Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pupuk kandang

Pupuk kandang

Ratings: (0)|Views: 580 |Likes:
Published by Ayub Gazali

More info:

Published by: Ayub Gazali on Apr 14, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
Pupuk kandang
ialahzat organikyang digunakan sebagaipupuk organikdalampertanian. Pupuk kandang berperan dalam kesuburantanahdengan menambahkanzatdannutrien, sepertinitrogenyang ditangkapbakteridalam tanah.Organismeyang lebih tinggi kemudian hidup darijamur dan bakteri dalam rantai kehidupan yang membantujaring makanan tanah.Dalam pengelolaan tanah, pupuk kandang dapat dikelompokkan menjadi 3 macam, yakni pupukhewan,kompos, danpupuk hijau.
Bagi para pecinta tanaman nama pupuk kandang sudah tak asing lagi. Bahanyang satu ini biasa dipakai campuran media tanam untuk mendapatkan hasiltanaman yang bagus dan prima. Di pasaran telah banyak beredar pupukkandang yang dikemas dengan ukuran tertentu dan siap digunakan, bagimasyarakat perkotaan hal ini sangat praktis dan tinggal pakai.Namun apakah pupuk kandang yang dijual di pasaran telah masak / matangatau terfermentasi secara sempurna ? Salah-salah tanaman kesayangan malahmerana bahkan mati jika kita beli pupuk kandang dipasaran yang belum jadibeneran.Terus bila kita memiliki banyak tanaman berarti perlu banyak pupuk kandangyang tentunya akan ada biaya ekstra untuk pembelian pupuk kandang dalamjumlah banyak. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan membikin bahan itusendiri.
J
ika disekitar kita terdapat banyak kotoran ternak seperti sapi, ayam dll kitadapat memanfaatkanya sendiri menjadi pupuk kandang. Tanpa panjang lebar,mari kita bahas bagaimana membikin pupuk kandang yang murah, praktis dantentunya dalam waktu yang cepat.
 
Pertama siapkan Fermentator yang berfungsi memfermentasi kotoran hewanatau sampah organik, dalam hal ini saya sering menggunakan SUPER DEGRA.Sekedar catatan, saya menggunakan Super Degra karena harga yang relatif murah, dan dapat memfermentasi kotoran ternak dengan waktu yang relatif singkat (4 hari).
 
 
Dosis 1 liter Super Degra, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal,digunakan untuk 900 kg pupuk kandang, 75 kg sekam mentah, 25 kg dedakkatul sehingga kita dapatkan hasil 1.000 kg pupuk kandang siap pakai. Namunjika Anda susah untuk mendapatkan dedak katul ataupun sekam mentah tidakmasalah.
 
Berikut tahapan yang saya lakukan :Siapkan kotoran ternak (dalam hal ini saya gunakan pupuk kandang dari sapi),kurang lebih sebanyak 2-3 karung plastik, hamparkan di tanah
 
Kemudian tambahkan sekam mentah kira-kira 1ember plastik 5 literan, (saya tidak menggunakan dedak karena susahmendapatkannya he he he ) Aduk kedua bahan tadi
 
secara merata Siapkan Super Degra, masukkankedalam ember / gembor dengan dosis 2 cc / liter. Untuk bahan diatas sayagunakan satu tutup setara 20 cc. Siramkan larutanpada campuran pupuk kandang dan sekam tadi secara merata, kalau bisagunakan gembor agar air tersiram secara merata pada pupuk kandang.Gunakan sebagian larutan dulu, Aduk pupuk kandangyang telah disiram air + Super Degra tadi secara merata, dan ulangipenyiraman sisa dari larutan yang ada dan aduk kembali agar merata.
J
ikaadonan masih terlihat kering dapat disiram kembali dengan air biasa
J
ika adonan sudah jadi, ditandai dengan : bila kitakepalkan dengan tangan tidak keluar air, dan bila hasil kepalan tidak hancurseperti gambar dibawah, maka proses pengadukan telah selesai.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Cazy Thy liked this
Phanumb 'Mona' liked this
Aquww Wulan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->