sifat koligatif larutan dan konsepelektrokimia.Peserta belajar dengan kemampuan yang bervariasi adalah umum dijumpai pada suatu prosespembelajaran. Kemampuan yang bervariasi dapat berupa perbedaan kesanggupan,keterampilan, intelegensi, potensi dan pengetahuan awal dalam mengikuti proses belajar.
 
Kemampuan peserta yang bervariasi pada suatu pembelajaran ditunjukkan oleh hasil belajar yang bervariasi.Salah satu penyebab kegagalan siswa dalam proses pembelajaran adalah karena siswa tidak pernah dirangsang untuk mencari, menemukan, dan mengeksplorasi sehingga siswa dapatbelajar tidak hanya di sekolah namun juga dapat menggunakan alam semesta, lingkungan danteknologi yang ada di sekitarnya.Pemanfaatan media komputasi ini pada dasarnya merupakan suatu cara pembelajaran yangbertujuan untuk menarik minat belajar siswa dan membangkitkan rasa ingin tahu siswamelalui pengamatan terhadap materi yang ditampilkan melalui gambar-gambar slide padalayar LCD sehingga siswa dapat terlatih untuk mengeluarkan pendapat berdasarkanpengamatan mereka pada layar LCD. Dimana menurut Henderleiter, J dan Pringle, DL(1999), dari pengamatan langsung inilah siswa dapat menggali sendiri suatu konsep yangingin dicapai dalam suatu pembelajaran dan bahkan lebih dari itu, yaitu menimbulkan suatusikap yang positif terhadap sains (ilmu pengetahuan) disamping tumbuhnya jiwa kooperatif serta tanggung jawab pada diri siswa, dan dengan demikian hasil belajar siswa-pun akanmeningkat.
D. PERUMUSAN MASALAH
 1. Perumusan MasalahMasalah yang diidentifikasi pada bagian pendahuluan adalah menemukan strategipembelajaran untuk memecahkan permasalahan yang dapat meningkatkan ataumengembangkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia pada umumnya danpembelajaran materi Sifat-sifat Koligatif dan Elektrokimia pada umumnya, termasuk siswayang lamban. Namun tentunya masih memerlukan penjajakan dan pembuktian dalampraktek, serta kemungkinan penyempurnaan strategi dan taktik pembelajaran yang sesuaidengan kondisi siswa. Oleh karena itu diperlukan hasil dari suatu penelitian berbentuk tindakan menjalankan skenario pembelajaran kimia dengan pemanfaatan media komputasi.Maka rumusan masalah yang diajukan adalah : Bagaimana penerapan strategi pembelajarankimia dengan pemanfaatan media komputasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, khususnya pada pokok bahasan Sifat-sifat Koligatif Larutan dan Konsep Elektrokimiapada siswa Kelas XII-IPA MAN 1 Samarinda.2. Pemecahan Masalaha. Pada penelitian tindakan kelas ini akan digunakan Strategi Pembelajaran Kognitif Aktif :Dimana pada proses pembelajaran kimia yang dilakukan akan digunakan media komputasitentang Ilustrasi Sifat-sifat Koligatif Larutan dan Konsep Elektrokimia. Selama prosespembelajaran berlangsung, siswa diharapkan dapat terlibat aktif dalam membangunpemikirannya sendiri tentang materi yang disampaikan melalui pengamatan langsungterhadap tampilan-tampilan slide pada layar LCDb. Pemecahan masalah di atas terdiri atas beberapa tahap, yaitu :
 
y
 
Siswa diajak terlibat aktif pada saat guru menyampaikan pembelajaran dengan mediakomputasi.
y
 
Siswa akan membangun pemikiran pada dirinya sendiri tentang konsep materi yangdisampaikan melalui ilustrasi tampilan slide pada layar LCD.
y
 
Siswa diajak berdiskusi.
y
 
Mengambil kesimpulan.c. Indikator Keberhasilan dari tindakan yang dilakukan adalah :
y
 
Siswa mampu belajar aktif dan memposisikan dirinya dengan baik dan tepat dimanaia telah mempunyai bekal pengetahuan sendiri dan penguasaan tertentu terhadap suatukonsep (bukan hanya bersumber pada guru).
y
 
Kemampuan siswa untuk mendefinisikan, mendeskripsikan dan menggambarkanilustrasi dari konsep materi yang telah disampaikan.
y
 
Kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam mendiskripsikan dan memecahkanmasalah.
E. TUJUAN PENELITIAN
 Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah :1. Untuk siswa
y
 
Menarik minat siswa terhadap pembelajaran kimia sehingga dapat meningkatkan hasilbelajar siswa.
y
 
Dapat mengeksplorasi pemikiran dan mendiskripsikan suatu konsep materiberdasarkan hasil pengamatan ilustrasi slide pada layar LCD.
y
 
Siswa dapat berkomunikasi dengan baik.2. Untuk Guru
y
 
Meningkatkan kemampuan Guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran agar diperoleh hasil belajar siswa yang optimal.
y
 
Meningkatkan kemampuan Guru dalam pemanfaatan media komputasi.
y
 
Mengeksplorasi kemampuan Guru untuk melakukan penelitian tindakan terhadapsegala permasalahan yang kemungkinan terjadi dalam proses belajar-mengajar diruang kelas.
F
. MAN
F
AAT PENELITIAN
 Hasil dari penelitian tindakan ini diharapkan dapat :
y
 
Diperoleh output pembelajaran (dalam hal ini siswa) yang bukan hanya sebagaipenerima ilmu, tetapi juga sebagai pencari ilmu sehingga dapat menguasai konsepilmu yang hendak dicapai dengan mudah dan terekam lama dalam memorinya.
y
 
Sebagai salah satu informasi bagi guru tentang salah satu strategi pembelajaran yangdilakukan dengan pemanfaatan media komputasi dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran kimia.
G. TINJAUAN PUSTAKA
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->