Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
JEJAK MISTIK PULAU KUMALA DI TENGGARONG KALTIM

JEJAK MISTIK PULAU KUMALA DI TENGGARONG KALTIM

Ratings:

4.75

(4)
|Views: 2,249 |Likes:
Published by Agus SIswanto
Pulau Kumala terletak di tengah sungai Mahakam. Merupakan taman rekreasi perpaduan teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 81,727 ha ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter dan kereta gantung yang menghubungkan dengan wilayah seberang sungai Mahakam. Pulau Kumala juga dilengkapi hotel dan cottage.
Pulau Kumala terletak di tengah sungai Mahakam. Merupakan taman rekreasi perpaduan teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 81,727 ha ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter dan kereta gantung yang menghubungkan dengan wilayah seberang sungai Mahakam. Pulau Kumala juga dilengkapi hotel dan cottage.

More info:

Categories:Types, Research, History
Published by: Agus SIswanto on Aug 30, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

 
Rumah Adat Dayak(Lamin)
AGUS SISWANTO
Pulau Kumala terletak di tengah sungai Mahakam. Merupakan taman rekreasiperpaduan teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 81,727 ha inisudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter dankereta gantung yang menghubungkan dengan wilayah seberang sungaiMahakam. Pulau Kumala juga dilengkapi hotel dan cottage.Sebelum dibangun menjadi taman wisata, pulau itu hanyalah sebuah hutandi tengah sungai yang ditumbuhi tanaman liar, pepohonan lebat dan binatang-binatang liar. Apabila sungai Mahakam meluap, pulau ini kerap tenggelam.Hal yang mendasari ide pembuatan Pulau Kumala tersebut antara lain,terjadinya pendangkalan muara sungai Tenggarong dan harus dikeruk agarkapal yang melewati sungai Mahakam tidak kandas. Hasil kerukan tersebutlahyang dijadikan material utama penimbunan Pulau Kumala yang berawa akibatnaiknya permukaan air.Pembangunan Pulau Kumala itu sendiri ditangani kontraktor lokal dengankonsultan dari Jakarta. Pembangunannya diawali dengan pengerukan yangmenggunakan material pasir sebanyak 1.5 juta meter kubik.Langkah berikutnya adalah pemasangan turap pada sekeliling tepian PulauKumala. Sehingga luas areal Pulau Kumala yang semula 76 ha, setelah
 
penurapan menjadi 81,727 ha. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan jalandan pemasangan listrik.Pulau Kumala dibuka pada bulan September 2002, bersamaan pestaperayaan Erau. Selanjutnya dibangun pula kereta gantung, lamin mancong(rumah panjang: rumah adat Dayak), lamin wahau, lamin beyoq, air mancur, skytower, rumah puja, patung lembusuana, hotel serta gerbang utama. Untukmemasuki area taman rekreasi, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 2.000untuk sekali masuk, sementara untuk menikmati wahana yang berada di tamanrekreasi ini tarifnya bervariasi antara Rp 1.500 s/d Rp 10.000 untuk satupermainan. Ada sekitar sepuluh sarana permainan yang bisa dinikmati, seperti jet clotser, bombom car, komedi putar dan gocart.Sekitar bulan Juli tahun 2007 lalu, Misteri berkunjung ke Pulau Kumala.Sambil menikmati keindahannya, tidak lupa Misteri mencari tahu jejak mistispulau buatan ini.Seorang pekerja proyek yang Misteri jumpai mengungkapkan, dirinyapernah melihat penampakan di sekitar cottage. Menurutnya, penampakanmakhluk besar sejenis genderuwo sering terlihat di sana.“Saya melihat makhluk tinggi besar dan hitam di dekat cottage,” katanyakepada Misteri.Lebih jauh dia mengatakan, malam itu dia bermaksud ke cottage menemuitemannya. Tiba-tiba saja langkahnya terhenti saat melihat sosok tinggi besarberada diantara kerimbunan pohon. Karuan saja dia lari tunggang langgang.“Makhluk genderuwo itu bukan saya saja yang pernah melihatnya.Pengunjung juga sering melihatnya,” lanjutnya.Sementara seorang pekerja proyek lainnya mengaku melihat sosokperempuan cantik di turap tidak jauh dari gerbang masuk.“Perempuan itu duduk sendirian di turap,” ujarnya mengenang. “Sayamenduga dia pengunjung pulau ini. Ketika saya mendekatinya, ternyata malahmenghilang,” katanya lagi.Dalam kunjungan ke Pulau Kumala ini, Misteri ditemani seorang rekanyang dipanggil Julag. Dia adalah koordinator perahu ketinting (perahu motorkecil) yang biasa digunakan untuk membawa wisatawan ke Pulau Kumala. Julagmengaku sering mendengar cerita-cerita mistik.
 
“Maklumlah, jauh sebelum adanya tempat wisata ini, Pulau Kumalamemang menjadi hunian gaib,” ujarnya kepada Misteri. Menurut Julag,beberapa tahun lalu ada seseorang mengalami peristiwa yang tergolong aneh disini.Dikisahkan, pria bernama Amir itu biasa berkebun di Pulau Kumala. Suatuhari, ketika sedang sibuk mengurusi kebunnya, tiba-tiba Amir melihat sebuahgoa. Sebelumnya, dia tidak pernah menjumpai goa di pulau ini.Dengan perasaan heran bercampur takut, Amir pun memasuki goatersebut. Sesampainya di dalam goa, entah kenapa, dia merasa seolah-olahberada di dalam kabin kapal. Di dalamnya terdapat lorong, palka, ruang mesindan kamar-kamar. Dalam keremangan cahaya, Amir terus saja melangkahdiantara lorong dan kamar-kamar tersebut. Beberapa saat kemudian, dia terkejutmendengar suara-suara orang berbicara di salah satu sudut kamar. Bahasanyaterdengar asing.Kemudian Amir memberanikan diri mengetuk pintu kamar tersebut. Tetapitidak ada jawaban. Dia pun mencoba membukanya.Amir tersentak kaget melihat sosok yang ada di dalamnya. Tampak 3-4orang pria berwajah bule mengenakan pakaian mirip seragam sedangberbincang di kamar itu. Mereka lalu menatap Amir dengan tatapan hampa.Tiba-tiba, salah seorang diantara pria itu menyapa Amir.“Mari sini. Silahkan masuk,kata pria asing itu dengan suara lembutsambil melambaikan tangan.Amir menghampiri dan duduk diantara mereka. Selanjutnya, 3 atau 4orang itu kembali berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti. SementaraAmir hanya diam saja sambil memperhatikan. Dalam penglihatan Amir, wajahdan postur orang-orang itu mirip orang asing, mungkin Eropa. Tetapi mengapamereka ada di sini? Pikir Amir.Anehnya lagi, mereka seolah tidak peduli dengan kehadiran Amir.Manusia-manusia tak dikenal itu membiarkan saja dirinya diam terpaku.Entah berapa lama Amir berada diantara mereka, tiba-tiba saja matanyaterasa berat. Dia pun tertidur. Amir baru terbangun karena ada temannya yangmembangunkan.“Ternyata Amir terbaring tidur di dekat kebunnya. Tapi temannya itu tidakcuriga sedikitpun,” kata Julag mengakhiri ceritanya. Menurut Julag, saat Amirmenceritakan pengalamannya di goa tadi, nyaris tidak ada yang percaya.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
b4hrie liked this
スギ アルト liked this
Jesse Parayu liked this
Agus SIswanto liked this
Agus SIswanto liked this
Agus SIswanto liked this
Amita Christina liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->