Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pendahuluan Dan Konsep Keperawatan Pada Ibu Hamil Dengan Gangguan Pernafasa

Laporan Pendahuluan Dan Konsep Keperawatan Pada Ibu Hamil Dengan Gangguan Pernafasa

Ratings: (0)|Views: 542 |Likes:
Published by ony

More info:

Published by: ony on Apr 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUAN DAN KONSEPKEPERAWATAN PADA IBU HAMIL DENGANGANGGUAN PERNAFASAN ( TBC)
OLEH:
MUH. LATTIIFUR ROOFI,II
AKADEMI KEPERAWATAN PERINTAHKABUPATEN PONOROGO2009
I.
Definisi
Tuberkolusis paru adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh basilMikrobacterium tuberkolusis yang merupakan salah satu penyakit saluran pernafasan bagian bawah karena sebagian besar basil tuberkolusis masuk ke dalam jaringan parumelalui airbone infection dan selanjutnya mengalami proses yang dikenal sebagai focus primer dari ghon, sedangkan batuk darah (hemoptisis) adalah salah satu manifestasi yangdiakibatkannya. Darah atau dahak berdarah yang dibatukkan berasal dari saluran pernafasan bagian bawah yaitu mulai dari glottis kearah distal, batuk darah akan berhentisendiri jika asal robekan pembuluh darah tidak luas, sehingga penutupan luka dengancepat terjadi.- 1 -
 
Pada umumnya, penyakit paru-paru tidak mempengaruhi kehamilan dan persalinan nifas, kecuali penyakitnya tidak terkonrol, berat, dan luas yang disertai sesak napas dan hipoksia. Walaupun kehamilan menyebabkan sedikit perubahan pada sistem pernapasan, karena uterus yang membesar dapat mendorong diafragma dan paru-paru keatas serta sisa udara dalam paru-paru kurang, namun penyakit tersebut tidak selalumenjadi lebih parah. TBC paru merupakan salah satu penyakit yang memerlukan perhatian yang lebih terutama pada seorang wanita yang sedang hamil, karena penyakitini dapat dijumpai dalam keadaan aktif dan keadaan tenang. Karena penyakit paru-paruyang dalam keadaan aktif akan menimbulkan masalah bagi ibu, bayi, dan orang-orangdisekelilingnya.II.
Etiologi
Sebagaimana telah diketahui, TBC paru disebabkan oleh basil TB(Mycobacterium tuberculosis humanis).
M. tuberculosis termasuk familie Mycobacteriaceae yang mempunyai berbagaigenus, satu di antaranya adalah Mycobacterium, yang salah satu speciesnya adalah M.tuberculosis.
M. tuberculosis yang paling berbahaya bagi manusia adalah type humanis(kemungkinan infeksi type bovinus saat ini diabaikan, setelah higiene peternakanmakin ditingkatkan).
Basil TB mempunyai dinding sel lipoid sehingga tahan asam, sifat inidimanfaatkan oleh Robert Koch untuk mewarnai secara khusus. Oleh karena itu,kuman ini disebut pula Basil Tahan Asam (BTA).
Karena sebetulnya Mycobacterium pada umumnya tahan asam, secara teoritisBTA belum tentu identik dengan basil TB. Tetapi karena dalam keadaan normal penyakit paru yang disebabkan oleh Mycobacterium lain (y.i. M. atipik) jarang sekaliditemukan, dalam praktek BTA dianggap identik dengan basil TB. Di negara dengan prevalensi AIDS/infeksi HIV yang tinggi, penyakit paru yang disebabkan M. atipic(=Mycobacteriosis) makin sering ditemukan, sehingga dalam kondisi seperti ini, perlusekali diwaspadai bahwa BTA belum tentu harus identik dengan basil TB. Malahanmungkin saja BTA belum tentu harus identik dengan basil TB, mungkin saja BTAyang ditemukan adalah M. atipic yang menjadi penyebab Mycobacteriosis.
Kalau untuk bakteri-bakteri lain hanya diperlukan beberapa menit sampai 20menit untuk mitosis, basil TB memerlukan waktu 12 sampai 24 jam. Hal inimemungkinkan pemberian obat secara intermiten (2 – 3 hari sekali).
Basil TB sangat rentan terhadap sinar matahari, sehingga dalam beberapamenit saja akan mati. Ternyata kerentanan ini terutama terhadap gelombang cahaya- 2 -
 
ultraviolet. Basil TB juga rentan terhadap panas-basah, sehingga dalam 2 menit saja basil TB yang berada dalam lingkungan basah sudah akan mati bila terkena air  bersuhu 1000 C. basil TB juga akan terbunuh dalam beberapa menit bila terkenaalkohol 70%, atau lisol 5%.III.
Anatomi dan fisiologi
System pernafasan terdiri dari hidung, faring, laring, trakea, bronkus, sampaidengan alveoli dan paru-paru. (lihat gambar anatomi saluran pernafasan dibawah ini)Hidung merupakan saluran pernafasan yang pertama, mempunyai dualubang/cavum nasi. Didalam terdapat bulu yang berguna untuk menyaring udara, debudan kotoran yang masuk dalam lubang hidung. Hidung dapat menghangatkan udara pernafasan oleh mukosa.Faring merupakan tempat persimpangan antara jalan pernafasan dan jalanmakanan, faring terdapat dibawah dasar tengkorak, dibelakang rongga hidung dan mulutsebelah depan ruas tulang leher. faring dibagi atas tiga bagian yaitu sebelah atas yangsejajar dengan koana yaitu nasofaring, bagian tengah dengan istimus fausium disebutorofaring, dan dibagian bawah sekali dinamakan laringofaring.Trakea merupakan cincin tulang rawan yang tidak lengkap (16-20cincin), panjang9-11 cm dan dibelakang terdiri dari jaringan ikat yang dilapisi oleh otot polos dan lapisanmukosa. trakea dipisahkan oleh karina menjadi dua bronkus yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri.Bronkus merupakan lanjutan dari trakea yang membentuk bronkus utama kanandan kiri, bronkus kanan lebih pendek dan lebih besar daripada bronkus kiri cabang bronkus yang lebih kecil disebut bronkiolus yang pada ujung-ujungnya terdapatgelembung paru atau gelembung alveoli.Paru-paru merupakan sebuah alat tubuh yang sebagian besar terdiri darigelembung-gelembung. Paru-paru terbagi menjadi dua yaitu paru-paru kanan tiga lobusdan paru-paru kiri dua lobus. Paru-paru terletak pada rongga dada yang diantaranyamenghadap ke tengah rongga dada / kavum mediastinum. Paru-paru mendapatkan darahdari arteri bronkialis yang kaya akan darah dibandingkan dengan darah arteri pulmonalisyang berasal dari atrium kiri. Besar daya muat udara oleh paru-paru ialah 4500 ml sampai5000 ml udara. Hanya sebagian kecil udara ini, kira-kira 1/10 nya atau 500 ml adalahudara pasang surut. sedangkan kapasitas paru-paru adalah volume udara yang dapat dicapai masuk dan keluar paru-paru yang dalam keadaan normal kedua paru-paru dapatmenampung sebanyak kuranglebih 5 liter.Pernafasan (respirasi) adalah peristiwa menghirup udara dari luar yangmengandung oksigen ke dalam tubuh (inspirasi) serta mengeluarkan udara yangmengandung karbondioksida sisa oksidasi keluar tubuh (ekspirasi) yang terjadi karena- 3 -

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->