Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
201Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kepemimpinan Kepala Sekolah

Makalah Kepemimpinan Kepala Sekolah

Ratings:

4.0

(2)
|Views: 19,354 |Likes:
Published by Hatta Ata Coy

More info:

Published by: Hatta Ata Coy on Apr 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Di tengah persaingan global ini, diakui atau tidak, lembaga pendidikanatau sistem persekolahan Islam dituntut untuk mengemuka dengan kinerjakelembagaan yang efektif dan produktif. Kepala sekolah sebagai penanggungjawab pendidikan dan pembelajaran di sekolah hendaknya dapatmeyakinkan kepada masyarakat bahwa segala sesuatunya telah berjalandengan baik, termasuk perencanaan dan implementasi kurikulum, penyediaandan pemanfaatan sumber daya guru, rekruitmen sumber daya murid,kerjasama sekolah dan orang tua, serta soso
outcome
sekolah yang prospektif. Untuk memenuhi tuntutan ini, kepala sekolah harus memiliki bekalyang memadai, termasuk pengetahuan yang profesional, kepemimpinaninstruksional, ketrampilan administrative, dan ketrampilan sosial.Bagaimanapun, kepala sekolah merupakan unsure vital bagi efektivitaslembaga pendidikan. Tidak akan pernah kita jumpai sekolah yang baik dengankepala sekolah yang buruk atau sekolah yang buruk dengan kepala sekolahyang baik. Kepala sekolah yang baik akan bersikap dinamis untumenyiapkan berbagai macam program pendidikan. Bahkan, tinggi rendahnyamutu suatu sekolah akan dibedakan oleh kepemimpinan di sekolah.Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalammeningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektidengan para guru dalam situasi yang kondusif. Perilaku kepala sekolah harusdapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat,dekat dan penuh pertimbangan terhadap para guru, baik sebagai individumaupun sebagai kelompok. Perilaku pemimpin yang positif dapat mendorongkelompok dalam mengarahkan dan memotivasi individu untuk bekerja samadalam kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan lembaga pendidikan.Manajer sekolah adalah pemimpin yang berhubungan langsung dengansekolah. Ia adalah panglima pengawal pendidikan yang melaksanakan fungsikontrol berbagai pola kegiatan pengajaran dan pendidikan di dalamnya.1
 
1
 
Suksesnya sebuah sekolah tergantung pada sejauh mana pelaksanaan misiyang dibebankan di atas pundaknya, kepribadian, dan kemampuannya dalam bergaul dengan unsur-unsur masyarakat. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus berupaya mewujudkan kondisi sosial yang mendukung kegiatan sekolah yangdipimpinnya.B.
Rumusan Masalah
1.Apa yang menjadi konsep dasar kepemimpinan kepalasekolah?2.Bagaimana kualitas dan perilaku kepala sekolah?3.Apa peran dan tanggung jawab kepala sekolah?4.Bagaimana menjadi kepala sekolah yang profesional?
C.Tujuan Penulisan Makalah
1.Mengetahui apa yang menjadi konsep dasakepemimpinan kepala sekolah.2.Mengetahui kualitas dan perilaku kepala sekolah.3.Mengetahui peran dan tanggung jawab kepala sekolah.4.Mengetahui profesionalisme kepemimpinan kepalasekolah.
D.Batasan Masalah
Pembahasan masalah pada makalah ini hanya berbatas padaKepemimpinan Kepala Sekolah.2
 
BAB IIPEMBAHASAN
A.
Konsep
 
Dasar Kepemimpinan Kepala Sekolah
Kepemimpinan dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mempengaruhiorang-orang yang diarahkan terhadap pencapaian tujuan organsisasi. Sutisna(1993) merumuskan kepemimpinan sebagai “proses mempengaruhi kegiatanseseorang atau kelompok dalam usaha ke arah pencapaian tujuan dalam situasitertentu”. Sementara Soepardi (1988) mendefinisikan kepemimpinan sebagai“kemampuan untuk menggerakkkan, mempengaruhi, memotivasi, mengajak,mengarahkan, menasihati membimbing, menyuruh, memerintah, melarang,dan bahkan menghukum (kalau perlu), serta membina dengan maksud agar manusia sebagai media manajemen mau bekerja dalam rangka mencapaitujuan administrasi secara efektif dan efisien”. Hal tersebut menunjukkan bahwa kepemimpinan sedikitnya mencakup tiga hal yang saling berhubungan,yaitu adanya pemimpin dan karakteristiknya; adanya pengikut; serta adanyasituasi kelompok tempat pemimpin dan pengikut berinteraksi.Unsure-unsur yang terlibat dalam situasi kepemimpinan adalah : 1)orang yang dapat mempengaruhi orang lain di satu pihak, 2) orang yang dapat pengaruh di lain pihak, 3) adanya maksud-maksud atau tujuan-tujuan tertentuyang hendak dicapai, 4) adanya serangkaian tindakan tertentu untumempengaruhi dan untuk mencapai maksud dan tujuan tertentu itu.Berdasarkan penjelasan yang dikemukakan oleh para ahli tesebut,maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah adalahkemampuan yang dimiliki oleh kepala sekolah untuk memberikan pengaruhkepada orang lain melalui interaksi individu dan kelompok sebagai wujudkerjasama dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
B.Kualitas dan Perilaku Kepala Sekolah
Kualitas dan perilaku kepala sekolah hendaknya mencakup hal-hal berikut :33

Activity (201)

You've already reviewed this. Edit your review.
Hatta Ata Coy liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Muhammad Nazir liked this
Musa Abdullah liked this
Choiruddin liked this
Ali Amat added this note
TERIMAKASIH SAUDARA DENGAN MAKALAH BAPAK KAMI JADI CAKEP YG BERMUTU
Paulina Gelu Koban added this note
SEOARANG KEPALA SEKOLAH PERLU MEMILIKI KETRAMPILAN KEPEMIMPINAN : MEMPENGARUHI, MENGGERAKAN , MENGEMBANGKAN DAN MEMBERDAYAKAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN .
Sofwan Jagalan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->