Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Isi Makalah Pengusir Nyamuk

Isi Makalah Pengusir Nyamuk

Ratings: (0)|Views: 2,176 |Likes:
Published by Arie Ardyansyah

More info:

Published by: Arie Ardyansyah on Apr 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan dunia teknologi sudah sangatlah pesat. Sehinggadibutuhkan suatu kemampuan dalam menyeimbangkan perkembangantersebut. Tidak hanya perkembangan dunia teknologi komunikasi daninformasi, teknologi dalam bidang elektronika sebagai faktor utama yangmendukung teknologi dapat mengalami perkembangan hanya dalambeberapa bulan saja, khususnya perangkat elektronik yang bersifat analogmaupun digital. Mahasiswa Universitas Gunadarma mendapat suatu materipraktek dalam bidang elektronika . Hal ini merupakan salah satu cara dalammenyeimbangkan perkembangan teknologi tersebut. Materi praktek yangdiajarkan didalam Laboratorium Elektronika Dasar, mengarahkan danmembimbing rekan-rekan mahasiswa untuk dapat membuat,mengembangkan atau bahkan merancang suatu rangkaian yangbermultiguna. Pembuatan alat ini, mulai dari menggambar rangkaian denganskema secara elektronik dan kemudian dirangkai menjadi suatu rangkaianyang dapat digunakan.Untuk alat yang dipilih oleh penyusun adalah PENGUSIR NYAMUK.Dalam pembuatan pengusir nyamuk ini terdapat beberapa kendala yang harusdihadapi, seperti ; perancangan layout yang diambil dari skema elektronikayang nantinya akan digambar pada papan PCB. Penggunaan jumper jugasangat diperhatikan. Kendala selanjutnya adalah memindahkan ataumengambar layout tersebut pada papan PCB. Setelah itu adalah pelarutanpapan PCB tersebut. Papan PCB yang digunakan adalah papan PCB polosatau papan PCB yang belum dipakai dan tidak ada gambar rangkaian padabagian tembaganya. Pembuatan rangkaian pada PCB dapat digunakandengan menggunakan spidol atau menggunakan rugos yang berbantuk garis.Keberhasilan dalam pembuatan alat ini tergantung dari rangkaian yang telahmenjadi jalur tembaga yang ada pada papan PCB tersebut.12
 
Untuk Makalah yang diambil oleh penyusun yang berjudul SuaraJangkrik Tiruan, mengharapkan dapat terobatinya rasa rindu akan suarakeindahan alam yang selama ini semakin menghilang, seiring dengan makinpesatnya kemajuan zaman, tehnologi dan industri dan apalagi jika kita beradadi Ibu Kota yang semakin penuh sesak dengan populasi manusia dan polusiudara. 
1.2Pembatasan Makalah
Untuk lebih mempersempit pembahasan dalam hal pembuatan SuaraJangkrik Tiruan ini, maka pembahasan akan dibatasi pada analisa rangkaiansecara blok diagram maupun analisa rangkaian.
1.3Tujuan Penulisan
Pembuatan Suara Jangkrik Tiruan ini mempunyai tujuan yang hendakdicapai yaitu mengaplikasikan dan mempraktekkan teori-teori yang telahdidapat, sehingga dapat menjadi suatu pemahaman tentang cara kerja suaturangkaian elektronika agar dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untukmerancang suatu alat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. danselain itu juga mengharapkan dapat terobatinya rasa rindu akan suara alamyang semakin waktu semakin menghilang seiring perkembangan zaman.
1.4Metode Penulisan
Dalam penyusunan makalah ini, digunakan metode studi pustaka(Library Research). Dalam metode ini, penyusun berusaha mencari literatur-literatur yang berkaitan dengan rangkaian Suara Jangkrik Tiruan tersebut,sehingga penyusun dalam penulisan tidak menyimpang dari rangkaian SuaraJangrik Tiruan tersebut. Maka literatur-literatur tersebut dijadikan pedomandalam penyusunan makalah ini.
1.5Sistematika penulisan
Pada penyusunan makalah ini dibagi menjadi beberapa bab yang akanberisikan mengenai lingkup dari setiap bab. Secara garis besar, makalah inidibagi menjadi 5(lima) bab sebagai berikut:3
 
BAB I:
PENDAHULUAN
Dalam bab ini dituliskan mengenai latar belakang masalah,pembatasan makalah, tujuan dari penulisan makalah, metodepenulisan yang dipergunakan dalam penyusunan makalah dan juga tentang sistematika penulisan.BAB II:
LANDASAN TEORI
Dalam bab ini berisi tentang teori-teori dasar mengenai komponenyang dipergunakan dalam rangkaian Suara Jangkrik Tiruan.BAB III:
ANALISA RANGKAIAN
Bab ini akan menyajikan tentang analisa-analisa rangkaian SuaraJangkrik Tiuran tersebut. Analisa yang akan disajikan akanberbentuk analisa rangkaian secara blok diagram maupun analisarangkaian secara detail.BAB IV:
CARA PENGOPERASIAN ALAT
Bab ini akan mengulas mengenai cara-cara pengoperasianpengusir nyamuk tersebut. Dalam mengaktifkan ataupun dalammelihat output yang dihasilkan oleh alat tersebut.BAB V:
PENUTUP
Bab ini berisikan tentang kesimpulan dari makalah ini dan saranterhadap penyusun berkaiatan dengan hasil penyelesaianpembuatan pengusir nyamuk ini.
BAB IILANDASAN TEORI

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Saif Muhamad liked this
Mhel Liefs Boeamona added this note
rangkaian jadinya seperti apa?
W.n. Arif liked this
Mega Cloud liked this
Fahrul Rozie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->